Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani Tantangan

Era baru Mou bersama The Lilywhites!

Tottenham Hotspur tak hentinya memberi kejutan. Hanya selang beberapa jam pasca memecat Mauricio Pochettino, Jose Mourinho diumumkan sebagai pelatih kepala The Lilyiwhites di hari Rabu (20/11/2019) kemarin. Dilansir oleh Daily Mirror, sosok berjuluk The Special One itu menandatangani kontrak hingga akhir musim 2022/23 dengan gaji 15 juta Paun (sekitar Rp272 miliar) per tahun.

"Jose adalah salah satu manajer paling sukses dalam sepak bola. Dia sudah mengecap banyak pengalaman, dapat berperan sebagai sumber inspirasi serta ahli taktik yang hebat. Dia telah memenangkan banyak trofi bersama klub yang dilatihnya. Kami percaya Jose akan membawa energi melimpah dan rasa percaya ke ruang ganti," ujar pemilik Spurs, Daniel Levy, dalam pernyataan di situs resmi klub.

Manajer asal Portugal tersebut langsung bekerja pada hari yang sama dengan memimpin sesi latihan Harry Kane dkk pada Rabu sore waktu Inggris. Seperti apa perasaan eks juru taktik Chelsea dan Manchester United tersebut? Berikut petikan wawancara Mou dengan TottenhamHotspur.com.

1. Selamat atas penunjukan sebagai pelatih baru Spurs. Seperti apa perasaan Anda sekarang? Apa pula yang bisa dijanjikan?

Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani TantanganTwitter.com/SpursOfficial

Saya tidak bisa lebih bahagia dari ini dan sudah siap menjalani tantangan. Yang bisa saya janjikan? Semangat, semangat yang nyata. Tak cuma bagi saya sebagai pelatih, tetapi juga demi tim ini. Itulah cara saya menjalani karier selama ini.

Dan tentu saja ada niatan lainnya yakni mencoba segala cara untuk membawa kebahagiaan bagi semua orang yang mencintai Tottenham Hotspur. Menjadi sebuah keistimewaan tersendiri ketika seorang manajer pergi ke sebuah tim dan merasakan kebahagiaan terkait para pemain yang bakal bekerja dengannya.

2. Menarik, tapi bukannya Anda telah mengalaminya bersama banyak tim berbeda?

Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani TantanganPremierLeague.com

Itu tidak terjadi berkali-kali. Jujur, ketika baru masuk menangani sebuah tim, saya selalu berpikir langsung mencari tahu segala hal dan sesegera mungkin memutuskan tentang apa saja yang harus segera diubah. Ada juga cara membahas strategi serta pendekatan terhadap para pemain.

Namun di sini, sama sekali berbeda. Ini bukan kata-kata angin lalu, bukan karena saya kini menjadi pelatih kepala Tottenham. Hal tersebut sudah saya utarakan dan ulangi dalam tiga, empat, lima tahun terakhir bahkan ketika masih menjadi lawan.

Saya sering mengatakan potensi yang dimiliki tim ini. Mulai dari kualitas para pemainnya, serta tantangan luar biasa yang dihadapi manajemen untuk mempertahankan seluruh punggawanya meskipun jadi buruan sebagian besar klub besar di Eropa.

Baca Juga: Pelatih Baru Tottenham, Ini 5 Tantangan Besar Bagi Jose Mourinho

3. Bagaimana komposisi tim saat ini di mata anda? Selain itu, seperti apa pandangan anda tentang para pemain muda dengan prospek cerah dalam skuad?

Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani TantanganPelatih flamboyan asal Portugal, Jose Mourinho. UEFA.com

Saya sangat menyukai tim ini. Tentu saja saya takkan mengatakan nama tertentu karena bertentangan dengan konsep tentang cara menangani sebuah tim. Tapi secara umum, saya suka dengan kemampuan dan kualitasnya.

Tidak ada satu pun manajer di dunia ini yang tak suka memiliki pemain muda dalam daftar tim dan membantunya berkembang. Masalahnya adalah kadang-kadang ada klub yang tak cukup baik dalam bekerja menghasilkan calon pemain potensial.

Namun ketika berada di tim yang tepat, para manajer selalu antusias ikut serta dalam membimbing para pemain di usia belia. Jika menengok ke belakang, akademi Tottenham sudah sering menyuplai tenaga muda yang dibutuhkan tim utama. Tentu saja, saya juga mengharapkan hal yang sama.

4. Anda tentu saja pernah bertemu Spurs sebagai lawan, baik ketika menjadi pelatih Chelsea dan Manchester United. Kesan seperti apa yang didapatkan?

Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani TantanganTwitter.com/SpursOfficial

Bermain melawan Tottenham di White Hart Lane (kandang Spurs yang lama) selalu menjadi tantangan yang sulit, tapi indah. Itu adalah salah satu tempat yang dulu saya kunjungi dengan semangat menggebu, tetapi tetap dibarengi rasa hormat.

Tottenham sejak dulu punya banyak pemain mumpuni, serta gaya bermain apik yang sudah dikembangkan selama satu dekade terakhir. Bahkan ketika masih menjadi lawan, selalu ada rasa hormat yang besar dari saya kepada klub ini.

Saya bertemu Tottenham di final piala domestik, di fase semi final, dan di pertandingan besar lainnya. Karena menjaga rasa hormat tersebut di dalam benak, muncul keyakinan  jika suatu hari nanti saya akan menjadi bagian dari Tottenham.

5. Tim ini baru saja pindah ke stadion baru, serta merombak total fasilitas latihan selama beberapa tahun terakhir. Ada tanggapan?

Jadi Pelatih Spurs, Jose Mourinho: Saya Siap Menjalani TantanganTwitter.com/SpursOfficial

Saya pikir pihak klub sangat rendah hati saat menggambarkan Tottenham Hotspur Stadium sebagai "stadion yang indah". Anda harusnya menyebut "inilah stadion terbaik di dunia", karena memang demikan kenyataannya.

Tempat pelatihan (Bulls Cross) tak ada tandingannya. Mungkin hanya bisa disamai dengan beberapa tempat latihan milik klub-klub American Football. Mustahil membandingkannya dengan fasilitas milk tim sepak bola Eropa di level mana pun, dan saya sudah merasakan suasana di beberapa yang berlabel terbaik.

Mustahil untuk membandingkannya, sama dengan stadion. Itu adalah sesuatu yang membuat kita semua harus berbesar hari. Sebenarnya tak cuma itu, kondisi tim secara keseluruhan memang luar biasa.

Selamat bekerja, Mou!

Baca Juga: Jose Mourinho Banting Harga Demi Melatih Tottenham Hotspur 

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya