Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022

Kunci sukses Boston Celtics di NBA 2021/2022

Ime udoka adalah mantan pemain basket profesional yang sekarang menjadi seorang pelatih basket. Ia lahir pada 9 agustus 1977 di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Udoka memiliki kewarganegaraan ganda Nigeria/Amerika Serikat.

Saat SMA, Udoka bersekolah di Jefferson High School. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Utah State University Eastern. Namun, itu bukan satu-satunya kampus yang pernah ia singgahi.

Udoka sempat pindah ke University of San Francisco dan Portland State. Setelah itu, ia melanjutkan karier basketnya dengan melanglang buana ke beberapa tim, sampai akhirnya berlabuh ke NBA bersama Los Angeles Lakers pada 2004. 

Ime Udoka juga sempat menjadi asisten pelatih setelah pensiun sebagai pemain basket profesional. Ia menjadi asisten pelatih San Antonio Spurs, Philadelphia 76ers, dan Brooklyn Nets.

1. Pelatih pertama di NBA berkebangsaan Nigeria

Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022Ime Udoka (nba.com)

Ime Udoka mempunyai kewarganegaraan ganda Nigeria/Amerika Serikat. Ia mempunyai darah Nigeria dari sang ayah yang merupakan orang Nigeria. Ia sudah memenuhi syarat untuk menjadi warga negara Nigeria sehingga sukses mengikuti jejak sang ayah.

Udoka sendiri sempat membela Timnas Nigeria di FIBA 2006. Pada 2021, setelah pensiun dan bertahun-tahun menjadi asisten pelatih, ia bergabung dengan Boston Celtics untuk menjabat posisi kepala pelatih. Udoka pun menjadi kepala pelatih pertama dalam sejarah NBA yang berasal dari Afrika.

2. Pelatih Boston Celtics ke-18

Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022Ime Udoka (skysports.com)

Ime Udoka ditunjuk sebagai kepala pelatih Boston Celtics. Ia tercatat sebagai pelatih ke-18 yang menangani Celtics dalam 75 tahun terbentuknya NBA.

Udoka dianggap figur yang cocok untuk menangani Celtics karena mempunyai kualitas luar biasa. Ia bisa membuat Celtics bersaing untuk memperebutkan juara NBA pada 2022. Udoka mampu melakukan itu karena mempunyai banyak pengalaman sebagai asisten pelatih tim NBA dan Timmas Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang NBA Finals

3. Mempunyai hubungan baik dengan pemain Boston Celtics

Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022Ime Udoka (theathletic.com)

Ime Udoka dikenal sebagai pelatih yang dekat dengan pemain yang dilatih. Ia pernah menjadi asisten pelatih Timnas Amerika Serikat saat memenangi medali emas di Olimpiade 2020 Tokyo.

Saat menjadi asisten pelatih Amerika Serikat itu, Udoka bekerja sama dengan bintang Boston Celtics. Ia melatih Jayson Tatum, Marcus Smart, dan Jaylen Brown. Maka, saat ditunjuk sebagai kepala pelatih Celtics, ia tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi karena sudah mengenal beberapa nama.

4. Pandai merekrut pemain

Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022Ime Udoka (nba.com)

Ime Udoka merupakan pelatih yang pandai dalam mendatangkan pemain hebat. Saat menjadi asisten pelatih San Antonio Spurs, ia pernah mendatangkan pemain hebat.

Pada 2015, misalnya, Udoka membantu Spurs mendatangkan LaMarcus Aldridge secara gratis. Aldridge merupakan pemain kunci untuk tim sebelumnya. Udoka berinisiasi untuk mengajaknya bergabung dengan San Antonio Spurs.

Udoka memang sangat pandai melihat sebuah peluang. Ia diharapkan bisa berbuat banyak untuk Boston Celtics dengan kepandaian yang dimilikinya itu.

5. Membawa Boston Celtics ke Final NBA 2022

Ime Udoka, Pelatih yang Membawa Celtics ke Final NBA 2022Ime Udoka (nba.com)

Ime Udoka berhasil membawa Boston Celtics naik ke peringkat kedua Wilayah Timur pada musim reguler 2021/2022. Celtics meraih 51 kemenangan dan 31 kekalahan musim ini.

Dengan hasil itu, Celtics otomatis lolos ke babak playoff. Mereka bahkan mampu mengalahkan tim kandidat juara, Brooklyn Nets, pada putaran pertama.

Pada babak semifinal, Celtics lagi-lagi berhasil mengalahkan tim kandidat juara. Mereka lolos ke final wilayah setelah mengandaskan perlawanan juara bertahan, Milwaukee Bucks. 

Sementara itu, pada partai final wilayah, Celtics berhasil mengalahkan Miami Heat. Keberhasilan itu membuat mereka lolos ke Final NBA.

Boston Celtics kembali ke Final NBA setelah terakhir kali lolos ke sana pada 2008. Kini, mereka berpeluang merengkuh gelar juara ke-18. Namun, Celtics perlu mengalahkan Golden State Warriors terlebih dahulu di Final NBA 2022. Kepala Pelatih Ime Udoka tentu akan membantu mereka.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik setelah Celtics Tundukkan Warriors di Final Game 1

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya