Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester City

West Ham membuat krisis Manchester United kian berlarut

Pekan ke-7 Liga Inggris sudah rampung. Persaingan di papan atas klasemen sementara masih melibatkan Manchester City serta Liverpool. Namun kans Chelsea dan Spurs untuk merangsek tiba-tiba pun masih terbuka lebar. Ingat, kompetisi masih panjang dan segala kemungkinan bisa terjadi.

Beberapa nama mencuat di beberapa laga. Ada Harry Kane (Spurs) yang menambah pundi-pundi golnya musim ini, Gylfi Sigurdsson menggila bersama kubu Liverpool Biru, duel sengit Chelsea-Liverpool ditambah tren positif West Ham. Berikut ini rekap serta ulasan singkat beberapa laga pilihan seperti dihimpun dari laman PremierLeague.com.

1. Manchester City 2-0 Brighton & Hove Albion: Kudeta yang sempurna

Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester CityPremierLeague.com

Bertemu di Etihad Stadium pada Sabtu (29/9) petang waktu setempat, City berhasil menekuk tamunya dua gol tanpa balas. Duet penyerang mereka, Raheem Sterling dan Sergio Aguero, jadi pahlawan kemenangan The Cityzens.

Raheem Sterling mencetak satu gol membuka keunggulan di menit ke-29 usai tuntaskan umpan silang Leroy Sane yang lakukan serangan balik cepat. Sedang Aguero mencetak gol kelimanya di liga musim ini kala laga menyisakan waktu 25 menit tersisa, diawali kerjasama satu-dua brilian dengan Sterling.

Selain jadi kemenangan keempat secara beruntun, tim asuhan Pep Guardiola tersebut kini berada di puncak klasemen berbekal 19 poin. Sementara Brighton tergelincir ke posisi 14 dengan raihan 5 poin.

2. West Ham United 3-1 Manchester United: Badai kian kencang

Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester CityPremierLeague.com

Krisis kian hebat di tubuh Manchester United. Mereka dipermalukan 1-3 oleh West Ham saat melawat ke London Stadium pada Sabtu (29/9) siang waktu setempat. Tuan rumah membuka keunggulan lima menit pasca sepak mula. Felipe Anderson mengonversi umpan silang Pablo Zabaleta dengan tendangan tumit sekaligus jadi gol pertamanya di tanah Inggris.

The Hammers gandakan keunggulan di menit ke-43. Tembakan kaki kiri Andriy Yarmolenko membentur bek Victor Lindelof. Alhasil bola tak dapat dihalau oleh David De Gea. The Red Devils sempat perkecil defisit berkat sepakan Marcus Rashford di menit ke-71, tuntaskan situasi sepak pojok Luke Shaw.

Tapi tuan rumah tuntaskan perlawanan Ashley Young cs tiga menit berselang. Marko Arnautovic dengan cekatan mengelabui barisan belakang MU saat menerima umpan terobosan Mark Noble. Bola pun disarangkan tanpa kendala berarti.

Kemenangan kandang pertama skuat asuhan Manuel Pellegrini membawa mereka melesat dari zona degradasi ke peringkat 13, dengan koleksi 7 poin. Sedang Manchester United melorot ke posisi 10 dengan perolehan poin (juga) 10.

Baca Juga: Piala Liga Inggris: Southampton Tekuk Everton Lewat Drama Adu Penalti

3. Chelsea 1-1 Liverpool: Semua tetap tersenyum

Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester CityPremierLeague.com

Pertemuan Chelsea dan Liverpool di Stamford Bridge pada Sabtu (29/9) malam di Stamford Bridge jadi laga paling sengit pekan kemarin. The Blues memecah kebuntuan berkat Eden Hazard tepat di menit ke-25 usai menyambut umpan terobosan ciamik kiriman Mateo Kovacic

Kedua kesebelasan pun mengisi sisa waktu dengan saling menyerang. Kepa Arrizabalaga gagalkan peluang Sadio Mane, sedang David Luiz melakukan penyelamatan krusial dengan membuang bola sundulan Roberto Firmino.

Gol penyama kedudukan pun datang di menit akhir waktu normal. Daniel Sturridge, yang baru masuk tiga menit, ketika mantan penggawa Chelsea itu melesakkan tendangan jarak jauh nan fantastis. Tak ada selebrasi berlebihan dari striker 29 tahun tersebut.

Ketika peluit panjang ditiup oleh wasit Andre Marriner, Maurizio Sarri dan Jurgen Klopp saling bersalaman sembari sunggingkan senyum. Pertanda hasil imbang ini sudah memuaskan.

Liverpool pun turun ke pos runner-up, di bawah City yang punya koleksi poin identik namun berbeda selisih gol. Chelsea berada di urutan tiga dengan total 17 poin sejauh ini.

4. Arsenal kembali ke lima besar usai kandaskan Watford dengan skor 2-0

Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester CityPremierLeague.com

Pada hari yang sama, Arsenal menekuk Watford dengan skor 2-0. Sayang kemenangan The Gunners harus dibayar mahal dengan cederanya kiper utama Petr Cech. Gawang Everton untuk pertama kalinya nirbobol sejak musim 2018/19 dimulai. The Toffees kandaskan perlawanan Fulham tiga gol tanpa balas. Berikut hasil lengkap tujuh pertandingan lainnya :

Sabtu, 29 September 2018 :

  • Huddersfield Town 0-2 Tottenham Hostspur, John Smith's Stadium - Huddersfield (Harry Kane 25', 34' Pen.)
  • Arsenal 2-0 Watford, Emirates Stadium - London (Graig Cathcart 81' Gbd.; Mesut Ozil 83')
  • Everton 3-0 Fulham, Goodison Park - Liverpool (Gylfi Sigurdsson 56', 89'; Cenk Tosun 66')
  • Newcastle United 0-2 Leicester City, St. James' Park - Newcastle-upon-Tyne (Jamie Vardy 30' Pen.; Harry Maguire 73')
  • Wolverhampton Wanderers 2-0 Southampton, Molineux Stadium - Wolverhampton (Ivan Cavaleiro 79'; Jonny 87')

Minggu, 30 September 2018 :

  • Cardiff City 1-2 Burnley, Cardiff City Stadium - Cardiff (Josh Murphy 60' - Johann Berg Gudmundsson 51'; Sam Vokes 70')

Senin, 1 Oktober 2018 :

  • Bournemouth 2-1 Cyrstal Palace, Vitality Stadium - Bournemouth (David Brooks 5'. Junior Stanislas 87' - Patrick van Aanholt 55')

5. Di pekan ke-8, Liverpool berkesempatan kembali merebut tahta klasemen dari Manchester City

Rekap Pekan Ketujuh Liga Inggris: Liverpool Tersikut Manchester CityPremierLeague.com

Matchday selanjutnya amat menentukan bagi Liverpool. Pasalnya, The Reds punya kesempatan kembali merebut posisi teratas klasemen Liga Inggris. Dengan catatan, Manchester City berhasil ditaklukkan kala saling duel di Anfield. Potensi "big match" nan panas seperti musim kemarin kembali menyeruak. Berikut jadwal pekan ke-8 selengkapnya:

Sabtu, 6 Oktober 2018:

  • Brighton & Hove Albion vs West Ham United, Amex Stadium - Brighton, 02:00 WIB (Live beIN Sports)
  • Burnley vs Huddersfield Town, Turf Moor - Burnley, 21:00 WIB
  • Crystal Palace vs Wolverhampton Wanderers, Selhurst Park - London, 21:00 WIB
  • Leicester City vs Everton, King Power Stadium - Leicester, 21:00 WIB (Live beIN Sports)
  • Tottenham Hotspur vs Cardiff City, Wembley Stadium - London, 21:00 WIB (Live beIN Sports)
  • Watford vs Bournemouth, Vicarage Road - Watford, 21:00 WIB
  • Manchester United vs Newscastle United, Old Trafford - Manchester, 23:30 WIB (Live beIN Sports & MNC TV)

Minggu, 7 Oktober 2018:

  • Fulham vs Arsenal, Craven Cottage - London, 18:00 WIB (Live beIN Sports)
  • Southampton vs Chelsea, St. Mary's Stadium - Southampton, 20:15 WIB (Live beIN Sports)
  • Liverpool vs Manchester City, Anfield - Liverpool, 22:30 WIB (Live beIN Sports & MNC TV)

Baca Juga: Berhasil Imbangi Chelsea, Inilah Misi Sulit Liverpool Selanjutnya

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya