Pilih Bantul Sebagai Kandang, Persija dan PS TIRA Berbagi Stadion

Akhirnya Persija punya kandang sendiri ya

Sempat diberitakan akan memilih Stadion Manahan Solo sebagai kandang alternatif, Persija Jakarta memutuskan pindah ke Bantul. Stadion Pakansari Cibinong yang sempat diajukan ternyata belum bisa dipakai hingga gelaran Asian Games usai.

Keputusan mengejutkan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Persija, I Gede Widiade pada hari Rabu (14/3/2018) lalu. Ternyata tiga opsi homebase yang sebelumnya diajukan yaitu Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi, dan Stadion Wibawa Mukti Cikarang tidak bisa dikabulkan dengan alasan yang sama.

1. Rencana Persija untuk memakai Stadion Manahan Solo sebagai kandang di Liga 1 2018 urung terlaksana dengan alasan persyaratan teknis

Pilih Bantul Sebagai Kandang, Persija dan PS TIRA Berbagi StadionTwitter.com/Persija_Jkt

Batalnya menggunakan Solo sebagai markas cadangan ternyata memiliki alasan mendasar. "Kami memang biasanya ke Solo, tapi ada persyaratan teknis yang tidak dapat dipenuhi Stadion Manahan," ujar Gede seperti dikutip dari Liga-Indonesia.id.

Padahal Ismed Sofyan dan kolega sudah lumayan akrab dengan kota yang dikenal karena batiknya itu, bahkan ibaratnya sudah seperti “kandang kedua”. Beberapa tahun terakhir, mereka sering meminjam Stadion Manahan untuk menggelar partai usiran atau jika laga harus diadakan di tempat netral.

2. PS TIRA sendiri telah lama berencana pindah ke Bantul setelah sebelumnya menempati Stadion Pakansari Cibinong

Pilih Bantul Sebagai Kandang, Persija dan PS TIRA Berbagi StadionInstagram.com/pstni_official

Polemik masalah kandang pun sudah dibahas antara manajemen Persija dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahwari beberapa waktu lalu. Hasilnya, Menpora bersedia menjembatani dialog antara Persija dan pemerintah.

Sementara itu, PS TIRA juga memastikan akan memakai Stadion Sultan Agung Bantul sebagai kandang mereka di Liga 1 2018. Isu kepindahan mereka ke Bantul pun sudah lama berhembus namun baru dikonfirmasi secara resmi oleh pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada.

3. Total ada lima klub sepak bola, termasuk Persija dan PS TIRA yang menggunakan Stadion Sultan Agung Bantul sebagai kandang

Pilih Bantul Sebagai Kandang, Persija dan PS TIRA Berbagi StadionTwitter.com/PolsekJetis

Manahati Lestusen dan kawan-kawan memutuskan untuk pindah dari Stadion Pakansari yang merupakan homebase mereka selama Liga 1 musim lalu. Rencananya mereka akan bertolak ke kota di utara Yogyakarta itu pada hari Jumat (16/3/2018), kemudian melakukan launching skuat sekaligus melakoni uji coba kontra Bantul Selection di hari Minggu (18/3/2018).

"Semoga Bantul membawa berkah bagi kami dan berharap dukungan masyarakat agar sepak bola di Bantul bisa bangkit," kata coach Rudy.

Ada lima klub yang memakai stadion berkapasitas 35 ribu penonton itu sebagai homebase mereka. Selain Persija dan PS TIRA, ada dua klub Liga 2 yaitu PSIM Yogyakarta dan Persiba Bantul serta PS Protaba Bantul yang berkompetisi di Liga 3.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya