Comscore Tracker

Antar Portugal ke Final UEFA Nations League, Pelatih Sanjung Ronaldo

Pujian setinggi langit untuk CR7!

Ambisi Portugal mengawinkan gelar Euro 2016 dan UEFA Nations League 2018/19 selangkah lagi terwujud. Bersua Swiss di Estadio do Dragao Porto pada Kamis (6/6) dinihari tadi, Selecao das Quinas menekuk sang lawan dengan skor telak 3-1.

Turun dengan kekuatan penuh, sang kapten tim Cristiano Ronaldo menjadi bintang dalam laga tersebut. Penggawa Juventus itu lesakkan trigol alias hattrick ke gawang Yann Sommer. CR7 membuka keunggulan melalui tendangan bebas khasnya di menit ke-25.

Swiss sempat samakan skor menjadi 1-1 lewat penalti Ricardo Rodriguez. Usai melakukan peninjauan VAR atas insiden jatuhnya Steven Suber, wasit Felix Brych menunjuk titik 16 pas. Namun, tambahkan sepasang gol Ronaldo di menit ke-88 dan 90 hempaskan Die Nati.

1. Pelatih Portugal, Fernando Santos, menyebut Cristiano Ronaldo sebagai "jenius sepak bola"

Antar Portugal ke Final UEFA Nations League, Pelatih Sanjung RonaldoUEFA.com/Getty Images

Berbicara dalam sesi jumpa pers setelah waktu normal rampung, pelatih Portugal yakni Fernando Santos mengirim pujian setinggi langit kepada Ronaldo yang tampil amat ciamik malam itu. "Saya telah menggunakan banyak istilah untuk menggambarkan Ronaldo. Saya adalah pelatihnya saat ia bermain di Sporting Lisbon dulu. Saya tahu betul potensinya. Dia jenius. Ada pelukis jenis dan pemahat jenius, dan dia-lah pesepak bola jenius," pungkas Santos seperti dilansir oleh UEFA.com.

Eks juru taktik Yunani itu turut berujar jika Swiss adalah lawan yang sulit lantaran bermain taktis sepanjang 90 menit. Beruntung ia memiliki trio Bernardo Silva - Ronaldo - Joao Felix yang tak henti-hentinya membombardir sektor belakang lawan. Santos tak ragu mentimpulkan bahwa trisulanya kian padu dari waktu ke waktu. Padahal mereka hanya punya dua sesi latihan sebelum bertanding.

Masalah justru hadir di tembok belakang. Bek tengah Pepe terpaksa ditarik pada menit ke-63 akibat masalah di lengan kanannya. "Pepe sedang dalam perawatan, namun kami masih mengamati situasi. Yang jelas, seluruh pemain sudah siap," tutup Santos.

Baca Juga: Hattrick Cristiano Ronaldo Bawa Portugal ke Final UEFA Nations League

2. Meski tampil dominan sepanjang 90 menit, Swiss harus takluk akibat pemain bintang lawan yang menjadi pembeda

Antar Portugal ke Final UEFA Nations League, Pelatih Sanjung RonaldoUEFA.com/Getty Images

Dari kubu Swiss, sang pelatih yakni Vladimir Petkovic mengucap selamat kepada Portugal. Kendati dominan sepanjang laga (penguasaan bola mencapai 54 persen), Die Nati lebih cerdik dalam memanfaatkan setiap peluang serta memiliki seorang pembeda bernama Cristiano Ronaldo.

"Mereka memang lawan yang sangat kuat, tetapi selama 90 menit kami berhasil mengimbangi sekaligus menyulitkan tim Portugal. Situasinya persis ketika berhadapan dengan Denmark (laga kualifikasi Euro 2020 pada Maret silam, skor 3-3). Ada banyak peluang namun tak kunjung berbuah gol. Kami malah kecolongan serangan balik. Pemain bintang mereka adalah pembeda," tukas pria keturunan Bosnia itu dalam kesempatan yang sama.

Lebih jauh, Petkovic turut angkat suara perihal penalti VAR yang diberi Brych. "Pelanggarannya memang tidak begitu jelas. Tapi keputusan itu sudah tepat dan sesuai dengan aturan, wasit bekerja sangat baik malam ini," tambahnya.

3. Masih ada laga perebutan tempat ketiga UEFA Nations League 2018/19 yang harus dilakoni skuad Die Nati

Antar Portugal ke Final UEFA Nations League, Pelatih Sanjung RonaldoUEFA.com/Getty Images

Portugal kini menunggu lawan mereka di partai puncak helatan sepak bola negara-negara teras Eropa pada Senin (10/6) mendatang. Partai semi final lain, Belanda versus Inggris, baru berlangsung pada Jumat (7/6) dini hari nanti di Estadio D. Afonso Henriques kota Guimaraes.

Di sisi lain, Swiss bakal lakoni laga play-off perebutan tempat ketiga pada hari Minggu (9/9) malam.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

Portugal (4-1-2-1-2) :

Rui Patricio; Nelson Semedo, Pepe (Jose Fonte, 63'), Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Ruben Neves; Bruno Fernandes (Joao Moutinho, 90+1'), William Carvalho; Bernardo Silva; Joao Felix (Goncalo Guedes, 70'), Cristiano Ronaldo

Swiss (3-5-1-1) :

Yann Sommer; Fabian Schär, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Kevin Mbabu, Denis Zakaria (Edimilson Fernandes, 71'), Granit Xhaka, Remo Freuler (Josip Drmic, 89'), Steven Zuber (Renato Steffen, 83'); Sherdan Xhaqiri; Haris Seferovic.

Baca Juga: Ini Dia Skuad Lengkap Empat Finalis UEFA Nations League 2018/19

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You