Comscore Tracker

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!

Saling waspada satu sama lain demi satu tempat di final

Arab Saudi tengah membidik Olimpiade Tokyo 2020. Terakhir kali tampil pada Atlanta 1996, mereka harus absen dalam lima edisi terakhir cabang olahraga sepak bola. Sang pelatih kepala, Saad Al-Shehri, rupanya sudah tak sabar menjajal Uzbekistan si juara bertahan saat berjumpa di Thammasat Stadium, Rabu (22/1) sore.

Akan tetapi, sekadar lolos ke Olimpiade saja dianggapnya tak cukup. Satu tempat di final memang sudah bagus. Namun, mereka coba menggapai target lain: menjadi juara. Rupanya rasa penasaran masih belum hilang sejak The Green Falcons hanya menjadi finalis di Piala Asia U-23 2014.

1. Arab Saudi diminta menjaga fokus sepanjang 90 menit

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!the-afc.com

Dalam sesi jumpa pers pada hari Selasa (21/1), Al-Shehri menyebut Uzbekistan sebagai lawan yang menjanjikan kesulitan. Sedikit saja kesalahan diperbuat anak asuhnya, maka taktik yang dibangun segera buyar. Kemenangan 1-5 atas Uni Emirat Arab di perempat final jadi bukti betapa bahayanya kawanan Serigala Putih.

"Selama bertanding esok, kami akan mencoba menjaga fokus. Kami takkan mengubah gaya bermain, sekaligus coba meredam setiap ancaman Uzbekistan. Saya percaya tim ini sudah benar-benar. Final sangat penting bagi kami. Sejak turnamen dimulai, para pemain kini lebih percaya diri," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi the-afc.com.

2. Pelatih Ayman Al-Khulaif dkk, Saad Al-Shehri, bersyukur atas masa istirahat yang sehari lebih banyak

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!the-afc.com

Selain itu, Ayman Al-Khulaif beserta kolega bersyukur lantaran punya waktu istirahat sehari lebih banyak. Ini sangat membantu proses memulihkan performa dan kebugaran. Masa recovery pun dimanfaatkannya memperbaiki masalah fisik dan mental akibat jadwal padat.

"Saya tahu bahwa untuk partai sepenting ini, para pemain harus sepenuhnya siap secara mental dan fisik. Mereka pun harus menjaga konsentrasi sepanjang 90 menit dan siap menghadapi segala kemungkinan di lapangan nanti," tutup Al-Shehri.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Pelatih Uzbekistan Sebut Timnya Penuh Kualitas

3. Ljubinko Drulovic, juru taktik Uzbekistan, menyebut kualitas para pemain sebagai kunci permainan

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!the-afc.com

Uzbekistan pun memandang laga ini dengan sangat serius meski hanya punya jangka tiga hari untuk menyegarkan kondisi tim. Tiket Olimpiade 2020 memang penting untuk skuad White Wolves. Di sisi lain, mereka sadar bahwa Arab Saudi juga termasuk tim dengan segudang pemain mumpuni.

Tekanan memang tak bisa dihindari. Namun sang pelatih, Ljubinko Drulovic, percaya dengan kualitas anak asuhnya.

"Kami wajib melakukan yang terbaik untuk menang di laga ini. Arab Saudi adalah tim kuat, tapi kami sudah siap. Kami punya barisan pemain berkualitas yang ingin unjuk gigi," paparnya dalam kesempatan terpisah.

4. Skuad White Wolves membidik dua target: mempertahankan gelar dan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!the-afc.com

Menyoal taktik, juru taktik asal Serbia itu menyebut UEA dan Uzbekistan adalah dua tim yang sangat berbeda. Satu atau dua gol disebut akan menentukan jalannya pertandingan. Alhasil, ia mewanti-wanti Islom Kobilov dkk untuk tidak melepas ciri permainan ofensif cepat.

"Jika berhasil menang, kami akan tampil di final dan lolos ke Olimpiade. Dua-duanya tentu momen bersejarah. Saya percaya seluruh pemain Uzbekistan akan berusaha membuktikan siapa yang lebih baik dan lebih kuat di lapangan," pungkas Drulovic.

5. Akankah The Green Falcons maju ke partai puncak Piala Asia U-23 2020?

Piala Asia U-23 2020: Arab Saudi vs Uzbekistan, Awas Serigala Putih!the-afc.com

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Arab Saudi (4-2-3-1)

Mohammed Al-Yami (GK); Saud Abdulhamid, Hassan Tombakti, Abdulbassit Hindi, Khaled Al-Dubaish; Ali Al-Hassan, Mukhtar Ali; Ayman Al-Khulaif, Sami Al-Najei, Khalid Al-Ghannam; Abdullah Al-Hamdan

Uzbekistan (4-4-1-1)

Abduvakhid Nematov (GK); Khojiakbar Alijonov, Islom Kobilov, Khusniddin Alikulov, Ilkhom Alijanov; Jasurbek Yakhshiboev, Abdulla Abdullaev, Azizjon Ganiev, Sanjar Kodirkulov; Oybek Bozorov; Bobur Abdikholikov.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Ini Enam Catatan Unik Para Semifinalis

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya