Mitra Kukar vs Persebaya Surabaya, Demi Kemenangan yang Amat Berarti

Tuan rumah tak mau lagi kecolongan di Aji Imbut

Meski berstatus tim promosi, nyatanya Persebaya sudah tampil lumayan apik sejak pekan pertama Liga 1 musim 2018. Dua menang, dua kalah dan sekali imbang membawa tim kebanggaan publik kota Surabaya tersebut ke peringkat ketujuh klasemen sementara. Lebih baik dari sesama alumnus Liga 2 yang lain seperti PSMS Medan (12) dan PSIS Semarang (15).

Sementara Mitra Kukar, lawan Persebaya pekan ini, berada di pinggir zona berbahaya. Koleksi empat poin dari lima laga yang sudah dijalani jelas menjadi peringatan bagi klub asal Tenggarong tersebut sebab persaingan dipastikan semakin ketat dari pekan ke pekannya. Performa naik turun jelas menjadi pekerjaan rumah besar yang harus mereka tuntaskan.

1. Bagi Mitra Kukar, 3 poin adalah harga mati jika ingin keluar dari zona degradasi

Mitra Kukar vs Persebaya Surabaya, Demi Kemenangan yang Amat BerartiLiga-Indonesia.id

“Bermain di kandang, kami harus bekerja lebih keras lagi agar poin penuh dapat diamankan. Kami tidak mau lagi kehilangan poin di hadapan publik sendiri,” kata asisten pelatih Mitra Kukar, Sukardi Kardok, dalam konferensi pers pra-pertandingan pada hari Sabtu (28/4/2018) kemarin seperti dilansir oleh laman Liga-Indonesia.id.

Kehilangan 3 poin di kandang sendiri jelas bukan hal yang diinginkan Naga Mekes. Satu tambahan angka sangat berarti untuk mengangkat posisi mereka di papan klasemen. Evaluasi sudah mereka lakukan pasca kekalahan tipis 2-1 saat bertandang ke markas Persipura pekan lalu. Sorotan masih tetap dilayangkan kepada lini belakang tuan rumah yang sudah menderita kebobolan 8 gol.

Kondisi skuat tuan rumah sendiri minus kiper Yoo Jae-hoon akibat cedera, gelandang Septian David Maulana yang memperkuat Timnas U-23, dan Hendra Bayauw yang menjalani hukuman skorsing. Namun tim asuhan Rafael Berges Marin ini tetap turun dengan beberapa pemain kunci tersisa.

Lini belakang bisa sedikit bernafas lega setelah bek tengah Dedi Gusmawan sudah kembali dari cedera. Dirinya pun diperkirakan akan kembali menjadi starter mendampingi sang palang pintu Mauricio Leal.

2. Alfredo Vera sebagai pelatih Persebaya tak ingin skuatnya hanya mewaspadai pemain tertentu

Mitra Kukar vs Persebaya Surabaya, Demi Kemenangan yang Amat BerartiPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Pos Septian David yang kosong di lini tengah kemungkinan akan diisi oleh Anindito Wahyu, M. Rafli Mursalim, M. Luthfi Kamal, Ahmad Bustomi atau bahkan Arif Suyono. Sementara di lini depan, pilihan tetap dijatuhkan kepada duo penyerang Fernando Rodriguez Ortega yang telah mengemas 4 gol serta Dedi Hartono.

Persebaya sendiri mengaku tak ingin hanya berfokus kepada Fernando Ortega. "Kami akan berusaha antisipasi lawan di semua lini. Apalagi Mitra Kukar pada beberapa laga terakhir terlihat berani bermain terbuka," ujar Alfredo Vera, pelatih kepala Persebaya, dalam kesempatan yang sama seperti dilansir oleh Persebaya.id.

Fakta bahwa Bajul Ijo datang dengan kondisi badai cedera yang tengah menerpa nyatanya tak menghalangi mereka menargetkan 3 poin di Aji Imbut demi menjaga asa tetap bersaing di papan atas klasemen. Apalagi hasil seri 1-1 saat bersua Sriwijaya FC pekan kemarin menjadi motivasi lebih bagi Rendi Irwan dan kawan-kawan untuk mencuri poin.

Terlebih catatan tandang Persebaya sejauh ini cukup apik. Mereka berhasil meraih sekali imbang saat menjadi tamu Persela Lamongan dan kemenangan telak 4-1 atas PS TIRA di Bantul.

3. Lini tengah "Bajul Ijo" kembali lengkap dengan kembalinya Robertino Pugliara (Kanan) usai menjalani skorsing

Mitra Kukar vs Persebaya Surabaya, Demi Kemenangan yang Amat BerartiInstagram.com/officialpersebaya

Lini belakang tampaknya masih akan diisi Fandry Imbiri dan Muhammad Syaifuddin yang kali ini punya tugas berat mengunci pergerakan Fernando Rodriguez Ortega. Selain itu, bek kiri M. Irvan dipastikan akan menjadi starter sebagai pengisi pos Ruben Sanadi yang harus absen untuk menemani sang istri menjalani proses bersalin. Pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu pun akan mencicipi kerasnya Liga 1 untuk pertama kalinya.

Di lapangan tengah, Robertino Pugliara dipastikan kembali turun usai menjalani skorsing satu laga akibat kartu merah. Tanpa Osvaldo Haay di lini depan, coach Alfredo bisa saja menerapkan formasi 4-4-2 di mana David Da Silva berpotensi akan diduetkan dengan Rishadi Fauzi.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

Mitra Kukar (4-3-3) 
(Kiper) Geri Mandagi; (Belakang) Saepulloh Maulana, Mauricio Leal, Dedi Gusmawan, Wiganda Pradika; (Tengah) Bayu Pradana, Danny Guthrie, Anindito Wahyu; (Depan) Rifan Nahumarury, Fernando Rodriguez, Dedi Hartono

Persebaya (4-4-2)
(Kiper) Miswar Saputra; (Belakang) Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, M. Syaifuddin, Ruben Sanadi; (Tengah) Rendi Irwan, Robertino Pugliara, Misbakus Solikin, Ferinando Pahabol; (Depan) David da Silva, Rishadi Fauzi.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya