Kiat Klub-klub Liga 1 Siasati Masa Vakum Kompetisi

Ada yang libur hingga jadwalkan uji coba

PSSI menghentikan sementara kompetisi Liga 1 sejak hari Selasa (25/9) pekan lalu hingga waktu yang belum ditentukan. Kasta tertinggi sepak bola Indonesia ini kembali didera masalah berat. Sehingga membutuhkan waktu dan tenaga tak sedikit untuk menyelesaikannya. Keputusan pihak federasi ini mendapat respon beragam dari klub peserta.

PSM Makassar, yang saat ini duduk di peringkat dua, tetap jalani latihan seperti biasa. Sang pelatih, Robert Rene Alberts, mengaku hal ini adalah satu-satunya alternatif mengisi masa kosong. Lebih jauh, sang meneer memastikan tak ada rencana uji coba apapun untuk skuat Juku Eja dalam waktu dekat

1. PSM Makassar tak jadwalkan uji coba apapun

Kiat Klub-klub Liga 1 Siasati Masa Vakum KompetisiInstagram.com/psm_makassar

Perihal tragedi di Bandung pekan silam, Robert berharap masalah tersebut segera menemui titik terang. "Ini tidak menguntungkan untuk siapa pun. Kita ada di sini untuk mengembangkan sepak bola Indonesia," imbuhnya seusai sesi latihan bersama pada Kamis (27/9) lalu seperti dilansir oleh laman resmi klub PSMMakassar.co.id.

Hal serupa juga dilakoni oleh Persija Jakarta. Stefano Cugurra selaku juru taktik bertutur jika 'libur dadakan' bakal berimbas pada menukiknya level kebugaran. Sosok yang akrab dengan sapaan Teco tersebut mengaku langkah ini adalah bentuk 'jaga-jaga' jika pekan ke-24 tiba-tiba diumumkan kembali bergulir.

2. Persija tetap jalankan latihan sebagai bentuk "jaga-jaga"

Kiat Klub-klub Liga 1 Siasati Masa Vakum KompetisiPersija.id

"Sekali lagi ketika kamu tidak tahu kapan main, tentu susah bagi pelatih buat program. Takutnya tiba-tiba langsung main maka dari itu kami juga membuat program yang sesuai. Selain itu ini juga salah satu bentuk variasi agar pemain selalu siap jika nantinya kembali bertanding," tukas Teco pada Senin (1/10) pagi kepada Persija.id.

Dari kubu Persebaya Surabaya, program latihan Rendi Irwan beserta kolega diselingi uji tanding melawan klub-klub lokal. Menurut Persebaya.id, Djadjang Nurjaman rupanya ingin mengenal lebih dalam tim yang belum genap sebulan diasuhnya tersebut. Pemain-pemain yang sebelumnya duduk manis di bangku cadangan diberi kesempatan unjuk gigi.

3. Persebaya selingi program latihan dengan uji tanding dengan klub lokal

Kiat Klub-klub Liga 1 Siasati Masa Vakum KompetisiPersebaya.id/Satrio Wicaksono

"Tujuan uji coba, yang pertama mengganti pertandingan yang batal. Supaya pemain tetap menjalankan latihan yang telah kami rancang selama sepekan kemarin. Kedua agar bisa mengetahui kemampuan pemain yang jarang tampil. Saya harap liga jangan terlalu lama (berhenti). Bakal repot mengatur jadwal latihan," tandas eks penggawa Persib era 1990-an tersebut selepas laga kontra PS KoPa, Sabtu (29/9) kemarin.

Langkah berbeda justru ditempuh oleh Borneo FC. Klub asal Samarinda ini sempat meliburkan para pemainnya sejak Sabtu (29/9) lalu. "Pemain kita beri libur untuk memberi mereka waktu berkumpul dengan keluarga. Berhentinya kompetisi sementara ini membuat pemain bakal stress, kita antisipasi dengan hal ini," tutur asisten pelatih Pesut Etam, Ahmad Amiruddin. Diego Michiels cs sudah kembali berlatih pada Senin (1/10) sore.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya