Comscore Tracker

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit Buriram

Memiliki lintasan lurus terpanjang

Buriram, IDN Times – Adu balap MotoGP akan kembali digelar di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Minggu (6/10). Ini akan menjadi balapan paling menentukan sepanjang musim ini.

Sebab pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, hanya membutuhkan tambahan dua poin untuk bisa menyegel gelar juar dunia. Mengingat performanya yang konsisten sepanjang musim ini, besar kemungkinan Marquez akan mengklaim gelar juara pada Ahad nanti.

Jika Marquez sukses mengantongi setidaknya dua poin, maka ini akan menjadi gelar juara dunia keempat yang diraihnya secara beruntun sejak 2016, sekaligus menjadi gelar juara dunia keenam Marquez di MotoGP.

Nah, sebelum balapan digelar, yuk kita intip dulu fakta-fakta menarik di balik Sirkuit Internasional Chang.

1. Menghabiskan dana 2 milliar Baht (Rp 926 miliar)

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit BuriramIDN Times/Dwi Agustiar

Dilansir dari laman resmi Buriram Times, sirkuit ini dirancang oleh Herman Tilke, seorang arsitektur asal Jerman yang juga dikenal sebagai perancang beberapa sirkuit Formula 1. Untuk pembangunan sirkuit ini, dibutuhkan sekitar 2 miliar Baht atau sebesar Rp926miliar .

Baca Juga: Alami Kecelakaan Hebat, Marc Marquez Tetap Tampil di MotoGP Thailand

2. Baru digunakan untuk MotoGP sejak 2018

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit BuriramIDN Times/Dwi Agustiar

Yap, benar sekali bahwa ajang balap motor berskala internasional, MotoGP baru satu tahun digelar di sirkuit ini sebab Gubernur Otoritas Thailand, Sakon Wanapong, menekan kontrak dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, sebagai bentuk perjanjian bahwa sirkuit Buriram akan digunakan untuk MotoGP selama 3 tahun, dari 2018 – 2020.

3. Salah satu sirkuit dengan lintasan lurus terpanjang

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit BuriramIDN Times/Dwi Agustiar

Lintasan lurus sepertinya sudah menjadi favorit semua orang, mulai dari pembalap sampai gamer yang memainkan game balap, karena lintasan tersebut adalah momen paling cocok dan mudah untuk mengambil alih posisi dalam balapan.

Terkait lintasan lurus ini, Sirkuit Internasional Buriram memiliki dua lintasan lurus terpanjang, dan salah satunya berjarak satu kilometer penuh. Lurusan ini memungkinkan motor-motor tersebut untuk melaju hingga kecepatan 300 – 315 km/h.

4. Memiliki tikungan paling sedikit

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit Buriramcoracingspace.com

Selain memiliki dua trek lurus terpanjang, sirkuit ini rupanya juga memegang gelar sebagai sirkuit dengan tikungan paling sedikit, yakni hanya sebanyak 12 tikungan. Tapi jangan dianggap remeh, tikungan pada sirkuit ini termasuk yang paling sulit karena tiap tikungan memerlukan teknik berbeda-beda agar pembalap dapat melewatinya dengan cepat.

5. Mampu menampung 50.000 penonton

MotoGP Digelar di Thailand, Ini Fakta Menarik Sirkuit BuriramIDN Times/Dwi Agustiar

Sirkuit Internasional Buriram mampu menampung sebanyak 50.000 penonton, dan lokasi penonton ini sangat strategis hingga bisa melihat sembilan tikungan karena jarak podium penonton dan kesembilan tikungan tersebut cukup dekat. Seru banget, ya!

Baca Juga: Lindungi Pembalap Saat Kecelakaan, Ini Kecanggihan Wearpack MotoGP

Topic:

  • Yohanes Nugroho
  • Dwi Agustiar

Just For You