Pasca Juara Piala Dunia, Seperti Ini Reaksi 8 Media di Prancis

#WorldCup2018 Semua kompak bergembira!

Prancis juara dunia! Itulah yang menghiasi pemberitaan seluruh dunia sejak Minggu (15/7/2018) lalu hingga kini. Tak ada gerai berita daring atau cetak mana pun di belahan bumi ini yang ketinggalan menuturkan bagaimana heroisme Les Blues dalam mengalahkan Kroasia di partai puncak.

Kegembiraan ikut dirasakan seluruh surat kabar di Prancis, baik nasional atau regional. Sambutan dan ucapan membanjiri halaman utama. Berikut ini penampakan beberapa halaman depan koran negeri mode tersebut yang terbit pada hari Senin (16/7/2018) kemarin, dilansir dari Theguardian.com dan Skysports.com.

1. Harian Le Figaro

Galeri ini dimulai dari Le Figaro, surat kabar nasional tertua yang sudah berdiri sejak tahun 1826. Mereka menulis kata-kata pendek di halaman pertama. "Hari Kejayaan Telah Tiba." Memang singkat, namun menggambarkan bagaimana naik-turun prestasi timnas Prancis pasca edisi 1998 akhirnya berakhir dengan bahagia.

2. Mingguan Le Journal de Dimanche

Mingguan yang hanya terbit hanya pada hari Minggu ini bahkan rela menerbitkan 20 halaman spesial pada malam harinya sebagai bentuk selebrasi. "Di Bintang-Bintang," tulis Le Journal de Dimanche sembari merujuk pada jumlah bintang di logo ayam jantan yang kini berganda menjadi dua.

3. HarianLibération

Harian berhaluan kiri-tengah yang didirikan oleh filsuf Jean-Paul Sartre dan koleganya sesama aktivis Serge July pada 1968 turut merayakan kemenangan Hugo Lloris dan kawan-kawan. Tulisan pendek warnai halaman pertama Liberation, hanya ada kata "Lagi!".

Hal yang dimaksud tentu saja keberhasilan Prancis menjadi jawara untuk kali kedua.

4. Harian Le Montagne

Haian yang terbit di provinsi Auvergne-Rhône-Alpes ini turut merayakan kemenangan. Yang unik, mereka menyebut skuat Prancis sebagai "Para Tsar". Tsar sendiri adalah gelar untuk pemegang tampuk Kekaisaran Rusia yang runtuh pada 1917.

Pasukan Didier Deschamps itu berhasil melakukan apa yang tak mampu dicapai Napoleon Bonaparte dua abad lalu, "menaklukkan" tanah Rusia.

5. Harian Le Parisien

Surat kabar kebanggan masyarakat ibukota Paris ini menulis dengan ringkas di halaman depan, "Kepala yang Mencapai Bintang-bintang." Sempat didera rasa khawatir akibat raihan di Piala Eropa 2016, mereka akhirnya bisa bernapas lega dengan trofi supremasi sepak bola dunia yang kembali diboyong ke Prancis.

6. Harian L'Equipe

"Kebahagiaan Abadi" terpampang jelas di halaman depan harian olah raga papan atas negeri Eiffel ini. Berkat capaian cemerlang untuk kedua kalinya, generasi emas kedua Prancis ini akan terpampang jelas di lembar buku sejarah selama puluhan mendatang.

7. Harian La Depeche du Midi

Harian yang terbit di provinsi Toulouse, barat daya Prancis, ini menulis singkat kata-kata yang wakili perasaan masyarakat Prancis kepada timnyasnya : "Kami Mencintai Kalian!". Usai episode buruk pada tahun 2010, Tim Ayam Jantan selalu identik dengan rasa pesimis dari publik sendiri.

Berkat trofi emas 18 karat tersebut, keraguan masyarakat atas 11 pemain terpilih pun lenyap tak bersisa.

8. Harian La Voix du Nord

Harian yang terbit di utara Prancis ini menulis judul yang amat sederhana. "Terima Kasih!" Perjuangan sebulan terakhir telah menyatukan rakyat Prancis dari berbagai latar belakang. Kini mereka berharap prestasi-prestasi lain datang pada masa yang akan datang.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya