Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan 

Ada seni bela diri khas Indonesia, loh! 

Seni bela diri tergolong cabang olahraga yang sudah lama ada di setiap negara atau wilayah penjuru dunia. Seni bela diri ada sebagai upaya untuk mempertahankan dan menyelamatkan diri. Setiap negara, wilayah dan daerah pasti memiliki seni bela diri yang khas dan unik dari segi teknik dan gerakan.

Berikut ini daftar seni bela diri dari berbagai negara yang cukup mematikan. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Jiujitsu

Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan pixabay/mikepesh

Jiujitsu adalah seni bela diri yang berasal dari jepang. Jiujitsu bersifat defensif atau mode bertahan. Banyak tururnan seni bela diri yang berasal dari jiujitsu seperti aikido, judo dan brazilian jiujitsu. Teknik cekikan dan kuncian banyak digunakan pada seni bela diri ini. 

2. Taekwondo

Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan pixabay/AndrewYuan

Taekwondo adalah seni bela diri yang berasal dari Korea. Gerakan khas dari taekwondo adalah tendangan yang dikombinasikan dengan kekuatan mental dan keterampilan fisik. Taekwondo fokus pada keseimbangan, stamina, kecepatan dan fleksibilitas saat diterapkan di lapangan.

Saking populernya, kita sangat mudah menemukan seni bela diri ini di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak mengherankan karena taekwondo punya jumlah anggota komunitas di 100 negara mencapai 30 juta. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik Olahraga Sumo yang Perlu Kamu Tahu!

3. Muay Thai

Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan pixabay/Taco Fleur

Muay thai merupakan seni bela diri yang beraal dari Thailand. Muay thai berasal dari nama suku yang pernah hidup di negeri seribu pagoda. Seni bela diri ini juga sudah eksis sejak satu abad yang lalu dan kini menjadi cabang olahraga nasional di Thailand.

Gerakan khas dari muay thai adalah sikutan dan tendangan. Seni bela diri ini mengandalkan delapan titik tubuh yang terdiri dari dua telapak tangan, sikut, kaki dan lutut. 

4. Krav Maga

Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan pixabay/pedjasayeret1

Krav maga adalah seni bela diri yang berasal dari Israel dengan prinsip netralisasi ancaman maksimum. Krav maga berasal dari bahasa Ibrani yang artinya pertarungan kontak atau sentuhan. Gerakan khas seni bela diri ini menekankan pada kekuatan tangan kosong yang disesuaikan dengan kondisi dunia nyata.

Dalam keseharian, kita hampir tidak pernah mempersiapkan senjata kala berpergian demi proteksi diri. Melalui gerakan seni bela diri ini, kita bisa menyelamatkan diri tanpa mengandalkan senjata khusus sekaligus melumpuhkan lawan dan meminimalisasi luka. 

5. Pencak Silat

Fakta Unik Seputar 5 Seni Bela Diri yang Mematikan pixabay/AgusTriyanto

Pencak silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini dikenal luas di wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Filipina. Seni bela diri ini juga mnedapat banyak pengaruh dari ragam agama seperti Islam, Hindu dan Budha.

Setiap daerah di Indonesia juga punya pencak silat dengan ragam aliram seperti Jawa Barat yang populer dengan aliran cimande, Jawa Tengah aliran merpati putih dan Jawa Timur aliran perisai diri. Kunci dari pencak silat adalah konsentrasi penuh. 

Nah, itulah keunikan yang terdapat pada ragam seni bela diri mematikan di dunia. Kira-kira kamu memilih yang mana?

Baca Juga: 7 Olahraga Paling Aneh yang Pernah Ada di Dunia, Sudah Tahu?

Uswatun Niswi Photo Verified Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya