Comscore Tracker

Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi Lombok

"Siapa kita?" tanya Jokowi. "Indonesia!" jawab pengungsi

Jakarta, IDN Times- Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo memang tidak hadir langsung pada penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (2/9). Namun, ia bersama para korban gempa Lombok menonton momen sakral itu dari tenda pengungsian.  

"Hadirin yang berbahagia, saya ingin mohon maaf karena gak bisa hadir langsung. Saya bersama bapak Gubernur NTB berada di Lombok. Kami merasakan semangat yang sama dengan Anda yang ada di Gelora Bung Karno," kata Jokowi melalui video rekaman yang diputar di lokasi penutupan.  

1. Asian Games membawa kebaikan bagi dunia

Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi LombokDok. IDN Times

Jokowi turut mengatakan, meski Asian Games 2018 sudah berakhir, semangat "Energi Asia" yang menjadi jargon Asian Games 2018 tidak boleh  berakhir.    

"Asian Games 2018 memang berakhir sampai di sinii. Tapi energi dan semangat Asian Games gak akan padam. Salamat dan terima kasih untuk kontingen seluruh negara atas kehangatan dan semangatnya. Inilah 'Energi Asia yang sesungguhnya. Kita bersatu membawa kebaikan untuk dunia," lanjutnya.   

2. Jokowi senang dengan torehan emas yang didapat Indonesia

Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi Lombok(Presiden Joko Widodo (kanan) menyalami dan memberikan buku tabungan kepada lifter Eko Yuli Irawan (kiri) saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi para atlet yang berhasil mendulang medali. Ia turut senang karena medali yang didapat melebihi target yang sudah dicanangkan.  

"Saya apresiasi untuk kontingen Indonesia. Berkat optimisme dan semangatnya, medali emas jauh dari yang diharapkan. Sebuah perolehan tertinggi dalam sejarah Asian Games," tuturnya.  
 

3. Berterima kasih kepada rakyat Indonesia

Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi LombokDok. IDN Times

Kemudian, orang nomor satu di Indonesia itu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang menjaga kondusivitas selama perhelatan olahraga terbesar di benua Asia ini sukses hingga akhir.  

"Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada rakyat Indonesia yang buat Asian Games sukses. Kita suskses buat tuan rumah yang ramah bagi tamu. Semoga ini jadi enegri buat bangsa kita supaya makin maju dan bersatu," kata dia dari Lombok. 

4. Siapa kita? Indonesia!

Jokowi Nobar Penutupan Asian Games 2018 dari Tenda Pengungsi LombokANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Terakhir, sebelum menutup sambutannya, Jokowi mengajak warga Lombok dari tenda pengungsi untuk menunjukkan semangat Asian Games meski dilanda musibah. 

"Siapa kita?" tanya Jokowi yang tengah menggunakan kemeja putih. "Indonesia," jawab para pengungsi sembari mengepal tangan ke depan. "Sebagai penutup, mari kita berboda bagi saudara kita (di Lombok) untuk mengirimkan positif agar Lombok kembali pulih bahkan lebih baik," tutupnya. 

Baca Juga: Penutupan Asian Games 2018, Para Atlet Gunakan Jas Hujan 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You