5 Fakta Al Horford, Pemain Veteran yang Baru Sekali Masuk Final NBA

Masih menjadi pemain penting Boston Celtics

Alfred Joel Horford atau biasa dikenal dengan nama Al Horford merupakan pemain basket profesional asal Republik Dominika yang bermain di NBA. Ia lahir pada 3 Juni 1986 di Puerto Plata, Republik Dominika. Namun, keluarganya pindah ke Michigan, Amerika Serikat, pada 2000.

Horford sempat duduk di bangku Grand Ledge High School. Ia merupakan pemain yang hebat saat bermain di sana.

Sang center mampu membuat rata-rata 21 poin, 13 rebound, dan 5 blok selama SMAPerolehan tersebut membuatnya menjadi pemain terbaik saat itu.

Ia melanjutkan karier basketnya bersama University of Florida dan bermain di NCAA Divisi 1. Horford saat itu berhasil membawa kampusnya juara back to back pada 2006 dan 2007. Ia dan rekan satu timnya sampai diundang ke Gedung Putih untuk bertemu Presiden karena prestasinya di NCAA.

1. Awal Karier di NBA

5 Fakta Al Horford, Pemain Veteran yang Baru Sekali Masuk Final NBAAl Horford (nba.com)

Al Horford mengikuti NBA Draft 2007 dan terpilih di urutan ketiga saat itu. Atlanta Hawks menjadi tim yang beruntung mendapatkannya. Mereka langsung menjadikannya pemain kunci.

Horford juga berhasil membawa Atlanta Hawks ke babak playoff setelah membuat rata-rata 10,1 poin, 1,5 assist, dan 9,7 rebound pada musim reguler perdananya di NBA. Ia saat itu tampil sebanyak 81 kali. Horford pun terpilih menjadi NBA All-Rookie First Team 2007/2008.

2. Berprestasi di NBA dan Timnas Republik Dominika

5 Fakta Al Horford, Pemain Veteran yang Baru Sekali Masuk Final NBAAl Horford (nba.com)

Al Horford merupakan pemain yang berprestasi di NBA. Ia sudah berkarier selama 15 musim. Selama itu pula ia terpilih NBA All-Star sebanyak lima kali.

Horford sangat disiplin dalam bertahan. Itu terbukti dari terpilihnya Horford ke dalam NBA All-Defensive Second Team. Dengan segenap kemampuannya, ia sempat melaju ke babak playoff sebanyak tiga belas kali selama di NBA.

Horford juga bersinar bersama Tim Nasional Republik Dominika. Ia berhasil membawa negaranya meraih medali perunggu FIBA America Cup 2011. Sementara, pada ajang Centrobasket, Horford mengantarkan Repulik Dominika mendapatkan medali perunggu (2008) dan emas (2012).

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang NBA Finals

3. Center yang bisa membuat tembakan tiga poin

https://www.youtube.com/embed/vnlGA1aF3AE

Al Horford berposisi center. Ia tidak hanya dominan di bawah ring basket, tetapi juga bisa membuat poin dari tembakan jarah jauh.

Horford mampu membantu pertahanan dan penyerangan sama baiknya. Ia memiliki keahliannya menembak tiga poin yang sangat membantu tim saat mengalami kesulitan dalam menyerang. Hal tersebut membuat tim lawan kesulitan melakukan penjagaan.

4. Sering berganti tim di NBA

5 Fakta Al Horford, Pemain Veteran yang Baru Sekali Masuk Final NBAAl Horford (skysports.com)

Al Horford beberapa kali berganti tim selama berkarier di NBA. Ia sudah berganti tim sebanyak empat kali sejauh ini. Selama 15 musim, Horford setidaknya pernah bermain untuk Atlanta Hawks, Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan Oklahoma City Thunder.

Pada 2021/2022, sang center kembali memperkuat Boston setelah sempat hijrah ke Oklahoma. Ia ternyata masih menjadi pemain penting Celtics saat ini, bahkan mampu membantu mereka masuk ke NBA Finals. Boston Celtics hanya perlu mengalahkan Golden State Warriors untuk bisa menjadi juara pada 2022 ini.

5. Pemain Republik Dominika pertama yang main di Final NBA

Al Horford baru saja membuat sejarah dalam hidupnya. Ia merupakan pemain pertama dari Republik Dominika yang bermain di NBA Finals.

Ini juga pertama kalinya Horford tampil di final. Ia memang belum pernah tampil pada pertandingan puncak. Baru kali ini ia sampai ke final bersama Boston Celtics.

Al Horford kini menjadi pemain veteran di NBA. Ia mempunyai banyak pengalaman serta sering memberikan kontribusi bagi tim yang dibelanya. Ia disebut layak mendapatkan gelar juara NBA karena kemampuan yang dimilikinya.

Baca Juga: 5 Langkah Mendominasi NBA ala Golden State Warriors

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya