Comscore Tracker

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risau

The Chivalrous duduki puncak klasemen sementara Grup D

Yordania mengawali langkah di Piala Asia U-23 2020 Thailand dengan meyakinkan. Berjumpa Korea Utara dalam matchday pertama Grup D di Buriram Stadium pada Jumat (10/1), mereka berhasil menang dengan skor tipis 2-1.

Sepasang gol Yordania lahir dari penalti gelandang Mohammad Bani Atieh (45+1') dan Omar Hani (74') yang masuk sebagai pemain pengganti. Sementara itu, sebiji gol hiburan Korut lahir dari sundulan Ryang Hyon-ju di penghujung pertandingan.

1. Striker Yordania U-23, Yazan Al Naimat (kiri), tampil kurang maksimal ketika berjumpa Korea Utara

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risauthe-afc.com

Akan tetapi, penampilan striker Yordania yakni Yazan Al Naimat menjadi sorotan. Dua peluang emasnya di depan gawang berhasil digagalkan oleh kiper Kang Ju-hyok. Namun, pelatih The Chivalrous yakni Ahmed Abu Ismael enggan merisaukan penampilan sang ujung tombak.

"Itu biasa terjadi dalam sepak bola. Kami masih yakin pada Yazan. Dia mampu mencetak gol pada pertandingan persahabatan sebelum turnamen ini. Kami pun percaya dia akan tampil lebih baik saat melawan Vietnam," ungkap Abu Ismael dalam sesi jumpa pers usai waktu normal rampung, seperti dikutip dari laman resmi the-afc.com.

2. Pelatih Yordania U-23, Ahmad Abu Ismael, menerapkan bola panjang demi mengatasi rapatnya pertahanan lawan

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risauthe-afc.com

Meski berhasil memetik poin penuh, Abu Ismael menyebut cuaca Thailand yang panas banyak mempengaruhi permainan Noor Al-Rawabdeh beserta kolega. Selain itu, skema defensif yang diperagakan sang lawan sempat merepotkan barisan penyerang Yordania.

"Cara kami bermain selalu berubah-ubah di setiap pertandingan, ini demi memperoleh hasil yang baik serta kebutuhan di lapangan. Korea Utara bermain dengan lima pemain bertahan, jadi kami pun memilih bermain dengan bola-bola panjang," ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-23 2020: Yordania Puncaki Klasemen Sementara Grup D

3. Korea Utara disebut belum siap mental di pertandingan pertamanya

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risauthe-afc.com

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, pelatih Korea Utara yakni Ri Yu-il memuji kemampuan para penyerang Yordania. Ia menyebut kualitas trio Mohammad Aburiziq, Yazan Al Naimat dan Ali Olwan jadi pembeda terbesar.

"Saya pikir kedua tim sudah bermain bagus dan memberikan yang terbaik. Kami punya beberapa kesalahan di lini pertahanan. Ini adalah pertandingan pertama para pemain kami dan mereka belum sepenuhnya siap secara mental," papar Yu-il.

4. Ri Yu-il, juru taktik Korea Utara U-23, berharap anak asuhnya tidak mengulang kesalahan di dua partai selanjutnya

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risauthe-afc.com

"Jordan memilih memainkan bola panjang ke depan. Mereka tahu striker mereka punya kualitas untuk menciptakan peluang dengan cara tersebut. Mereka semua punya kecepatan dan cukup berbahaya dalam situasi satu lawan satu," lanjutnya.

Tim kepelatihan Chollima disebut telah menganalisis dua lawan lainnya yakni Uni Emirat Arab dan Vietnam. Ri Yu-il berjanji memperbaiki kesalahan di laga kontra Yordania agar  lebih siap pada dua pertandingan berikutnya.

5. Chollima saat ini menjadi juru kunci klasemen sementara Grup D

Penampilan Striker Jadi Sorotan, Pelatih Yordania U-23 Enggan Risauthe-afc.com

Kemenangan membawa Yordania ke puncak klasemen sementara Grup D berkat tiga poin, disusul Vietnam yang berbagi angka dengan Uni Emirat Arab. Adapun Ri Yong-gwon cs duduk di peringkat terbawah.

Jika ingin segera mengamankan satu tiket ke babak gugur Piala Asia U-23 2020, Yordania wajib menang atas Vietnam saat saling jajal di Buriram Stadium pada Senin (13/1) mendatang. Sementara Korea Utara, pada hari yang sama, bakal menantang Uni Emirat Arab.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Australia vs Thailand, Tuan Rumah Pantang Keder

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya