Comscore Tracker

Presiden IOC Sebut 3 Alasan Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Kamu setuju gak kalau Indonesia jadi tuan rumah olimpiade?

Surabaya, IDN Times- Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengatakan, Indonesia memiliki nilai tawar untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Hal itu dinyatakannya setelah melihat kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.  

"Dengan kesuksesan Asian Games, kalian (Indonesia) telah membuktikan bahwa kalian bisa melakukannya (menjadi tuan rumah olimpiade)," kata Bach sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (2/9).  
 

1. Bach terkejut dengan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap olahraga

Presiden IOC Sebut 3 Alasan Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Olimpiade(Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kemudian, Bach mengaku terkejut dengan euforia masyarakat Indonesia terhadap event olahraga. Kesan positif yang didapatkannya menjadi modal lebih bila Indonesia serius untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah.  

"Bagi saya hal itu adalah kejutan yang sangat positif, saya tak menyangka bisa melihat semangat untuk olahraga seperti itu. Saya telah berbicara kepada banyak orang dan semuanya gembira. Itulah kenapa saya sangat yakin jika menggelar Olimpiade di sini pada 2032, semangat Olimpiade akan sangat hidup," tambah dia.  

2. Indonesia memiliki progres yang bagus di usianya yang masih muda

Presiden IOC Sebut 3 Alasan Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah Olimpiade(Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pertimbangan lain yang disampaikan oleh Bach adalah usia Indonesia yang masih sangat muda sebagai negara merdeka. Di usianya yang masih belum genap satu abad, potensi generasi muda Indonesia dilihat Bach begitu menjanjikan.  

"Dengan kaum muda kalian, kalian memiliki posisi yang bagus. Dan menjawab pertanyaan kalian, saya kira Indonesia akan memiliki peluang yang bagus," katanya.  

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Asian Games 2022, Bendera China Berkibar di GBK

3. Bach membayangkan olimpiade digelar di Asia Tenggara

Presiden IOC Sebut 3 Alasan Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah OlimpiadeANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Terakhir, Bach pernah membayangkan bila perhelatan olahraga terbesar di dunia digelar di Asia Tenggara. Sebab, dia masih menandai Afrika dan Asia Tenggara sebagai wilayah putih yang absen dari penyelenggaraan olimpiade.  

Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang memilih kans bagus untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. "Oleh karena itu saya bisa membayangkan menggelar Olimpiade di kawasan kalian. Di kawasan ini, saya kira Indonesia adalah salah satu tempat dan negara terbaik untuk melakukannya," tutupnya.  

Sebagaimana diketahui, Bach sempat menemui Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo pada Sabtu (1/9) lalu di Istana Bogor. Pada kesempatan itu, Jokowi mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah olimpiade musim panas 2032. 

Wah, bagaimana nih menurut kamu kalau Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade 2032?

Baca Juga: Asian Games 2018 Sukses, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2032

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Dwifantya Aquina

Just For You