Comscore Tracker

5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBA

Menjelma jadi pemain muda penuh bakat

Jayson Tatum adalah bintang NBA yang sekarang membela Boston Celtics. Ia tumbuh dan besar di St Louis, Missouri, Amerika Serikat. Tatum dibesarkan ibunya di tengah keadaan ekonomi yang sulit.

Sejak masa SMA, Tatum merupakan pemain berbakat. Ia bersekolah di Chaminade College Prep. Tatum dianggap pemain rekrutan bintang lima. Ia layak masuk ke kampus-kampus yang bermain di NCAA Divisi I.

Tatum pun memutuskan untuk bergabung dengan Duke University selepas SMA. Ia menjalani debut bersama tim bola basket Duke University, Blue Devils Duke, pada 2016. Taum sendiri hanya menjalani karier semusim bersama Duke karena tahun berikutnya mengikuti NBA Draft.

1. Awal karier Jayson Tatum di NBA

5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBAJayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum mengikuti NBA Draft 2017 pada usia 19 tahun. Boston Celtics memilihnya di posisi ketiga. Bersama Celtics, Tatum mencetak banyak prestasi menarik pada musim perdananya di NBA.

Tatum masuk ke dalam NBA All-Rookie First Team saat itu. Ia juga  masuk ke dalam peringkat lima besar rookie yang mencetak tembakan tiga angka terbanyak.

Jayson Tatum langsung membawa Celtics masuk ke babak playoffs. Ia sempat mencetak rekor sebagai pemain termuda yang mencetak 20 poin atau lebih dalam 4 pertandingan playoffs beruntun. Tatum menggeser mendiang Kobe Bryant yang sebelumnya memegang rekor itu.

2. Jayson Tatum melawan idolanya

https://www.youtube.com/embed/JOrhz5iwv_o

Pada 2018, Boston Celtics berhasil melaju hingga ke Final Wilayah Timur. Pada partai final itu, mereka bertemu kandidat kuat juara, Cleveland Cavaliers, yang dipimpin LeBron James. Pertandingan berlangsung sangat ketat hingga tujuh game.

Pada pertandingan ke-7, terdapat peristiwa menarik. Jayson Tatum melakukan dunk tepat di depan LeBron James. Ia melakukan dunk tersebut kepada idolanya semasa kecil.

Tatum memang mengidolai banyak bintang NBA. Salah satunya LeBron James. Cuitan Jayson Tatum meminta follow back LeBron James di Twitter pun viral saat itu. Tatum sendiri mencuitnya saat 14 tahun.

Baca Juga: Boston Celtics Buktikan Mereka Siap Raih Gelar Juara 2021/2022

3. Mendapat julukan Taco Jay

5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBAJayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum mempunyai nama panggilan Tacko Jay. Nama panggilan tersebut diberikan pada 2019.

Saat itu, Jayson Tatum mengikuti Skill Challenge di rangkaian NBA All-Star. Ia berhasil menjadi juara mengalahkan bintang NBA lainnya, seperti Nikola Jokic dan Mike Conley.

Tatum sendiri merupakan penggemar taco, makanan khas Meksiko, terutama buatan ibunya. Kebetulan sponsor Skill Challenge adalah Taco Bell. Sejak saat itu julukan Tacko Jay melekat kepadanya.

4. Jayson Tatum selalu bermain di playoffs

5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBAJayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum sudah bermain di NBA selama 5 musim. Ia sekarang menginjak usia 24 tahun. Selama bermain di NBA, Tatum selalu membawa Boston Celtics melaju ke babak playoffs.

Prestasi terbaik Jayson Tatum bersama Celtics adalah Final Wilayah Timur pada 2017/2018 dan 2019/2020. Mereka belum pernah sampai ke Final NBA.

Meski begitu, pada 2021/2022 ini, Jayson Tatum punya kesempatan meloloskan Celtics ke final. Ia mampu mengandaskan perlawanan Brooklyn Nets yang berisi pemain-pemain bintang. Tatum kini tinggal berusaha melawan Milwaukee Bucks, juara bertahan, di final wilayah agar bisa ke Final NBA.

5. Jayson Tatum sudah membela tim nasional Amerika Serikat sejak level junior

5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBAJayson Tatum (nba.com)

Jayson Tatum membela Tim Nasional Amerika Serikat sejak lama. Ia bermain untuk negaranya dari ajang FIBA U-16 sampai level senior.

Tatum bahkan sukses menjadi pemain bola basket putra Amerika Serikat pertama yang memenangi medali emas Olimpiade, Piala Dunia FIBA U-17 dan U-19, serta Kejuaraan FIBA U-16 Amerika.

Prestasi tertinggi Jayson Tatum bersama Tim Nasional Amerika Serikat adalah medali emas Olimpiade 2020 Tokyo pada 2021 lalu. Berkat itu, ia menjadi pemain yang diperhitungkan, baik di Boston Celtics maupun tim nasional.

Jayson Tatum merupakan pemain muda dan pemain kunci bagi Boston Celtics. Ia mempunyai kemampuan yang lengkap sebagai pemain bintang. Tinggal menunggu waktu saja untuk Jayson Tatum menjadi juara NBA.

Baca Juga: 5 Trade Terburuk Boston Celtics dalam 50 Tahun Terakhir

Tio Wahyu Utomo Photo Writer Tio Wahyu Utomo

Hai, Selamat datang. Semoga senang dengan tulisan Saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya