Erik Spoelstra, Anak Magang yang Menjadi Pelatih Hebat di NBA 

Sosok di balik kesukesan Miami Heat 

Sebagai salah satu kompetisi basket terbaik dunia, NBA juga merupakan gudangnya pelatih basket kelas dunia. Salah satu pelatih top NBA adalah Erik Spoelstra yang saat ini menangani tim Miami Heat.

Erik Spoelstra mempunyai pondasi permainan basket karena ia pernah menjadi pemain saat masa sekolah dan kuliah. Karier basketnya saat kuliah lumayan bagus karena berhasil mencetak 1.000 poin. Namun, semua itu sayangnya belum cukup untuk mengantarkan Spoelstra yang dulunya berposisi sebagai point guard tersebut menembus kompetisi NBA.

Setelah itu, Erik Spoelstra memilih fokus menuntaskan kuliah sampai lulus hingga memperoleh gelar sarjana Komunikasi tahun 1992 di University of Portland. Lantas, bagaimana kiprahnya sebagai pelatih NBA dimulai?

1. Awal karier menjadi anak magang di Miami Heat

Erik Spoelstra, Anak Magang yang Menjadi Pelatih Hebat di NBA Erik Spoelstra (hothothoops.com)

Erik Spoelstra memulai karier di NBA sebagai anak magang. Ia bertugas untuk mengedit video permainan tim Miami Heat pada tahun 1995. 

Karier anak magang yang satu ini semakin moncer bersama Heat karena ia berhasil diangkat menjadi pencari bakat Miami Heat pada 2001. Ia merupakan salah satu orang yang berperan penting untuk memilih Dwyane Wade pada NBA Draft 2003.

Setelah bekerja sangat baik dalam mencari bakat, ia mendapatkan promosi jabatan baru sebagai asisten pelatih. Erik dipercaya untuk menjadi asisten Pat Riley karena dianggap sangat mengerti seluk beluk permainan tim.

Hasilnya, Erik menjadi salah satu orang yang mengantarkan tim Miami Heat menjadi juara tahun 2006. Ini adalah gelar pertama dalam sejarah tim selama berkiprah di NBA.

2. Erik Spoelstra menjadi pelatih pertama keturunan Asia-Amerika di NBA

Erik Spoelstra, Anak Magang yang Menjadi Pelatih Hebat di NBA Erik Spoelstra (nba.com)

Nama Erik Spoelstra semakin harum setelah dipercaya menggantikan posisi Pat Riley sebagai pelatih kepala tim Miami Heat pada tahun 2008. Kala itu, Pat Riley mundur dari jabatan pelatih dan memilih untuk fokus menjadi eksekutif tim Heat.

Erik pun menjadi kepala pelatih pertama dalam sejarah NBA yang keturunan Asia-Amerika. Ia mendapatkan darah Asia dari sang ibu yang merupakan orang Filipina asli dan sang ayah yang mempunyai keturunan Amerika Serikat.

Ternyata, Erik Spoelstra terlahir dari keluarga yang berhubungan dengan olahraga. Sang Ayah merupakan mantan eksekutif tim Portland Trail Blazers, Denver Nuggets, dan New Jersey Nets, sementara sang kakek adalah mantan jurnalis olahraga Dertoit News.

Baca Juga: 5 Alumnus Vanderbilt University yang Bermain di NBA Saat Ini

3. Prestasi Erik Spoelstra bersama Miami Heat

Erik Spoelstra, Anak Magang yang Menjadi Pelatih Hebat di NBA Erik Spoelstra (nba.com)

Selama berkarier sebagai asisten dan pelatih kepala, Erik berhasil mengantarkan Heat ke partai final NBA sebanyak enam kali dan memenangkan tiga di antaranya. Gelar paling spesial ketika ia menjadi juara secara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013.

Semua prestasi yang berhasil ditorehkan Erik Spoelstra membuatnya masuk dalam 15 pelatih terbaik NBA sepanjang masa. Namun, sayangnya, ia merupakan satu-satunya pelatih dalam daftar tersebut yang belum pernah mendapat penghargaan sebagai NBA Coach of the Year.

4. Erik Spoelstra terbiasa melatih bintang di NBA

Erik Spoelstra, Anak Magang yang Menjadi Pelatih Hebat di NBA Jimmy Butler dan Erik Spoelstra (nba.com)

Erik Spoelstra tidak hanya dikenal cerdik dalam urusan mengatur stratregi saja. Ia juga terkenal pandai mengatur pemain bintang yang ada dalam tim. Saat masih menjadi asisten pelatih, dirinya bisa menyatukan nama besar, seperti Shaquille O'Neal, Gary Payton, Jason Williams, serta Dwyane Wade.

Pada awal 2010-an, lagi-lagi Erik berhasil membentuk super tim. Heat mempunyai trio yang menakutkan dengan LeBron James, Chris Bosh, dan Dwyane Wade di dalamnya. Tim Miami Heat berhasil mendominasi NBA dalam beberapa musim berkat kombinasi mematikan tersebut.

Saat ini, Erik memadukan pemain bintang dan juga pemain muda berbakat, seperti Jimmy Butler, Tyler Herro, dan Bam Adebayo. Kehadiran pemain bintang dalam tim juga bisa sebagai mentor untuk pemain muda dalam tim tersebut.

5. Erik Spoelstra menikahi mantan pemandu sorak tim Miami Heat

https://www.youtube.com/embed/Ybkc-97Nr2U

Erik Spoelstra tidak hanya sukses dalam urusan mengurus tim. Rupanya, ia juga berhasil dalam urusan keluarga.

Erik Spoelstra sendiri mendapatkan jodoh mantan pemandu sorak tim Heat bernama Nikki Sapp. Hidup Erik Spoelstra seakan-akan memang tidak bisa dipisahkan dari Miami Heat.

Erik merupakan sosok ayah yang sangat mengutamakan keluarga. Tak jarang ia juga memboyong keluarganya menonton pertandingan Miami Heat. Keluarga yang dibinanya ini selalu jauh dari gosip dan terbilang harmonis. Bahkan, saat ini mereka tengah menunggu kelahiran anak ketiga.

Sosok Erik Spoelstra begitu dicintai oleh para penggemar Miami Heat. Ia dinilai berhasil mempersembahkan banyak gelar selama menangani tim dan menjadi pelatih panutan. Mampukah Erik Spoelstra kembali membawa Miami Heat menjuarai NBA dengan skuad yang ia miliki saat ini?

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya