Piala Dunia Usai, Hernan Dario Gomez Mundur dari Timnas Panama

#WorldCup2018 Kabar mengejutkan dari sang tim debutan

Tahun ini memang terasa menyenangkan bagi timnas Panama. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, negara di Amerika Tengah itu berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia. Hanya mengandalkan pemain-pemain yang merumput di liga lokal, mereka sanggup berbicara banyak sewaktu kualifikasi CONCACAF.

Lolos dari lubang jarum bermodal selisih gol, Los Canaleros menaruh banyak rasa terima kasih kepada sang pelatih yakni Hernan Dario Gomez. Sang juru taktik berkebangsaan Kolombia disebut-sebut sebagai harapan baru publik Panama.

1. Surat perpisahan Hernan Dario Gomez dengan timnas Panama

Piala Dunia Usai, Hernan Dario Gomez Mundur dari Timnas Panamafepafut.com

Namun berita mengejutkan datang pada hari Selasa (17/7/2018) waktu setempat. Federasi Sepak Bola Panama FEPAFUT, melalui laman resminya, mengumumkan bahwa pelatih berusia 62 tahun tersebut telah meletakkan jabatan sebagai pelatih timnas Panama.

"Rusia 2018 adalah permulaan. Aku telah memenuhi janji untuk membawa Panama ke Piala Dunia pertamanya. Pencapaian tersebut akan terus hidup di hatiku, serta benak seluruh orang Panama sepanjang hidupnya," tulis Gomez dalam bahasa Spanyol berdasarkan lembaran surat yang diunggah.

2. Padahal Gomez menjadi sosok paling berjasa atas debut Panama di Piala Dunia

Piala Dunia Usai, Hernan Dario Gomez Mundur dari Timnas PanamaFIFA.com

Roman Torres dan kawan-kawan tergabung bersama Belgia, Inggris dan Tunisia di putaran final. Minim pengalaman di ajang mayor, Panama seolah terhimpit para raksasa. Mereka kebobolan 11 gol sepanjang fase penyisihan grup, dan hanya dua kali menjaringkan bola ke gawang tim lawan.

Namun rasa optimisme kini tumbuh. Gomez yakin bahwa kini sepak bola Panama telah berada pada "jalur yang benar". Artinya, Si Ombak Merah siap berbicara banyak entah di ajang CONCACAF Gold Cup atau Copa Centroamericana.

3. Pelatih berusia 62 tahun tersebut rupanya kembali menangani timnas Ekuador

Piala Dunia Usai, Hernan Dario Gomez Mundur dari Timnas PanamaFIFA.com

"Sekarang, saatnya tersulit bagiku untuk memindahkan kaki ke tempat di mana hatiku sebenarnya berada," lanjut sosok pelatih yang sudah malang melintang dalam urusan kepelatihan sejak tahun 1991.

BBC Sport menyebut bahwa dirinya kembali menerima tawaran melatih Ekuador. Bolillo, panggilan akrab Gomez, memang pernah jadi bagian dari skuat El Tricolor dari kurun waktu tahun 1999 hingga 2004.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya