Aldila Sutjiadi Bawa Tenis Indonesia ke Babak 8 Besar

Bukan atlet unggulan, Aldila tampil penuh kejutan

Palembang, IDN Times - Petenis tunggal putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, berhasil mengantarkan tuan rumah ke babak 8 besar. Capaian itu diraih setelah ia membungkam petenis Jepang Miyu Kato di Jakabaring Sport Center, Palembang, Selasa (21/8). 

1. Aldila mendominasi jalannya pertandingan

Aldila Sutjiadi Bawa Tenis Indonesia ke Babak 8 BesarIDN Times/Vanny El Rahman

Pertandingan dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Hanya butuh waktu 61 menit bagi Aldila untuk memastikan poisisnya di babak berikutnya. Ia berhasil tampil meyakinkan setelah memenangkan pertandingan dua set langsung 6-1 dan 6-0. 

Sepanjang laga, petenis berusia 23 tahun itu mendominasi jalannya pertandingan. Jarang sekali Aldila melepas bola-bola keras. Tidak seperti saat melawan Peangtarn, petenis asal Thailand. 

"Dari awal aku udah enak mukulnya, jadi sudah bisa nekan musuh dari awal. Dan aku stick dengan strategi dari awal dan akhirnya itu berhasil. Aku suka bolanya dia sih ya, gak terlalu kenceng dia main spin juga," ujar Aldila seusai pertandingan.  

"Ini sudah sesuai instruksi pelatih ya. Hari ini aku gak terlalu kenceng mainnya. Ritmenya aku banyakan. Setelah enak baru speed dan power aku tambah," sambungnya. 

2. Adlila tampil mengejutkan sepanjang Asian Games

Aldila Sutjiadi Bawa Tenis Indonesia ke Babak 8 BesarIDN Times/Vanny El Rahman

Aldila sendiri mengakui bahwa dirinya bukan unggulan pada nomor tenis tunggal putri. Akan tetapi, dia tidak ambil pusing soal itu dan lebih fokus untuk mendapatkan poin demi poin. 

Hal senada juga diungkapkan oleh sang pelatih. Dia mengakui penampilan Aldila sejauh ini sangat bagus dan bisa menyesuasikan dengan kemampuan lawan. 

"Hari ini dia mainnya bagus sekali, gak ada yang perlu dievaluasi kayaknya, karena beda cara menghadapi pemain. Kemarin itu dia mainnya sampai keram cuma sedikit yang sadar. Nah itu hebatnya Aldila. Dia bisa menutupi itu," sambut Deddy 

3. Aldila sempat mendapatkan perawatan khusus

Aldila Sutjiadi Bawa Tenis Indonesia ke Babak 8 BesarIDN Times/Vanny El Rahman

Saat menghadapi Thailand, Aldila sempat mendapat perawatan khusus. Sementara, dia harus mempersiapkan diri untuk nomor ganda campuran. Menghadapi pertandingan selanjutnya, selain fokus evaluasi dan membaca strategi lawan, Aldila akan lebih fokus untuk menyegarkan kodisi fisiknya. 

"Kondisi kaki gak ada masalah ya, cuma pegal-pegal saja. Kemarin sempat di-treatment sama dokter di-massage juga. Jadi ya sekarang fokus recovery karena besok bertanding ganda juga," terang Aldila. 

Baca Juga: Asian Games 2018: Soft Tennis Targetkan Borong Medali

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya