Liga Champions: Dwigol Paul Pogba Antar MU Putus "Kutukan Swiss"

Sepasang gol dan satu asisnya sukses tundukkan Young Boys

Kutukan Swiss yang sempat hantui langkah Manchester United ke Swiss akhirnya patah juga. Menantang tuan rumah BSC Young Boys di Stade de Suisse Wankdorf Bern pada Rabu (19/9) waktu setempat, mereka berhasil menang dengan skor meyakinkan 0-3.

Paul Pogba jadi bintang dalam matchday perdana Grup H tersebut. Gantikan peran Antonio Valencia sebagai kapten tim, dirinya membuka keunggulan di menit ke-35. Kerjasama satu duanya dengan Fred diakhiri dengan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang tim tuan rumah.

Menit ke-44, Pogba kembali catatkan namanya di papan skor. Hadiah penalti diberikan oleh wasit Deniz Aytekin setelah bek Young Boys, Kevin Mbabu, melakukan handball. Ekesekusi titik duabelas pas ditunaikan dengan sempurna.

Gelandang asal Prancis tersebut lengkapi kemenangan MU di menit ke-66. Asisnya ke Anthony Martial usai skema serangan balik dikonversi menjadi gol ketiga.

1. Jose Mourinho, manajer MU, memuji penampilan Paul Pogba

Liga Champions: Dwigol Paul Pogba Antar MU Putus Kutukan SwissUEFA.com

Dalam jumpa pers selepas pertandingan, Jose Mourinho senang dengan raihan positif untuk permulaan kampanye Eropa mereka. Meski sempat disulitkan pada awal-awal babak pertama, The Red Devils merebut momentum sejak gol pertama tercipta. Tak lupa dirinya turut memberi pujian kepada Paul Pogba.

"Saya merasa Paul sedikit lelah di akhir laga, tetapi dia telah menunjukkan kelasnya. Dia memberi kecepatan yang kami butuhkan, menjaga bola dan mengendalikan tempo permainan. Gol-golnya bagus, dan penalti tadi adalah pertunjukan kemampuannya," pungkas Jose seperti dikutip dari laman ManUtd.com.

Baca Juga: Manchester United Berusaha Memblokade Transfer Paul Pogba ke Barcelona

2. Debut Young Boys di hajatan Liga Champions berakhir pahit

Liga Champions: Dwigol Paul Pogba Antar MU Putus Kutukan SwissBSCYB.ch

Bagi Young Boys, skor 0-3 mengakhiri rangkaian kemenangan yang sudah berjalan sepanjang 10 laga. Menilik statistik, skuat arahan Gerardo Seouane itu hanya catatkan 45% penguasaan bola dan 4 shot on target. Tim tamu yang memiliki gelandang mumpuni macam Paul Pogba berhasil unggul posession ball 45% ditambah 5 tembakan tepat sasaran.

Tanpa poin di hadapan publik sendiri jadi catatan pahit yang warnai debut mereka di Liga Champions. Terakhir kali YB ambil bagian dalam kompetisi antar klub teratas Benua Biru yakni pada musim 1986/87, saat masih menggunakan format lama (knock-out).

3. Selanjutnya, The Red Devils bakal menerima lawatan Valencia

Liga Champions: Dwigol Paul Pogba Antar MU Putus Kutukan SwissUEFA.com

Berkat hasil ini, MU bertengger di puncak klasemen sementara Grup H. Mereka unggul selisih gol dari runner-up Juventus yang berhasil kandaskan Valencia 0-2 dalam partai yang berlangsung pada saat bersamaan. Sementara Young Boys menempati posisi juru kunci.

Pada matchday kedua (Selasa 2/10), Valencia melawat ke Old Trafford sebagai tamu MU. Sedang Juventus kebagian giliran menjajal si penantang asal Swiss di Juventus Arena.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

Young Boys (4-4-2)

David Von Ballmoos; Kevin Mbabu, Mohamed Ali Camara, Steve von Bergen, Loris Benito; Christian Fassnacht (Nicolas Ngoumi Ngamaleu, 65'), Djibrol Sow (Michel Aebishcer, 59'), Sekou Sanogo, Miralem Sulejmani; Guillaume Hoarau (Jean-Pierre Nsame, 75'), Roger Assale

Manchester United (4-3-3)

David de Gea; Diogo Dalot, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Fred (Marouane Fellaini, 69'), Nemanja Matic, Paul Pogba (Andrea Pereira, 75'); Anthony Martial, Romelu Lukaku, Marcus Rashford (Juan Mata Garcia, 69').

Baca Juga: Manchester United Pertahankan Paul Pogba, Barcelona Gigit Jari

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya