Hanya Bertugas 3 Bulan, Amilton Silva Mundur Sebagai Pelatih Persipura

Kebersamaan yang amat singkat bersama tim Mutiara Hitam

Setelah I Putu Gede Dwi Santoso mundur dari jabatan pelatih Perseru Serui, kini tetangga mereka yakni Persipura Jayapura mengalami nasib serupa. Amilton da Silva Oliveira resmi akhiri kebersamaan dengan juara tiga kali Liga Indonesia tersebut terhitung sejak hari Selasa (25/9) lalu. Tak cuma Amilton, asisten pelatih Fabio Oliviera pun lakukan hal serupa.

"Keduanya mengundurkan diri. Kemarin (Senin 24/9) kami adakan pertemuan evaluasi beberapa pertandingan terakhir. Amilton berpendapat jika situasi dalam tim tidak sesuai dengan apa yang diharapkan," tutur Bento Madubun, asisten manajer Persipura, seperti yang terlihat dalam video unggahan kanal YouTube resmi persipurapapua 1963.

1. Kondisi kurang harmonis disebut sebagai faktor utama hengkangnya Amilton

Hanya Bertugas 3 Bulan, Amilton Silva Mundur Sebagai Pelatih PersipuraLiga-Indonesia.id

Bertugas sejak awal Juli sebagai pengganti Peter Butler, juru taktik asal Brasil tersebut telah mendampingi Boaz Solossa dan kawan-kawan selama 10 partai, dengan rincian 9 di Liga 1 dan sisanya dalam ajang Piala Indonesia. Sebanyak 4 pertandingan berhasil dimenangkan, 4 kali kalah ditambah sepasang hasil imbang.

Sayang, kondisi tak harmonis disebut sebagai faktor utama Amilton beserta asistennya hengkang. Tak ingin situasi berubah menjadi lebih buruk, keputusan berpisah pun diajukan kepada manajemen yang kemudian disetujui. Alhasil, kemenangan 1-0 atas Arema FC pada Sabtu (22/9) lalu jadi tugas terakhirnya.

2. Mundur dari posisi pelatih pun jadi satu-satunya pilihan

Hanya Bertugas 3 Bulan, Amilton Silva Mundur Sebagai Pelatih PersipuraLiga-Indonesia.id

"Apa yang dipikirkan coach ada baiknya juga. Kalau mereka bertahan, situasinya tidak bagus juga. Kami berterima kasih juga ada keputusan seperti ini. Artinya, mereka masih memikirkan kondisi tim. Mungkin inilah jalan yang terbaik," imbuh Bento.

Padahal jika menilik rencana semula, Amilton dikontrak untuk sisa musim atau hingga Desember mendatang. Artinya, durasi menetapnya di Stadion Mandala hanya setengah dari kesepakatan. Di sisi lain, performa inkonsisten yang belum terpecahkan berujung pada melorotnya Mutiara Hitam ke papan tengah klasemen sementara.

3. Oswaldo Lessa naik pangkat dari pelatih fisik ke juru taktik

Hanya Bertugas 3 Bulan, Amilton Silva Mundur Sebagai Pelatih PersipuraInstagram.com/persipurapapua1963

Untuk sementara, latihan dipimpin oleh sang pelatih fisik Oswaldo Lessa sejak hari Rabu (29/9) pagi kemarin. Dirinya pun tergolong bukan orang baru, mengingat Lessa pernah menukangi klub besar di Indonesia Timur ini dari kurun waktu 2015-16.

Persipura tengah menduduki posisi ke-8 klasemen sementara Liga 1, bersaing ketat dengan Borneo FC serta Persela Lamongan yang mengintai dari bawah. Seiring penundaan sementara kompetisi Liga 1, mereka pun kini sibuk dengan program latihan sembari mencari lawan untuk latih tanding.

Baca Juga: Gagal Bawa Tim ke Papan Tengah, I Putu Gede Mundur dari Perseru Serui

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya