Dihajar Persebaya di Gianyar, Pelatih Persib: Ada Banyak Kesalahan

Maung Bandung untuk sementara tergusur dari puncak klasemen

Persib harus merelakan posisi pemimpin klasemen sementara Liga 1 direbut PSM. Mereka dicukur Persebaya dengan skor mencolok 1-4 dalam partai usiran di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Sabtu (20/10) malam kemarin.

Muhammad Natshir menyaksikan gawangnya koyak dalam tempo 16 menit pasca sepak mula. Hadiah penalti plus kartu kuning melayang dari saku wasit Adi Riyanto setelah si kiper utama Pangeran Biru mengganjal Osvaldo Haay di kotak terlarang. Irfan Jaya yang ditunjuk sebagai eksekutor jalankan tugasnya dengan baik.

Sempat membuka asa dua menit berselang lewat sundulan Febri Haryadi, Green Force membalas dengan tiga gol tambahan. Fandi Eko Utomo lesatkan sepasang angka di menit 42 dan 77. Osvaldo Haay menutup pesta berkat sepakannya sepuluh menit sebelum waktu normal rampung.

1. Mario Gomez, pelatih Persib, menyebut timnya lakukan banyak kesalahan

Dihajar Persebaya di Gianyar, Pelatih Persib: Ada Banyak KesalahanPersib.co.id/Rivan Mandala

Juru taktik Persib yakni Mario Gomez meminta skuatnya untuk segera bangkit. Ada kans juara yang harus dijaga, terlebih jadwal tandang sulit ke markas PSM Makassar sudah menunggu. Partai keras di Mattoanging disebut amat menentukan nasib Maung Bandung.

"Permasalahan bukan di strategi lawan. Kita membuat banyak kesalahan. Di babak pertama, kita membuat kesalahan. Bukan kesalahan kecil. Kita melakukan kesalahan yang fatal," pungkas pelatih berpaspor Argetina tersebut seperti dikutip dari laman Persib.co.id.

Berbicara statistik, Persib bisa disebut dominan. Jumlah peluang mereka mencapai 13 berbanding 8. Demikian juga dalam perkara posession ball yakni 54%-46%. Tetapi, sang lawan memang bermain efektif berkat situasi serangan balik.

Koleksi poin Supardi Nasir dan kawan-kawan masih mentok di angka 45, terpaut dua angka dari Juku Eja yang saat ini mendiami posisi teratas.

Baca Juga: Dukung Persebaya, Bonek Bali Bernyanyi di Luar Stadion

2. Penampilan Osvaldo Haay sebagai striker mendapat pujian dari coach Djanur

Dihajar Persebaya di Gianyar, Pelatih Persib: Ada Banyak KesalahanPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Dari kubu Persebaya, sang pelatih kepala yakni Djadjang Nurdjaman bisa bernafas lega. Tambahan tiga poin dari Gianyar memang amat berharga bagi Bajul Ijo dalam perjuangan menghindari zona degradasi.

Lebih jauh, kredit diberikan sosok kelahiran Majalengka ini kepada Osvaldo Haay. Krisis striker berimbas pada improvisasi taktik. Si winger 20 tahun diplot sebagai striker. Eksperimen berjalan sukses, satu gol jadi bukti performa impresifnya.

"Osvaldo bermain bagus malam ini. Mencetak satu gol, aksinya juga membuat kita mendapatkan penalti. Kami berhasil memaksimalkan kecepatan pemain depan kami. Sebetulnya Persib juga punya pemain yang cepat, namun kami berhasil mengantisipasi," beber coach Djanur selepas laga seperti dilansir laman Persebaya.id.

Persebaya sejatinya masih diami papan tengah, tepatnya peringkat duabelas. Namun koleksi poin mereka kini genap berjumlah 32, unggul selisih gol dari Persela plus menempel ketat PSIS.

3. Selanjutnya, Maung Bandung datang ke Makassar dengan misi menaklukkan Mattoanging

Dihajar Persebaya di Gianyar, Pelatih Persib: Ada Banyak KesalahanLiga-Indonesia.id

Selanjutnya Persib terbang ke ibukota Sulawesi Selatan untuk menantang PSM dalam duel pada Rabu (24/10) mendatang. Adapun Persebaya bakal menjamu tim tetangga yakni Madura United di hari Kamis (25/10).

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

Persib (4-4-2)

Muhammad Natshir; Ardi Idrus, Victor Igbonefo, M. Al Amin Syukur Fisabillah, Tony Sucipto; Supardi Nasir, Dedi Kusnandar, Hariono, Febri Haryadi; Ghozali Siregar, Atep (Puja Abdillah, 74')

Persebaya (4-3-3)

Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Andri Muliadi, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo (Muhammad Hidayat, 79'), Misbakus Solikhin, Rendi Irwan (Ricky Kayame, 83'); Irfan Jaya, Osvaldo Haay, Oktafianus Fernando (Fernandi Pahabol, 89').

Baca Juga: Dilumat Persebaya 1-4, Pelatih Persib: ini Bukan Kalah Strategi

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya