Comscore Tracker

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12

Jadi pesaing serius Liverpool di perburuan gelar juara?

Leicester City menyambut jeda internasional di bulan November dengan penuh rasa lega. Pasalnya, mereka saat ini bertengger di posisi kedua klasemen sementara berkat delapan kemenangan dari 12 pekan yang telah dijalani. Total sudah 26 poin terkumpul, unggul selisih gol dari Chelsea di peringkat tiga yang juga punya koleksi poin serupa.

Sejauh ini, The Foxes baru kalah dua kali yakni dari Liverpool sang pemuncak klasemen dan Manchester United. Tak butuh sampai separuh musim rampung, ternyata mereka telah mencatatkan sejumlah rekor cemerlang. Berikut ini kami sajikan catatan istimewa tersebut, seperti dihimpun dari situs resmi klub.

1. Janie Vardy kembali ganas

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12LCFC.com

Leicester City punya catatan gol terbaik kedua di Liga Inggris 2019/20 sejauh ini. Mereka telah getarkan jala tim lawan sebanyak 29 kali dalam 12 pertandingan, dengan rata-rata gol mencapai 2,4 per laga. Mereka satu angka lebih baik ketimbang Liverpool (28 gol) namun masih jauh dari Manchester City yang telah mencatatkan 35 angka di buku rekening gol mereka.

Leicester City hanya gagal mencetak gol dalam dua pertandingan. Yakni saat ditahan imbang 0-0 oleh Wolverhampton Wanderers (pekan pertama) dan ketika takluk 1-0 di tangan Manchester United (pekan ke-5). Kemenangan sensasional 0-9 kala melawat ke markas Southampton (pekan ke-10) turut menyumbang banyak pundi gol LCFC.

Sang ujung tombak andalan, Jamie Vardy, juga kembali menemukan ketajaman. Berkat koleksi 11 gol-nya, Vardy kini bertengger di puncak daftar top skorer sementara, diikuti oleh Tammy Abraham (10 gol) dan Sergio Aguero (9 gol).

2. Trio gelandang yang kian kompak

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12LCFC.com

Trio Wilfred Ndidi, Youri Tielemans dan James Maddison punya peran sentral dalam keberhasilan Leicester City sejauh ini. Ndidi mencatatkan 59 kali tekel sukses sejauh ini, jauh lebih banyak ketimbang pemain Liga Inggris lainnya.

Kombinasi Tielemans dan Maddison sendiri turut menyumbang total 12 gol hingga pekan ke-12. Sementara itu winger Harvey Barnes telah membuat 4 assist berbuah gol, sama banyaknya dengan Andrew Robertson (Liverpool), Dwight McNeil (Burnley), David Silva (Manchester City) dan Emi Buendia (Norwich City).

Winger lainnya, Ayoze Pérez, telah membuka rekening gol untuk pertamanya sejak direkrut pada bursa transfer musim panas kemarin dengan hattrick ke gawang The Saints, dalam pesta kemenangan 0-9 di pekan ke-10.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tammy Abraham, Calon Top Skorer Liga Inggris Musim Ini

3. Kokohnya tembok pertahanan

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12PremierLeague.com

Tembok pertahanan Leicester City jadi yang paling sulit ditembus sejauh ini. Hingga pekan ke-12, mereka baru kebobolan 8 kali alias paling sedikit ketimbang tim-tim lainnya. Lebih baik ketimbang tim peringkat lima Sheffield United (9 gol) dan Liverpool (10 gol).

Catatan selisih gol anak asuh Brendan Rodgers tersebut juga mengesankan yakni mencapai 21 gol. Jauh lebih baik ketimbang The Reds (18 gol) namun masih kalah dari Manchester City (22 gol). Sang kiper andalan, Kasper Schmeichel, berada di daftar teratas clean sheet terbanyak yakni lima kali. Setara dengan Dean Henderson (Sheffield United) serta Ederson (Manchester City).

Çağlar Söyüncü jadi salah satu yang menarik perhatian berkat kesigapannya mengawal sektor belakang. Palang pintu asal Turki tersebut catatkan rekor clerance paling banyak kelima yakni 66 kali.

4. Peforma tim secara keseluruhan

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12PremierLeague.com

Secara keseluruhan, Leicester City telah membuat 266 tekel, 34 kali lebih banyak dari Brighton dan Hove Albion yang berada di posisi kedua. Sebagai pencetak gol tertinggi kedua di Liga Inggris sejauh ini, mereka berada di peringkat kedua untuk urusan mencetak gol dari dalam kotak (24 kali) dan gol dari luar kotak (5 kali).

LCFC juga jadi tim keempat dengan total operan terbanyak --di bawah Manchester City, Chelsea dan Liverpool-- dengan jumlah mencapai 6.348. Dua pemain mereka juga berada dalam daftar teratas pemain yang paling sering melepas passing yakni Çağlar Söyüncü di peringkat keempat (835) dan Jonny Evans di peringkat kesembilan (757).

Yang terakhir, jumlah crossing LCFC telah mencapi 247 kali. Tertinggi kelima dari klub-klub lainnya setelah Manchester City, Liverpool, Everton dan Sheffield United.

5. Apakah The Foxes jadi pesaing serius Liverpool dalam perebutan titel Liga Inggris musim ini?

Liga Inggris: Menterengnya Catatan Leicester City Hingga Pekan ke-12PremierLeague.com

Melihat catatan dan performa The Foxes, sejumlah pihak mulai memasukkan nama Leicester City sebagai salah satu kandidat dalam persaingan titel musim 2019/2010. Prematur? Eks pemain Arsenal, Ray Parlour, justru tak sependapat.

"Luar biasa. Saya pikir mereka akan terus melaju. Saya juga berpendapat akan tetap di papan atas dan meramaikan pesaingan hingga akhir musim," ungkapnya kepada talkSPORT pada Selasa (19/11) kemarin.

"Mereka tak sedang menjalani agenda Eropa, sehingga pemain mereka punya waktu istirahat lebih panjang. Mereka juga punya pemain muda berkualitas yang mungkin takkan atau hanya sedikit absen akibat cedera."

Baca Juga: Rangkuman Pekan ke-12 Liga Inggris, Liverpool Makin Kokoh di Puncak

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You