Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, "Para Setan" dari Tahun 1986

#WorldCup2018 Awal dari cerita tentang generasi emas

Keberhasilan Belgia melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018 membuat banyak pihak mulai menaruh harapan. Eden Hazard dan kawan-kawan punya peluang menyamai pencapaian Belgia di tahun 1986 yakni melaju hingga babak semifinal.

Ya, tim yang kerap disebut sebagai generasi emas pertama itu memang akan selalu mendapat tempat di hati masyarakat negeri wafel yang sempat menyaksikan kehebatan mereka. Namun bagi kamu yang lahir di dekade 1990-an, tentu tak banyak kenal dengan tim asuhan Guy Tyhs tersebut.

Oleh karena itu, berikut sajian profil singkat lima pemain pilihan dari skuat Belgia 1986.

1. Jean Marie-Pfaff

Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, Para Setan dari Tahun 1986FIFA.com

Salah satu kiper yang masuk dalam 100 Pemain Terbaik sepanjang masa pilihan Pele. Lahir di Lebbeke, Belgia, pada 4 Desember 1953, Pfaff konsisten mengawal gawang Belgia sepanjang turnamen tanpa sekalipun absen.

Sebagai bentuk pengakuan, pemain yang sempat memperkuat Bayen Muenchen tersebut masuk dalam daftar "Best Eleven" Piala Dunia 1986.

2. Eric Gerets

Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, Para Setan dari Tahun 1986Pinterest

Salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Belgia. Dijuluki sebagai "Singa Flanders" karena janggutnya, Gerets dikenal sebagai sosok yang tak kenal kompromi dalam mengamankan tembok belakang.

Eksplosif saat menyerang dan lugas dalam bertahan, pemain yang menghabiskan sebagian besar kariernya di klub Standard Liege itu tampil dalam enam dari tujuh pertandingan Belgia.

3. Jan Ceulemans

Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, Para Setan dari Tahun 1986FIFA.com

Sososk gelandang serang sekaligus kapten tim, kemampuan sosok berpostur 1,91 meter tersebut tergolong komplit. Stamina tinggi, unggul dalam duel bola udara, dilengkapi dengan teknik olah bola tingkat tinggi. Visi bermain diatas rata-rata membuatnya pantas menyandang ban kapten.

Sepanjang Piala Dunia 1984, dirinya mampu mencetak tiga gol dari tujuh pertandingan. Legenda hidup Club Brugge tersebut juga masuk dalam daftar 11 pemain terbaik Piala Dunia 1986.

4. Franky Vercauteren

Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, Para Setan dari Tahun 1986Getty Images

Berposisi sebagai sayap kiri, Vercauteren dijuluki sebagai "Si Pangeran Kecil" atas magis yang dia tebarkan setiap kali menggiring bola. Sosok yang kini banting setir menjadi pelatih tersebut tampil sebanyak enam kali sepanjang turnamen dan melesakkan sebiji gol.

5. Enzo Scifo

Mengenal Generasi Emas Pertama Belgia, Para Setan dari Tahun 1986FIFA.com

Baru menginjak 20 tahun saat tampil di tim senior Belgia, pemain yang beroperasi tepat di belakang striker itu selalu dikenang atas mobilitasnya. Namun penampilan Scifo kerap dikritik sebab terlalu individual dan kadang lupa mengoper kepada rekan setim.

Dua gol dari tujuh pertandingan membuat pelatih Belgia U-21 tersebut diganjar dengan penghargaan Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia 1986.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya