Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bisa dimainkan indoor maupun outdoor

Sepak takraw adalah olahraga beregu dengan bola kecil yang terbuat dari rotan atau plastik sintetis. Setiap regu terdiri dari tiga pemain yang harus berusaha mempertahankan bola agar tidak jatuh di area timnya dan menjatuhkan bola di area lawan agar mendapat angka.

Olahraga ini sekilas merupakan gabungan sepak bola dan voli. Namun, ukuran lapangan takraw tidak seluas sepak bola yang berukuran 90-120 meter atau voli yang berukuran 18 x 9 meter. Sepak takraw memiliki ukuran lapangan dengan panjang dan lebar tertentu yang perlu kamu ketahui.

Lantas, berapa ukuran lapangan takraw? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Ukuran lapangan

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan LengkapnyaIlustrasi takraw. IDN Times/Vanny El Rahman

Lapangan sepak takraw umumnya menggunakan alas kayu, semen, atau vinyl, tergantung apakah indoor atau outdoor. Secara umum, ukuran lapangan takraw adalah 13,4 x 6,1 meter. Jika dalam ukuran kaki, yaitu 44 x 20 kaki.

Pada lapangan indoor, tinggi atap bangunan untuk sepak takraw minimal 8 meter dari lantai. Tujuannya supaya permainan bisa berjalan lebih lancar tanpa takut bola akan mengenai atap.

2. Garis pinggir lapangan

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan Lengkapnyailustrasi sepak takraw (sepaktakraw.co)

Setelah mengetahui ukuran lapangan takraw, kamu juga wajib tahu ukuran tiap garisnya. Garis pinggir lapangan takraw merupakan garis yang biasanya berwarna putih untuk menandakan area bermain takraw dengan luas 13,4 x 6,1 meter tadi. Biasanya untuk lapangan indoor, garis ini dibuat menggunakan cat atau lakban putih. Sementara lebar garis pinggir ini adalah 4 cm.

3. Garis tengah lapangan

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan LengkapnyaIlustrasi: Tim Sepak Takraw Double Event Sulawesi Selatan bertanding di PON XX Papua 2020. ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Pada lapangan sepak takraw, terdapat garis di tengah yang membagi area permainan menjadi dua bagian. Pada ujung garis tersebut atau sisi tepi lapangan, terdapat setengah lingkaran yang memiliki jari-jari sepanjang 91 cm. Maka pada setiap area permainan sebuah tim terdapat seperempat lingkaran yang tegak lurus dengan garis tengah.

4. Area untuk servis

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan LengkapnyaANTARA FOTO/INASGOC/Ferdy Siregar/nz/18

Terdapat tempat untuk melakukan tendangan servis pada lapangan takraw. Tempat ini berbentuk lingkaran yang terletak di tengah area permainan sebuah tim. Lingkaran tersebut memiliki diameter 60 cm dan terdapat pada masing-masing area permainan.

Lingkaran tersebut memiliki jarak dengan garis belakang lapangan (baseline), yaitu 2,45 meter. Sementara jarak lingkaran dengan garis tengah (centre line) adalah 4,25 meter. Lalu, jaraknya dengan garis tepi (side line) adalah 3,05 meter.

5. Tiang net

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan LengkapnyaPartai Final Sepak Takraw Putra Double antara Sulawesi Selatan melawan Jawa Timur di GOR Trikora UNCEN Jayapura. Rabu, (29/09/2021). Dok. PB PON XX PAPUA/Ardy Alvez

Net pada sepak takraw berfungsi untuk membatasi area atau wilayah kedua regu yang bermain. Tiang net pada sepak takraw pada umumnya terbuat dari bahan besi dengan tinggi 155 cm dan diameter 4 cm. Namun, ada perbedaan tinggi antara kategori putra dan putri untuk pertandingan resmi nasional maupun internasional.

Dalam pertandingan kategori putra, tinggi net adalah 155 cm dan bagian tengahnya 152 cm. Sedangkan untuk kategori putri, tinggi netnya adalah 145 cm dan bagian tengahnya 142 cm.

Selain itu, pemasangan tiang net pada lapangan takraw juga tidak boleh sembarangan. net harus dipasang minimal 30 cm dari garis tepi lapangan.

Baca Juga: Lena & Leni, Si Kembar Atlet Sepak Takraw Indonesia yang Menginspirasi

6. Area bebas

Berapa Ukuran Lapangan Takraw? Ini Penjelasan LengkapnyaIDN Times/Vanny El Rahman

Area bebas pada lapangan sepak takraw berfungsi sebagai area kosong untuk menjaga keamanan dan kenyamanan setiap pemain maupun orang-orang yang terlibat dalam suatu pertandingan takraw. Area bebas berfungsi agar pertandingan tidak terganggu dan bisa berjalan dengan lancar. Area ini memiliki jarak minimal 3 meter dari garis luar lapangan.

Di tepi-tepi dan sekeliling area ini pun juga terdapat enam hakim garis yang akan mengawasi pertandingan dan garis lapangan. Sementara wasit utama akan duduk di kursi setinggi 1,5 meter atau setinggi net.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap tentang ukuran lapangan takraw yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi wawasan baru buat kamu, ya!

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Sepak Takraw yang Wajib Kalian Kuasai, Apa Saja?

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya