Kerennya Jakabaring Sport City, Terapkan Konsep Hijau Nih

Coba deh joging keliling Jakabaring. Pasti langsung kurus

Palembang, IDN Times - Direktur Utama PT Jakabaring Sport City (JSC) Bambang Supriyanto mengklaim, kompleks olahraga Jakabaring yang saat ini digunakan untuk aktivitas Asian Games 2018 di Palembang merupakan kompleks olahraga terbaik di dunia.

"Di area Jakabaring ini sangat representatif dan yang paling bagus diantara atlet village dan komplek olahraga paling bagus di dunia," kata Bambang di kantor pusat Inasgoc di Jakabaring, Palembang, Minggu (20/8).

1. Semua fasilitas di JSC lengkap

Kerennya Jakabaring Sport City, Terapkan Konsep Hijau NihIDN Times/Vanny El Rahman

Kemudian, Bambang membeberkan sejumlah fasilitas yang dimiliki oleh JSC, seperti 22 venue pertandingan utama, 4 venue pendukung, 2 rumah ibadah, dan 1 sport science. "Semuanya itu dalam satu kawasan," tambahnya.

"Artinya, ini working distance banget. Semuanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Semuanya kalau dari sini (kantor pusat Inasgoc) bisa ditempuh dalam waktu 5-7 menitan," beber dia.

Baca Juga: Taman Teknologi, Wisata Petik Buah di Jakabaring

2. Lebih baik dari kompleks olahraga di Guangzhou

Kerennya Jakabaring Sport City, Terapkan Konsep Hijau NihIDN Times/Vanny El Rahman

Bambang menakar komplek olahraga di Guangzhou adalah salah satu yang terbaik di dunia. Dia mengakui bila ada beberapa fasilitas yang tidak dimiliki oleh JSC. Namun, dari segi akses, ia berani jamin bahwa JSC jauh lebih baik.

"Kita lokasi di tengah kota, Guangzhou agak di luar kota. Kita terhubung dengan LRT dan transportasi di (sungai) Musi. Ini kelebihan kita yang tidak ada di Guangzhou," ungkap Bambang.

3. Mengusung konsep go green

Kerennya Jakabaring Sport City, Terapkan Konsep Hijau NihIDN Times/Vanny El Rahman

Berdasarkan regulasi yang ditegakkan oleh JSC, kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil dilarang memasuki area JSC.

Untuk itu, Bambang beserta pihaknya telah menyediakan moda transportasi publik dan kendaraan berbasis listrik yang bisa digunakan untuk mobilitas di komplek olahraga seluas 325 hektar ini.

"Kami punya sepeda 150, golfcar 50 dengan kapasitas 14 orang ada 15 unit, kapasitas 12 orang ada 15 unit, kapasitas 6 orang ada 10 unit, yan kapasitas 4 orang ada 10 unit. Mobil Hidrogen sudah masuk tapi masih dalam pengisian ada 2 unit. Kemudian PLN juga memberikan 2 unit motor listrik," bebernya.

Kalau kamu sudah berkunjung ke Jakabaring Sport City, apa pendapat kamu? 

Baca Juga: Ini Rute Bus untuk Pengunjung di Kompleks Jakabaring

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya