Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Hari

Jangan sampai niat sehat justru berujung bencana

Bagi ada yang memiliki segudang aktivitas sejak pagi hari, tentu cukup kesulitan untuk mencari waktu olahraga, dan berolahraga dimalam hari setelah selesai dengan semua aktivitas merupakan salahsatu pilihan terbaik yang mungkin akan anda manfaatkan, waktu sebelum beristirahat mungkin cukup sesuai untuk anda sedikit melatih badan dan berolahraga. Namun perlu anda ketahui juga bahwa berolahraga dimalam hari memiliki banyak manfaat namun juga resiko di dalamnya. Maka, supaya anda bijak menatur waktu dan porsi olah raga malam anda, mari simak ulasan berikut ini.

1. Olahraga di malam hari lebih membentuk otot

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Haripixabay.com/lukaszdylka

Menurut Gladys Pearson, seorang psikolog yang mempelajari otot di Manchaster Meteopolitan University, berolahraga dimalam hari mempengaruhi hormon untuk membentuk otot lebih baik jika dibanding dengan olah raga dipagi hari. Ia juga mengatakan bahwa olahraga dimalam hari dapat meningkatkan kapasitas fisik hingga 30%. Jadi bagi kamu yang ingin berolahraga untuk membentuk otot tubuh menjadi lebih kekar, olahraga dimalam hari tentu cocok untukmu.

2. Selain untuk tubuh, juga mampu menjaga kesehatan jiwa

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Haripixabay.com/brenkee

Berolahraga dimalam hari juga membantu kamu melepaskan stres setelah seharian beraktivitas, udara dan suasana malam yang dingin dan tenang membuat jiwa dan pikiran lebih rilex, berolahraga dimalam hari juga baik untuk kulit karena mampu menghindari sinar UV dari matahari sehingga kulit kamu tak akan terbakar. Untuk hasil maksimal, cobalah berolahraga malan diantara udara luar yang terbuka ditemani bintang-bintang dan cahaya bulan, ini akan membantu pikiran mu terasa lebih damai dan tentram.

3. Namun justru membuat daya tahan tubuh berkurang

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Haripixabay.com/Skezee

Namun ternyata berolahraga malam jika tak diperhatikan betul waktu dan porsinya akan membuat daya tahan tubuh kamu justru melemah. Udara dingin dan angin malam yang berlebihan ditambah lelah seharian beraktivitas yang kemudian kamu lanjutkan dengan berolahraga, akan membuat tubuhmu kelelahan dan lebih mudah terserang flu atau masuk angin. Disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang berat setelah seharian beraktivitas yang melelahkan karena ini justru akan membuat tubuhmu drop dan kemudian sakit.

Baca Juga: Bikin Iri! 10 Potret Bella Shofie Pamer Body Goals Saat Olahraga

4. Oksigen yang sedikit di malam hari, memicu sesak nafas

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Hariklikdokter.com

Saat malam hari kandungan O2 diudara akan menipis, sementara saat berolahraga kamu akan membutuhkan banyak asupan oksigen untuk metabolisme tubuhmu. Dan jikakamu memaksakan untuk terlalu sering berolahraga terutama yang berolahraga berat ditengah lingkungan dengan kandungan oksigen yang kurang diudara akan memicu nafasmu menjadi sesak dan akhirnya tak mampu memenuhi kebutuhan oksigen untuk dialirkan bersama darah keseluruh tubuh. Dan ini tentunya tidak baik. 

5. Jika tak bijak mengaturnya dapat mengganggu waktu tidur

Hati-hati, Ini 5 Risiko & Manfaat Olahraga di Malam Harihttps://www.c2live.com

Kamu juga harus pandai dan bijak mengatur waktu untuk berolahraga dimalam hari. Karena alaminya,malam hari adalah waktu tubuh untuk tidur dan mengistirahatkan dirinya. Jika kamu terlalu berlebihan saat berolahraga malam, adrenalin dan suhu tubuh akan meningkat dan akhirnya membuat kamu sulit tidur karena tubuh menjadi segar. Jadi tetap perhatikan juga waktu istrahatmu, jangan lakukan olahraga jika suda terlalu larut, pastikan tubuhmu tidak kelelahan dan cukup beristirahat.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan, Kamu jadi Makin Fit Tiap Hari!

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 13:30:04

Progress: 771.001 dari 813.350 TPS (94.79326%)

Just For You