5 Fakta Jerry West, Pemain Basket yang Jadi Logo NBA

Siluetnya pada logo NBA terkenal di mana-mana

Jerry West adalah salah satu legenda NBA. Ia bermain sebagai seorang point guard. Bakat bermain basketnya sudah terlihat sejak di bangku SMA.

West sendiri bersekolah di East Bank. Ia merupakan pemain pertama yang mencetak sembilan ratus poin di Virginia Barat.

Jerry West kemudian berkuliah di West Virginia University dan mengikuti NCAA pada 1957—1960. Pada masa kuliahnya, ia mencetak rekor 81 kemenangan dan hanya kalah sebanyak 12 kali selama 3 tahun bermain di NCAA.

1. Karier Jerry West sebagai pemain dan pelatih

5 Fakta Jerry West, Pemain Basket yang Jadi Logo NBAJerry West (nba.com)

Jerry West mengikuti NBA Draft 1960 dan terpilih di urutan kedua. Minneapolis Lakers, yang sekarang dikenal dengan nama Los Angeles Lakers, berhasil mendapatkannya. Ia berkarier di NBA sebagai pemain pada 1960—1974. Selama berkarier di NBA, ia hanya membela satu tim, yaitu Lakers.

Jerry West juga pernah menjadi pelatih Lakers selamat 3 tahun pada 1976—1979. Ia merupakan sosok yang identik dengan Lakers karena pernah aktif sebagai pemain dan pelatih bersama tim yang sama.

2. Jerry West pemain yang berprestasi di NBA

5 Fakta Jerry West, Pemain Basket yang Jadi Logo NBAJerry West (nba.com)

Jerry West selama menjadi pemain NBA merupakan sosok yang berprestasi. Selama 14 tahun berkarier, ia selalu terpilih masuk ke dalam NBA All-Star setiap musimnya. Ia pernah membawa Lakers menjadi juara pada 1972. Pada tahun yang sama, ia terpilih sebagai MVP di ajang NBA All-Star.

Jerry West termasuk pemain yang pandai dalam bertahan. Itu terbukti dengan terpilihnya ia menjadi All-Defensive First Team sebanyak 4 kali dan All-Defensive Second Team sebanyak 1 kali. West juga pernah membawa Tim Nasional Amerika Serikat mendapatkan medali emas pada Olimpiade 1960 Roma.

Lakers memensiunkan jersey nomor 44 yang dipakai Jerry West karena kontribusinya terhadap tim. Pada 2011, mereka membuat patung West yang diletakkan di luar stadion Staples Center, kandang Lakers.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Mendapat julukan Mr Clutch

https://www.youtube.com/embed/nyz_MuMZ6RY

Jerry West mendapat julukan Mr Clutch saat aktif bermain di NBA. Orang yang memberi julukan tersebut adalah Chick Hearn, komentator legendaris Lakers. Ia diberikan julukan tersebut pada musim kedua di NBA pada 1961.

Julukan Mr Clutch diberikan karena Jerry West sering mencetak poin penting, sehingga membantu Lakers meraih kemenangan krusial. Ia memang pemain yang mempunyai akurasi tembakan yang bagus di Lakers.

4. Jerry West menjadi logo NBA

5 Fakta Jerry West, Pemain Basket yang Jadi Logo NBALogo NBA (nba.com)

Alan Siegel, brand consultant, menciptakan logo NBA pada 1969. Siegel juga merupakan perancang logo Major League Baseball (MLB).

Dalam menentukan sebuah desain, Alan Siegel mencari sosok orang yang cocok untuk ditaruh pada logo NBA. Ia mendapatkan inspirasi setelah melihat foto Jerry West bermain basket. Walter Kennedy, Komisaris NBA saat itu, menyukai desain Alan Siegel. Ia setuju menjadikan siluet Jerry West sebagai logo NBA.

5. Jerry West menjadi salah satu pemain NBA terbaik sepanjang masa

5 Fakta Jerry West, Pemain Basket yang Jadi Logo NBAJerry West (nba.com)

Pada ulang tahun NBA yang ke-75, NBA merilis nama pemain basket terbaik sepanjang masa. Jerry West ada dalam daftar tersebut. Sebelumnya, pada 1996, tepatnya pada perayaan ulang tahun NBA ke-50, ia sudah pernah masuk ke dalam daftar pemain terbaik.

Nama Jerry West tidak hanya masuk ke dalam pemain terbaik sepanjang masa. Sebelumnya, pada 1980, ia menjadi salah satu Hall of Fame. Namanya masuk ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

Pada 2019, Jerry West juga menerima penghargaan dari Donald Trump. Penghargaan tersebut adalah Presidential Medal of Freedom karena prestasinya pada dunia basket di Amerika Serikat.

Jerry West adalah legenda yang dihormati karena kontribusi selama ia bermain basket. Namanya akan selalu tercatat sebagai salah satu pemain terbaik dan salah satu ikon basket di NBA. Logo berupa siluetnya juga tetap lestari.

Baca Juga: Puasa, Hakeem Olajuwon jadi Player of the Month pada Februari '95

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya