Comscore Tracker

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!

Yordania tak diperkuat winger andalannya, Musa Al-Tamaari

Tanpa Musa Al Tamaari, Yordania masih berambisi menekuk Korea Utara dalam matchday pembuka Grup D Piala Asia U-23 2020. Pemain sayap penuh potensial itu masih sibuk memperkuat klubnya, APOEL Nicosia (Siprus), dan baru diizinkan terbang ke Thailand memperkuat timnya jelang pertandingan ketiga babak penyisihan grup.

Al-Tamaari seolah menjadi jimat untuk Yordania lantaran kualitas mumpuni. Bersama APOEL, winger 22 tahun tersebut sudah bermain 24 kali di semua ajang--termasuk Europa League-- serta mencetak sepasang gol di musim 2019/20 sejauh ini.

1. Opsi rotasi lini serang sudah disiapkan oleh tim pelatih Yordania

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!the-afc.com

"Musa adalah pemain yang sangat istimewa," ungkap asisten pelatih Yordania U-23, Abu Ismael, tentang Al-Tamaari dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis (9/1) kemarin. "Kemarin dia bermain untuk klubnya (APOEL) dan berhasil mencetak dua gol."

Abu Ismael memang berharap Al-Tamaari mengiringi langkah The Chivalrous sejak matchday pertama babak penyisihan grup. Namun ia sudah menyiapkan opsi rotasi di lini serang hingga yang bersangkutan mendarat di Thailand pada 13 Januari.

2. Laga pertama selalu mengandung arti krusial, termasuk untuk The Chivalrous

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!the-afc.com

Selain itu, Abu Ismael merasa bangga dengan pencapaian menembus putaran final Piala Asia U-23 setelah melalui babak kualifikasi yang sulit. Senada dengan pelatih Vietnam dan Uni Emirat Arab, ia mengulang bahwa pertandingan pertama punya makna krusial.

"Kami sangat senang berada di sini bersama 15 tim yang juga sama kuatnya. Ini adalah turnamen yang suit, dan kami bersama tiga tim kuat lainnya di grup ini. Saya berharap pertandingan (lawan Korea Utara) akan berjalan cepat dan kompetitif, kami juga berharap bisa memetik hasil yang baik," pungkasnya.

Baca Juga: Piala Asia Timur 2019 Siap Dihelat, Ini Daftar Skuad dan Jadwalnya

3. Korea Utara langsung memancang ambisi lolos ke babak gugur

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!the-afc.com

Sementara itu, Ri Yu-il selaku pelatih Korea Utara turut menyatakan rasa bangga menembus babak utama. Dirinya pun percaya diri sanggup melaju hingga fase gugur, kendati harus melewati hadangan tiga tim lain yang sama kuatnya.

"Besok kami akan melawan Yordania, ini jelas akan sulit. Kami akan fokus pada pertandingan pertama demi mengawali perjalanan dengan baik. Ini tentu demi membuka peluang untuk maju ke babak berikutnya. Yordania adalah ujian pertama bagi kami," tuturnya dalam kesempatan yang sama.

4. Yordania akan menjadi ujian pertama anak asuh Ri Yu-il

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!the-afc.com

Terakhir kali Chollima berhasil melaju hingga fase gugur Piala Asia U-23 yakni pada edisi 2016, saat mereka menancapkan kuku di babak perempat final meski akhirnya dijegal oleh Qatar. Ri Yu-il optimis bisa mengulang hasil serupa.

"Kami sangat senang tim ini lolos ke turnamen ini. Kami akan mencoba sebaik mungkin dalam setiap pertandingan. Tujuan kami tentu saja mencapai fase gugur," pungkas Yu-il.

5. Siapa pelatih Grup D yang berhasil memetik kemenangan di laga pembuka?

Piala Asia U-23 2020: Korea Utara vs Yordania, Langsung Tancap Gas!the-afc.com

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Korea Utara (4-5-1)

Kang Ju-hyok (GK); Pak Kwang-chon, Jang Song-il, Choe Jin-nam, Pak Chol-ju; Kim Kum-chol, Pak Kwang-hun, Kang Kuk-chol, Choe Song-hyok, Ryang Hon-ju; Sim Ju-il

Yordania (4-3-3)

Abdallah Al-Fakhouri (GK); Ihab Al-Khawaldeh, Ahmad Haikal, Danial Afaneh, Hadi Al-Hourani; Noor Al-Rawabdeh, Mohammad Masheh, Omar Hani; Ali Olwan, Mohammad Al Zu'bi, Mohammad Aburiziq

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Target 4 Besar Asia Tak Berubah

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya