7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahan

#ANGPOIN Bukan sekadar permainan, lho

Panahan merupakan salah satu olahraga yang mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Olahraga ini tidak hanya dikhususkan untuk orang dewasa, melainkan juga berpengaruh pada tumbuh kembang anak-anak.

Nah, bagi orangtua yang masih ragu mendukung anak untuk menekuni olahraga panahan, berikut tujuh alasan berharga yang dapat dijadikan pertimbangan.

1. Panahan dapat melatih fokus pada setiap aktivitas anak

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahantrackersbay.com

Salah satu kemampuan yang terasah dalam olahraga panahan: fokus. Saat anak belajar memanah, ia akan belajar untuk fokus membidik sasaran atau target yang telah direncanakan. Melalui olahraga ini, anak juga dilatih untuk mengelola gangguan yang ada di sekitarnya. Hal ini sangat bermanfaat, khususnya dalam proses belajar anak di sekolah.

2. Proses memanah menuntut anak mandiri dan bertanggung jawab

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahanarchery360.com

Dalam olahraga panahan, setelah seorang pemanah menembakkan anak panahnya dan mengenai sasaran. Pemanah wajib mengambil sendiri anak panahnya. Pemanah pun perlu mempersiapkan dan merapikan peralatan panahan. Melalui proses ini, perlahan anak-anak akan belajar lebih bertanggung jawab dan mandiri dalam setiap aktivitas.

3. Menumbuhkan sikap optimis dan visioner

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahanarchery360.com

Setiap pemanah memiliki targetnya masing-masing. Pada dasarnya, musuhnya adalah dirinya sendiri. Selain itu, aturan di olahraga panahan sangat ketat. Jika melanggar, akan membahayakan, misalnya mengenai peralatan keamanan seperti pelindung dada dan lengan.

Melalui olahraga ini, anak dituntut untuk disiplin mematuhi aturan dan memiliki pikiran yang senantiasa positif dalam kesehariannya. 

Baca Juga: Ngabuburit Sambil Olahraga Panahan, Melatih Fokus dan Mental

4. Melatih anak untuk menerima kenyataan setelah memperjuangkan

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahaninstagram.com/bearpaw_products

Tentunya, pada saat memanah, pemanah diminta untuk memberikan energi dan usaha terbaiknya. Perihal hasil, di angka berapa pun anak panah akan mengenai sasaran sehingga mau tidak mau harus diterima. Hal ini melatih anak untuk senantiasa berjuang, namun juga realistis terhadap hasil yang diterima.

5. Melatih anak berani mengambil keputusan

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahankclu.org

Saat membidik sasaran dan telah yakin dengan bidikannya, pemanah dituntut untuk segera mengambil keputusan untuk melepaskan anak panah. Melalui proses ini, anak diajarkan untuk dapat mengambil keputusannya sendiri dan tentu berani menanggung apa pun hasil keputusannya.

6. Bukan hanya olahraga melatih fisik, namun mental dan juga pikiran

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahanormondbeachobserver.com

Olahraga panahan terbukti tidak hanya memberikan manfaat kesehatan fisik. Lebih dari itu, olahraga panahan juga melatih cara berpikir dan mental melalui setiap proses permainannya. 

7. Panahan membentuk dan memperbaiki karakter anak

7 Alasan Anak Harus Mencoba Olahraga Panahancampherrlich.org

Hal itu didapat melalui proses yang pelik, namun menyenangkan. Perlahan, olahraga panahan akan mampu membentuk karakter anak menjadi berani, tangguh, tidak menyerah, dan memunculkan sifat positif lainnya.

Untuk anak-anak yang awalnya pemalas, kurang percaya diri, dan nakal, olahraga panahan terbukti dapat memulihkan karakter tersebut jika ditekuni.

Itu tadi tujuh alasan agar orangtua mengikutsertakan anak-anaknya berolahraga panahan. Selain menyenangkan, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan untuk si buah hati tersayang.

Baca Juga: Siapkan Pra PON, Perpani Sumsel Jaring Atlet Panahan

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya