Comscore Tracker

Mepet dengan Babak Gugur AFC Cup, Laga Perseru vs Persija Ditunda

Sekaligus mematuhi peraturan dari pihak AFC

Setelah laga kandang kontra seteru abadi Persib Bandung yang sedianya digelar pekan kemarin harus mengalami perubahan jadwal, lawatan Persija ke kandang Perseru Serui di pekan ketujuh Liga 1 2018 kembali diundur. Jika dalam roster semula harusnya digelar pada hari Minggu 6 Mei 2018, kali ini dipindahkan ke hari Selasa 3 Juli 2018.

Menurut situs resmi klub Persija.id, keputusan ini diambil oleh PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) selaku operator kompetisi yang mempertimbangkan jadwal Persija di babak gugur AFC Cup. Tim kebanggaan publik ibukota tersebut akan menjalani leg pertama zona ASEAN dengan bertandang ke Stadion Jalan Besar Singapura, markas Home United, pada hari Selasa 8 Mei 2018 mendatang.

1. Tetap nekat melawat ke Serui meski berdempetan dengan laga di AFC Cup bisa berdampak pada kebugaran tim

Mepet dengan Babak Gugur AFC Cup, Laga Perseru vs Persija DitundaLiga-Indonesia.id

Sudah jadi rahasia umum bahwa laga tandang ke Serui memang memakan waktu yang cukup lama yakni lebih dari 18 jam. Dan perjalanan udara yang biasa dilakukan pun bisa transit sebanyak dua kali, atau tiga kali bagi tim-tim di Sumatera. Faktor kelelahan jadi hal yang lumrah dihadapi saat away ke kota yang menjadi bagian dari Pulau Yapen tersebut.

Jika tetap nekat mematuhi jadwal awal, maka skuat Macan Kemayoran tentu saja akan menghadapi masalah kebugaran akibat perjalanan pergi dan pulang yang memakan banyak tenaga. Belum lagi jika menghitung waktu istirahat yang amat kurang karena harus langsung di Singapura sebagai bagian dari persiapan. Memecah skuat menjadi dua memang bisa menjadi solusi, namun beresiko besar terhadap posisi mereka di klasemen.

2. Keputusan ini diambil juga sebagai bentuk kepatuhan terhadap peraturan AFC

Mepet dengan Babak Gugur AFC Cup, Laga Perseru vs Persija DitundaThe-AFC.com

Penundaan ini sejatinya juga mematuhi peraturan dari AFC sebagai induk sepakbola seluruh Asia sekaligus penyelenggara AFC Cup. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa tim tandang yang berlaga di AFC Cup harus datang selambat-lambatnya dua hari sebelum hari pertandingan.

Karena partai kontra Home United dilaksanakan pada hari Selasa (8/5/2018), maka Ismed Sofyan dan kawan-kawan harus sudah berada di Singapura pada hari Minggu (6/5/2018) atau tepat pada hari laga kontra Perseru dilaksanakan. Pelatih Persija, Stefano Cugurra, menyambut baik keputusan dari PT. LIB tersebut.

“Dengan keputusan ini tim bisa fokus di AFC Cup karena membawa nama Indonesia ke ajang internasional. Sementara untuk masalah jadwal baru kami belum bisa berkomentar banyak sebab kami fokus dahulu laga terdekat melawan Home United,” tutur sosok yang akrab disapa Teco tersebut.

3. Ismed Sofyan, kapten Persija, mengatakan bahwa penundaan ini membuat fokus tim tidak lagi terpecah

Mepet dengan Babak Gugur AFC Cup, Laga Perseru vs Persija DitundaPersija.id

Penundaan ini disyukuri oleh Ismed Sofyan sang kapten tim. “Tentunya kami lebih bagus untuk melakukan persiapan di AFC Cup. Satu bisa fokus dan tidak bercabang. Jika semula jadi ke Serui praktis konsentrasi tim terbelah menjadi dua,” terang bek senior yang sudah berumur 38 tahun itu.

Perubahan waktu laga bukan cuma dialami Perseru kontra Persija tapi juga dua partai lain yang digelar pada hari yang sama. Liga-Indonesia.id mengumumkan bahwa Persebaya Surabaya versus Arema FC dimajukan menjadi 15.30 WIB dari yang semula adalah 18:30 WIB. Perubahan ini harus dilakukan setelah adanya himbauan dari pihak kepolisian setempat menyangkut faktor keamanan.

Sementara pertemuan PSM Makassar dan Mitra Kukar diundur menjadi 18.30 WIB dari yang awalnya adalah 15.30 WIB demi mengisi slot jadwal siaran langsung televisi.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya