Arema FC dan Madura United Gelar Laga Amal untuk Mendiang Haringga

Bentuk solidaritas dari sesama klub Jawa Timur

Publik sepak bola Indonesia jelas amat terpukul dengan insiden tewasnya mendiang Haringga Sirla pada hari Minggu (23/9) lalu. Peristiwa tersebut tak hanya menjadi tragedi olahraga nasional, namun juga puncak gunung es rivalitas tak sehat antar suporter sekaligus bahan pelajaran PSSI dan pihak keamanan.

Rasa prihatin pun turut diutarakan oleh klub-klub Indonesia, tak hanya dari Persib dan Persija saja. Banyak pula yang menunjukkan dengan perbuatan, diantaranya dua klub sesama Jawa Timur yakni Arema FC dan Madura United.

1. Arema FC menatap laga amal ini dengan serius

Arema FC dan Madura United Gelar Laga Amal untuk Mendiang HaringgaInstagram.com/aremafcofficial

Dilansir oleh laman Wearemania.net, sebuah laga amal yang mempertemukan kedua kesebelasan tersebut siap digelar pada Sabtu (29/9) malam esok di Stadion Kanjuruhan Kab. Malang. Lebih jauh, seluruh keuntungan penjualan tiket akan disalurkan kepada keluarga mendiang Haringga Sirla.

Selain sebagai bentuk solidaritas, partai ini dimanfaatkan kubu tuan rumah untuk menjaga kebugaran di sela vakumnya kompetisi. Milan Petrovic, sang juru taktik, pun menatap pertandingan ini dengan serius.

"Lawan MU tak kalah bergengsinya dengan lawan Persebaya, mereka adalah tim bagus, saya harap ada banyak pengalaman berharga dari mereka untuk pemain kami," tutur pelatih berpaspor Slovenia tersebut.

Baca Juga: 3 Pernyataan Sikap Suporter Indonesia atas Kematian Haringga

2. Madura United pun menyambut baik inisiatif dari Singo Edan

Arema FC dan Madura United Gelar Laga Amal untuk Mendiang HaringgaInstagram.com/maduraunited.fc

Hal senada pun dilontarkan oleh Haruna Sumitro, manajer MU. "Bagi tim juga bagus, karena memang program pelatih tanggal tersebut sudah memasuki jadwal pertandingan. Sehingga ritme pertandingannya tetap terjaga," ucapnya seperti dikutip dari unggahan akun Instagram resmi klub @maduraunited.fc.

Persiapan pun telah dilakukan Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan di bawah komando sang pelatih, Gomes de Oliviera, sejak hari Kamis (27/8) kemarin. Tim berjuluk Laskar Sape Kerrab ini telah bertemu Arema FC sebanyak dua kali musim ini, sehingga sudah penuhi "syarat" pertemuan uji coba.

3. Roda kompetisi terhenti sementara tak jadi alasan kedua tim kendurkan level kebugaran

Arema FC dan Madura United Gelar Laga Amal untuk Mendiang HaringgaLiga-Indonesia.id

Arema FC sebenarnya dijadwalkan menjamu Persebaya pada hari Minggu (30/9) mendatang. Namun seiring dihentikannya kompetisi untuk sementara, praktis Hamka Hamzah cs telah siapkan langkah-langkah untuk menjaga level kebugaran.

Di sisi lain, Madura United telah bersikap terkait kasus penganiayaan suporter dengan ancaman boikot laga tandang ke markas Persib (Sabtu 29/9). PSSI kemudian mengambil langkah tegas, yakni menunda pekan ke-24 hingga waktu yang belum ditentukan demi mencari jalan keluar atas tragedi pahit tersebut.

Baca Juga: Stop Permusuhan! Haringga Jadi Korban ke-7 Rivalitas Persib-Persija

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya