Sumbang Medali Emas, Hendro Yap Pecahkan Hattrick dan Rekor SEA Games

Kami bangga padamu!

Setelah proses yang panjang nan melelahkan sekaligus bermodal latihan yang kurang, atlet jalan cepat Hendro Yap akhirnya berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2017, Hendro berhasil memenangi lomba jalan cepat nomor 20.000 meter yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8).

Saat itu, Hendro yang berlaga di nomor 20 km tampil sebagai pemenang setelah menorehkan catatan waktu 1 jam 32 menit 11 detik. Bukan itu saja, ia juga berhasil mengalahkan dua wakil tuan rumah, Lo Choon Sieng (1 jam 32 menit 28 detik) dan M Khairil Harith (1 jam 34 menit 4 detik).

Dengan kemenangannya, Menjadi Kado Manis dari Hendro Yap untuk Malaysia.

Sumbang Medali Emas, Hendro Yap Pecahkan Hattrick dan Rekor SEA Gameskompas.com

Hendro tidak hanya meraih medali emas, namun dia sukses menumbangkan rekor SEA Games Kuala Lumpur 2017 saat ini. Pasalnya atlet jalan cepat asal Jawa Barat itu berhasil menumbangkan sekaligus memecahkan rekor 18 tahun atas nama Harbans Singh Narinde dari Malaysia. 

Dengan kemenangannya, ia mencatatkan waktunya satu jam 32 menit 11 detik berhasil menggantikan waktu Harbans yakni 1 jam 33 menit 47 detik yang di hasilkan pada SEA Games 1999 lalu di Brunei Darussalam, dalam buku catatan rekor Asia Tenggara.

Namun sebelumnya, seperti ditulis oleh Pikiran Rakyat, ia juga menyinggung dengan kegiatan belajarnya di Spanyol, yang membuat dia baru menjalani persiapan intensif  menuju SEA Games ini pada dua bulan terakhir. Hingga dia pun di awal memandang pesimis jika bisa memperoleh medali, apa lagi memecahkan rekor lawas yang sudah lama tak terpecahkan.

Seusai menang, ia juga mengomentari bahwa kemenangan ini juga ia persembahkan untuk pembalasan dengan kado manis untuk Malaysia yang telah menghina bendera Indonesia di dalam buku panduan Sea Games 2017 tersebut.

"Secara resmi persiapan, saya bisa dikatakan nol sama sekali. Tapi inilah kehendak Tuhan dan hasil ini juga berkat doa dari seluruh bangsa Indonesia. Ini pembalasan manis untuk Malaysia yang kemarin sempat mencela dan menghina bendera Indonesia," ujarnya.  

Selain memecahkan rekor, Hendro juga sukses membuat hat-trick.

Sumbang Medali Emas, Hendro Yap Pecahkan Hattrick dan Rekor SEA Gameskompas.com

Sukses Hendro meriah emas di ajang ini, bukanlah yang pertama. Dia berhasil mencatatkan hattrick emas pada tiga gelaran SEA Games 2013, 2015, dan kali ini pada Sea Games 2017 di Malaysia.  

Selain di level internasional, prestasi Hendro di tingkat nasional juga tak kalah membanggakan. Di ajang PON 2016 yang berlangsung di Jawa Barat, Hendro juga meraih medali emas. Bahkan, catatan yang ditorehkan Hendro di ajang tersebut, jauh lebih baik dari Sea Games, yaitu 1 jam 28 menit 53 detik. 

Dengan keberhasilan Hendro ini, membuat pundi medali Indonesia bertambah menjadi 12 di klasemen perolehan medali SEA Games 2017. Ini adalah medali pertama yang didapat dari cabang olah raga atletik. Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) kini tinggal mencari enam medali emas tambahan, sesuai dengan target mereka.

Sekali lagi, selamat ya buat Hendro Yap yang sudah berhasil menyumbangkan emas sekaligus menjadi kado pembalasan yang manis dari insiden Bendera terbalik di Malaysia kemarin. Kami bangga padamu, bro!

Zother Veregrent Photo Verified Writer Zother Veregrent

Pria musim semi yang Ambivert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya