5 Pemain NBA yang Ternyata Mahir Berbagai Bahasa

Pemain dengan kecerdasan luar biasa

Bahasa merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, terutama dalam berkomunikasi. Tak jarang orang menguasai lebih dari satu bahasa. Begitu pun dengan pemain NBA.

Beberapa pemain NBA belajar berbagai bahasa. Mereka melakukan itu untuk meminimalisasi terjadinya kesalahpahaman di dalam lapangan maupun luar lapangan.

Siapa saja pemain NBA yang ternyata mahir berbagai bahasa?

1. Luka Doncic

https://www.youtube.com/embed/TAiATIfx66c

Luka Doncic adalah bintang muda Dallas Mavericks asal Slovenia. Pemain NBA satu ini menguasai berbagai bahasa. Ia setidaknya mahir berbicara empat bahasa, seperti Slovenia, Serbia, Inggris, dan Spanyol. 

Ayah dari pemain berjuluk Luka Magic ini merupakan mantan pemain basket profesional di Slovenia. Sang ayah mempunyai keturunan Kosovo yang menggunakan bahasa Srpski untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, Doncic mahir menggunakan bahasa Serbia.

Sementara itu, karier profesional Luka Doncic berawal di Real Madrid. Ia merantau ke Spanyol sehingga mau tidak mau harus menguasai bahasa negara tersebut.

Ia juga mempelajari bahasa Inggris sebagai komunikasi internasional. Sampai saat ini, Doncic masih mahir menggunakan bahasa Spanyol dan Inggris ketika menjawab pertanyaan dari jurnalis di NBA.

2. Kobe Bryant

https://www.youtube.com/embed/ZKhBRtKNgeQ

Kobe Bryant adalah salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di NBA. Ia merupakan pemain yang sangat cerdas. Ia juga bisa berbicara dengan berbagai bahasa.

Cerita bermula saat Bryant harus meninggalkan Philadelphia untuk pindah ke Italia pada 1984. Ia pindah ke sana karena pekerjaan sang ayah sebagai pemain basket profesional.

Bryant belajar banyak hal di Italia. Salah satunya bahasa. Ia menguasai bahasa Italia dan Spanyol karena sempat tinggal di Negeri Piza.

Ketika Kobe Bryant bermain di NBA, ia tak jarang mendapatkan pertanyaan berbahasa Spanyol atau Italia. Hal itu pun mempermudah komunikasi Bryant dengan beberapa pemain di liga yang menggunakan bahasa tersebut.

Baca Juga: Raih Gelar Kelima IBL, Arki Wisnu Samai Torehan Kobe Bryant

3. Dikembe Mutombo

https://www.youtube.com/embed/tpBZkSPxX58

Dikembe Mutombo adalah salah satu pemain bertahan terbaik yang pernah ada di NBA. Ia sangat ikonik dengan nomor punggung 55 ketika masih aktif bermain di liga.

Mutombo ternyata sangat pandai berbicara dengan beberapa bahasa. Ia lahir di Republik Demokratik Kongo sehingga terbiasa berbicara dengan banyak bahasa ketika berada di lingkungan rumahnya. Ia bahkan menggunakan bahasa Portugis untuk mengajak tetangganya yang berasal dari Angola untuk bermain bola.

Dikembe Mutombo juga mengambil jurusan bahasa saat kuliah. Ia belajar banyak bahasa dan menganggap bahasa adalah sebuah seni. Dirinya menguasai bahasa Portugis, Spanyol, Prancis, Lingala, dan Luba-Kasai.

4. Serge Ibaka

https://www.youtube.com/embed/Mub4IM8tsbU

Serge Ibaka adalah pemain aktif NBA. Saat ini, ia bermain untuk Milwaukee Bucks. Ibaka memegang paspor Spanyol. Namun, ia bukan asli Spanyol.

Ibaka lahir di Republik Demokratik Kongo. Ia harus pindah ke Spanyol karena perang saudara. Dirinya mau tidak mau harus belajar bahasa Spanyol untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Serge Ibaka ternyata tidak hanya belajar bahasa Spanyol. Ia juga mempelajari bahasa Portugis dan Prancis. Ibaka kini mahir empat bahasa dan sering menerima wawancara di NBA.

5. Goran Dragic

5 Pemain NBA yang Ternyata Mahir Berbagai BahasaGoran Dragic (nba.com)

Goran Dragic baru-baru ini setuju bergabung dengan Chicago Bulls selama 1 musim. Ia sendiri merupakan rekan satu negara Luka Doncic. Mereka sama-sama memperkuat Tim Nasional Slovenia.

Dragic adalah pemain yang dibesarkan dari seorang ayah berdarah Serbia dan ibu Slovenia. Oleh karena hal itu, dirinya pandai menggunakan kedua bahasa dari negara tersebut. Dragica juga mahir berbicara bahasa Spanyol karena sempat mencicipi kompetisi basket profesional di sana.

Kelima pemain dalam daftar di atas termasuk pemain yang pandai karena mampu memahami dan berbicara dalam berbagai bahasa. Mereka bisa berkomunikasi dengan baik saat di lapangan atau di luar lapangan.

Baca Juga: Luka Doncic dan Sederet Pebasket Slovenia yang Menjajal NBA

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya