Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!

Berbentuk segi lima dengan ukuran tertentu

Mungkin kamu masih asing dengan olahraga bernama rounders. Sepintas, olahraga ini mirip dengan olahraga bola kasti, baseball, atau softball. Keempatnya sama-sama menggunakan bola kecil yang dipukul menggunakan tongkat pemukul. Rounders juga dimainkan oleh dua regu, yaitu regu penjaga dan regu pemukul.

Namun, ada perbedaan rounders dengan olahraga sejenisnya, yaitu salah satunya terletak pada bentuk lapangannya. Seperti apa bentuk lapangan rounders dan ukurannya? Berikut IDN Times sajikan penjelasan lengkapnya. Simak di bawah ini, ya!

1. Apa itu olahraga rounders?

Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!Perbedaan kasti dan rounders berdasarkan durasi permainan (canva.com)

Sebelum membahas bentuk lapangan rounders, kamu perlu mengetahui terlebih dulu tentang olahraga rounders itu sendiri. Rounders merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Olahraga ini menggunakan bola kecil dengan teknik-teknik dasar seperti melempar, memukul, menangkap, menghindari bola, hingga mengecoh tim lawan.

Suatu pertandingan rounders dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga. Bola yang digunakan adalah bola tenis. Lalu, ada tumpukan batu yang harus disusun oleh suatu regu. Regu yang bisa menumpuk batu-batu tersebut dengan cepat tanpa ada pemain regunya yang terkena bola, maka akan keluar sebagai pemenang.

Sebelum memulai permainan, biasanya akan ditentukan terlebih dulu siapa yang menjadi regu penjaga dan regu pemukul. Lalu, regu penjaga harus segera menangkap bola setelah tumpukan batu dijatuhkan oleh regu pemukul. Jika bola mengenai pemain lawan, maka regu tersebut harus menjaga tumpukan batu.

2. Bentuk lapangan rounders

Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!Ilustrasi lapangan rounders (Dok. Pribadi/IDN Times)

Bentuk lapangan rounders adalah segi lima. Setiap sudut pada lapangan rounders memiliki fungsi sebagai base atau tempat berhenti para pemain dalam suatu pertandingan rounders. Terdiri dari base I, II, III, IV, dan V. Base V adalah home base.

Lebih lanjut mengenai sudut lapangan rounders, di luar base V terdapat titik untuk posisi catcher dan di belakangnya lagi ada pembantu. Kemudian sejajar lurus dengannya, ada posisi bowler atau pemukul yang berdiri di tengah lapangan.

3. Ukuran lapangan rounders

Ini Bentuk Lapangan Rounders dan Ukurannya, Terlengkap!ilustrasi lapangan rounders (unsplash.com/Antoine Schibler)

Ada beberapa ketentuan dalam ukuran lapangan rounders. Berikut penjelasannya:

  • Jarak antar base atau setiap sisi lapangan adalah 15 meter.
  • Setiap base memiliki luas sekitar 40 x 40 cm.
  • Terdapat tiang tegak sebanyak empat buah sepanjang 1,3 meter yang dipasang di empat sudut.
  • Jarak antara bowler dan base V adalah 9 meter.
  • Jarak antara bowler dan base IV serta base I, masing-masing adalah 15 meter.
  • Tempat pelempar bola memiliki luas 2,5 x 2,5 meter.
  • Tempat pemukul memiliki luas 2 x 2 meter.

Demikianlah penjelasan tentang bentuk dan ukuran lapangan rounders secara lengkap. Semoga informasi ini bisa menjadi wawasan baru untuk kamu dan bisa mempraktikkan permainan ini di sekolah atau lapangan bersama teman-temanmu.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Permainan Rounders dan Cara Melakukannya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya