Jokowi Janji Akan Resmikan PON XX di Papua

Jokowi menyapa masyarakat Merauke

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjanji akan mengunjungi Papua saat meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 pada Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menggelar video konferensi untuk menyapa masyarakat Merauke, Papua, usai memperingati HUT ke-76 RI pada 17 Agustus lalu.

"Terima kasih Merauke, nanti ketemu di Oktober saat PON, insyaallah nanti sekaligus kita resmikan PLBN di Sota. Terima kasih, Dirgahayu Republik Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: KONI Pusat Tegaskan PON Papua Digelar Sesuai Jadwal

1. Pemkab Merauke siap sukseskan PON XX Papua

Jokowi Janji Akan Resmikan PON XX di PapuaPekerja bersiap memasang fasilitas penerangan di kawasan Venue PON XX Papua, Kampung Harapan, Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Dalam kesempatan itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka yang didampingi Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Danlantamal XI Merauke mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, yang telah memberikan kesempatan berinteraksi langsung pada momentum Hari Kemerdekaan RI.

“Hal ini menunjukkan besarnya perhatian Bapak Presiden kepada kami yang berada di wilayah paling timur Indonesia, dan kami bersyukur sampai saat ini warga Merauke senantiasa hidup dalam kedamaian dan kerukunan, karena Merauke memiliki sesanti Merauke Istana Damai,” ungkapnya.

“Berkat kearifan lokal yang menjadi miniatur kebinekaan yang sejati, kami dapat menjaga kedamaian di Bumi Animha ini dengan baik. Kami ingin mengatakan bahwa semua masyarakat yang tinggal di Kabupaten Merauke memiliki semangat yang sama, yaitu Izakod Bekai Izakod Kai, Satu Hati Satu Tujuan,” kata Bupati Merauke.

Dalam kesempatan ini, Romanus juga menyatakan TNI-Polri dan Pemkab Merauke serta masyarakat siap sukseskan PON XX Tahun 2021.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bingkisan kepada seluruh perwakilan masyarakat, pelajar, dan mahasiswa yang diserahkan langsung oleh Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko dan Dandim 1707/Merauke, serta dilanjutkan foto bersama.

“Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar berkat kerja sama dari semua pihak dan partisipasi serta dukungan masyarakat Merauke,” kata Kasrem 174 Merauke Kolonel Arh. Hamim Tohari, selaku koordinator kegiatan tersebut.

2. Semua atlet sudah siap bertanding di PON

Jokowi Janji Akan Resmikan PON XX di PapuaDok.IDN Times/istimewa

Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON Papua, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Suwarno, menegaskan, semua atlet sudah siap untuk bertanding di PON. Tercatat, akan ada 6.496 atlet yang bertanding di ajang tersebut.

"Terkait dengan timeline yang kita berikan, bahwa tahapan entry by name semua provinsi sudah kita tutup. Atlet ini harus benar-benar kita jaga," ujar Suwarno dalam siaran pers virtual, Sabtu (14/8/2021).

Suwarno mengungkapkan PON Papua akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ajang PON Papua ini akan meniru prokes yang diterapkan di Olimpiade Tokyo 2020.

"Nantinya atlet hanya boleh bergerak dari tempat akomodasi ke venue pertandingan. Sama seperti Olimpiade Tokyo yang sangat ketat dalam hal penerapan protokol kesehatan," ujar dia.

3. Panitia sudah menyiapkan venue dan transportasi

Jokowi Janji Akan Resmikan PON XX di PapuaKondisi Stadion Mandala Jayapura yang akan digunakan sebagai venue cabang olahraga (cabor) sepakbola PON XX, Kota Jayapura, Papua, Jumat (2/7/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH

Terkait masalah venue dan transportasi selama PON Papua, Suwarno menyebutkan, panitia sudah menyiapkannya. Untuk transportasi, panitia mendapatkan bantuan dari Kementerian Perhubungan sebanyak 428 micro bus untuk seluruh klaster.

Sedangkan untuk venue, Suwarno menegaskan bahwa venue akan selesai pada bulan September. Venue terakhir yang direncanakan rampung adalah venue rugby. Sedangkan venue lain, sudah siap digunakan pada waktunya.

"Bicara venue pertandingan, kami kira sudah hampir selesai, kecuali venue yang memangnya baru ditargetkan selesai bulan September," ujar Suwarno.

Baca Juga: Catat Sejarah, Esports Jadi Cabor Ekshibisi di PON Papua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya