Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal Slovenia

Pemimpin baru Dallas Mavericks!

Luka Doncic adalah pemain basket profesional berkebangsaan Slovenia dan berposisi sebagai point guard. Luka Doncic memulai karier profesional pada usia 8 tahun, ia bermain untuk tim asal negaranya Union Olimpija. 

Bakat dari Luka Doncic sudah terkenal di eropa. Pada usia 13 tahun, Luka Doncic bergabung dengan tim Real Madrid dengan durasi kontrak selama lima tahun.

Ia membela Real Madrid U-16 dan mendapatkan gelar MVP. Luka Doncic kemudian masuk kedalam Real Madrid U-18 dan mendapatkan gelar MVP.

Pada usianya yang ke 16 tahun, ia melakukan debut bersama tim senior Real Madrid dan menjadi pemain termuda sepanjang sejarah yang melakukan debut di tim tersebut.

Doncic bermain bersama tim senior Real Madrid selama tiga tahun sebelum mengikuti NBA Draft 2018. Berikut ini jejak karier dari Luka Doncic!

1. Awal karier Luka Doncic di NBA

Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal SloveniaLuka Doncic (nba.com)

Luka Doncic pada usia 19 tahun di-draft oleh tim Atlanta Hawks kemudian di-trade ke Dallas Mavericks pada hari yang sama. Luka Doncic mendapat urutan ketiga pada NBA Draft 2018. Luka Doncic menjadi calon bintang di tim Dallas Mavericks.

Doncic memulai debut NBA pada musim 2018/2019. Ia bermain sangat baik dimusim perdana NBA dan mendapatkan penghargaan sebagai Rookie of the Year.

Luka Doncic langsung menjadi pemain kunci di Dallas Mavericks. Doncic membuat rataan 21,2 poin dan 6 assists serta 7,8 rebounds dan ia bermain dalam 72 pertandingan.

2. Mendapat julukan 'Luka Magic'

Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal SloveniaLuka Doncic (nba.com)

Luka Doncic mendapat julukan 'Luka Magic' di NBA. Ia mendapat julukan tersebut karena sering mencetak poin dengan cara yang tidak masuk akal. Ia sejak menjadi rookie sering melakukan tembakan clutch untuk mendapatkan poin. 

Pemain terbaik sekali pun jarang mendapatkan sebuah keajaiban saat melakukan tembakan ke ring pada suatu pertandingan, tetapi Luka sering mendapatkan keberuntungan tersebut. Oleh sebab itu julukan 'Luka Magic' sudah sangat akrab mulai dari musim perdananya di NBA sampai saat ini.

Baca Juga: Sihir Luka Doncic dan Rekor Bersejarahnya di NBA

3. Prestasi Luka Doncic di NBA

Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal SloveniaLuka Doncic (nba.com)

Luka Doncic selama di NBA merupakan pemain yang diperhitungkan di NBA. Doncic pada musim perdana di NBA berhasil mendapat gelar Rookie of the Year tahun 2019 dan masuk ke dalam All-Rookie First Team.

Luka Doncic pada musim 2019/2020 dan 2020/2021, ia masuk ke dalam All-NBA First Team. Ia juga sudah mengikuti NBA-All Star sebanyak tiga kali secara berturut-turut.

Doncic berhasil membawa Dallas Mavericks masuk ke dalam babak Playoffs dan masih berpeluang menjadi juara NBA musim ini. Dallas Mavericks sudah menemukan sosok pemimpin baru sepeninggalan Dirk Nowitzki.

4. Luka Doncic terlahir dari keluarga atlet

https://www.youtube.com/embed/Jo3Vt69HhaE

Doncic lahir dari keluarga yang bisa dibilang kaya dan hidupnya semasa kecil tidak pernah kekurangan. Luka Doncic terlahir dari keluarga atlet dan membuatnya mempunyai jiwa kompetitif yang tinggi.

Ayahnya Sasa Doncic merupakan seorang pemain basket profesional dan bermain di Euroleague selama 17 tahun. Hidup dari ayah Luka Doncic tidak bisa jauh dari basket karena sekarang menjadi pelatih. Ia melatih tim Ilirija yang bermain di liga basket Slovenia.

Ibu dari Luka Doncic yaitu Mirjam Poterbin merupakan mantan atlet lari gawang dan mantan penari profesional di Slovenia. Sekarang ia mempunyai toko kecantikan di Slovenia.

5. Pemain tercepat Dallas Mavericks yang mecetak 6000 poin

Luka Doncic, Bintang Masa Depan Dallas Mavericks Asal SloveniaLuka Doncic (nba.com)

Luka Doncic membuat rekor yang mengesankan untuk Dallas Mavericks. Ia adalah pemain termuda dari tim Dallas Mavericks yang mencetak 6000 poin dan Doncic hanya membutuhkan 234 pertandingan untuk membuat rekor tersebut.

Rekor tersebut terjadi saat Dallas Mavericks bertemu dengan Indiana Pacers. Pada pertandingan tersebut Doncic membuat rataan 30 poin dan 12 assists serta 6 rebounds. Luka Doncic mengungguli banyak bintang muda NBA berkat pencapaian tersebut.

 

Luka Doncic sudah membutikan dirinya bahwa ia adalah bintang yang layak diperhitungkan di NBA dan menjadi tumpuhan tim Dallas Mavericks. Luka Doncic sudah layak bersaing untuk mendapatkan cincin juara di NBA cepat atau lambat.

Baca Juga: Luka Doncic dan Sederet Pebasket Slovenia yang Menjajal NBA

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya