Jason Williams, Pemain NBA Berjuluk White Chocolate karena Streetball

Pemain NBA rasa basket jalanan

Jason Williams adalah mantan pemain basket yang sempat menjajal NBA. Ia bermain sebagai seorang point guard.

Namanya memang tidak setenar pemain lain yang seangkatan dengannya. Sebut saja Dirk Nowitzki, yang kini menjadi legenda Dallas Mavericks.

Meski begitu, bakat Williams sudah terlihat sejak SMA. Ia sempat membawa DuPont High School melaju ke final kompetisi basket SMA di West Virginia. Sayangnya, mereka kalah di final.

Jason William juga pemain paling sukses di sekolahnya. Ia menjadi murid pertama yang mencetak 1.000 poin dan 500 assist di sana. Williams bahkan sukses menjadi pemain terbaik di West Virginia pada 1994.

Penampilannya di sekolah membawanya ke universitas. Ia sempat menjajal basket kampus dengan membela Marshall University dan University of Florida.

1. Awal karier Jason Williams yang memukau

Jason Williams, Pemain NBA Berjuluk White Chocolate karena StreetballJason Williams (nba.com)

Karier Jason Williams di NBA dimulai pada pengujung 1990-an. Saat itu, ia terpilih di urutan ke-7 NBA Draft 1998.

Sacramento Kings menjadi tim yang beruntung mendapatkan jasa Williams. Mereka memberinya nomor punggung 55. Nomor itu membuatnya terlihat ikonik. Bahkan, jersey menjadi jersey dengan penjualan terbanyak nomor lima di antara semua pemain.

Jason Williams memang tampil cukup memukau pada musim pertamanya. Ia bahkan masuk All-Rookie First Team. Namun, kalah dari Vince Carter dalam perebutan gelar Rookie of the Year.

2. Mendapat julukan White Chocolate

Jason Williams, Pemain NBA Berjuluk White Chocolate karena StreetballJason Williams (nba.com)

Jason Williams terkenal dengan julukan White Chocolate. Nama panggilan itu berawal saat ia bermain untuk Sacramento Kings.

Stephanie Shepard adalah orang pertamanya yang menyebutnya begitu. Asisten hubungan masyarakat Kings itu memberinya nama White Chocolate karena gayanya yang atraktif. Permainan Jason Williams mirip streetball alias basket jalanan.

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

3. Juara bersama Miami Heat pada 2006

https://www.youtube.com/embed/f_UphWCvkj4

Nama Jason Williams melambung bersama Sacramento Kings. Namun, ia tidak sempat juara di sana. Setelah pindah ke Memphis Grizzlies, Williams akhirnya mendarat di Florida untuk membela Miami Heat pada 2005.

Kepindahannya tentu tidak sia-sia. Ia bisa bergabung dengan pemain sekelas Dwyane Wade, Gary Payton, dan Shaquille O’Neal di sana. Pada 2006, Williams bahkan berhasil membawa Heat juara dengan mengalahkan Dallas Mavericks di final.

Gelar juara NBA itu merupakan pencapaian pertama Jason Williams. Itu juga gelar juara satu-satunya yang ia dapat selama bermain di NBA.

Banyak orang kagum dengan gaya permainan Williams. Ia punya gerakan khas dengan nama behind the back elbow pass. Gerakan tersebut sering digunakan dalam streetball, tetapi umumnya tidak dilakukan di NBA. Namun, Williams berani melakukannya dalam sebuah pertandingan. Ia bahkan melakukannya dengan baik.

4. Pengujung karier White Chocolate di NBA

Jason Williams, Pemain NBA Berjuluk White Chocolate karena StreetballJason Williams (nba.com)

Pada musim panas 2008, Jason Williams bergabung dengan Los Angeles Clippers. Namun, belum sempat bermain, ia memutuskan pensiun karena cedera yang ia alami.

Meski begitu, Williams tidak benar-benar berpisah dengan NBA. Sebab, pada musim berikutnya, ia kembali ke sana dengan bergabung bersama Orlando Magic. Williams bermain di Orlando hingga Januari 2011. Ia mundur dari tim pada tahun itu karena kesulitan menembus tim utama usai operasi cedera.

Pada Februari 2011, Jason Williams pun memutuskan kembali ke Memphis Grizzlies. Namun, ia juga tidak lama di sana. Williams pensiun meski telah menandatangani kontrak 2 tahun.

5. Kegiatan setelah pensiun dari NBA

Jason Williams, Pemain NBA Berjuluk White Chocolate karena StreetballJason Williams (big3.com)

Jason Williams tidak bisa jauh dari basket. Usai pensiun dari NBA, ia mengikuti kompetisi basket lainnya pada 2017, sekitar 6 tahun sejak berhenti dari NBA. Williams sendiri bermain bersama 3 Headed Monster di gelaran 3x3 bernama BIG 3 yang dibuat rapper terkenal, Ice Cube.

Meski begitu, Jason Williams bermain cukup singkat di BIG 3. Sebab, cedera lututnya kambuh lagi. Ia melewatkan berbagai pertandingan sampai akhir musim.

Sampai saat ini, Williams masih bermain basket untuk mengisi hari-harinya. Ia merupakan pemain basket sejati. Namanya juga akan selalu tercatat sebagai salah satu point guard atraktif di NBA.

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya