Persib Terjegal di Batakan, Papan Atas Kembali Panas

Madura United tekuk si pemuncak klasemen dengan skor 2-1

Tak diperkuat sejumlah pemain intinya, Persib dijegal Madura United. Dalam partai usiran di Stadion Batakan Balikpapan pada Selasa (9/10) malam kemarin, tim tamu memboyong poin penuh berkat kemenangan 2-1.

MU memimpin lebih dulu di menit ke-27 berkat eksekusi penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Airlangga Sucipto menyentuh bola di area terlarang. Pangeran Biru baru membalas tiga menit usai babak kedua dimulai. Sundulan Muchlis Hadi Ning, manfaatkan tendangan bebas Supardi Nasir, gagal dijangkau oleh kiper Satria Tama.

Situasi imbang tak bertahan lama. Zah Rahan gandakan angka MU pada menit ke-59, manfaatkan kesalahan bek Syukur Fisabillah yang gagal menghalau umpan Greg Nwokolo dengan sempurna. Meski saling bertukar serangan di sisa waktu, tak ada gol tambahan tercipta.

1. Persib masih bertaji meski datang dengan kondisi skuat timpang

Persib Terjegal di Batakan, Papan Atas Kembali PanasPersib.co.id/Gregorius Aditya Katuk

Kendati menelan kekalahan, Mario Gomez sebagai juru taktik Persib tetap layangkan kredit pada seluruh pemainnya. Datang dengan kondisi skuat timpang, Maung Bandung tetap bertaji. "Kita memang kalah. Tapi sebenarnya kita bisa imbang karena kita banyak membuat peluang," ujarnya dalam sesi jumpa pers seusai laga seperti dikutip dari Persib.co.id.

Perkataan pelatih 61 tahun tersebut memang benar adanya. Berbicara statistik sepanjang 90 menit, lini depan mereka tetap ganas meski tanpa mesin gol andalan Eze-Bauman. Total 10 peluang tercipta, berbanding 6 untuk MU yang menguasai aliran bola (57%-43%).

Persib masih bertengger di puncak klasemen berkat torehan 44 poin. Namun jarak yang membentang dengan PSM Makassar si runner-up terpangkas menjadi tiga poin.

Baca Juga: Preview Persib Bandung Vs Madura United: Duel Tak Berimbang?

2. Sempat dibuat repot, Madura United akhirnya keluar sebagai pemenang

Persib Terjegal di Batakan, Papan Atas Kembali PanasInstagram.com/maduraunited.fc

Dalam kesempatan yang sama, Gomes de Oliviera menyebut Persib tetaplah tim dengan kolektivitas dan tekad tinggi. Fabiano Beltrame cs pun sempat dibuat repot oleh gelombang serangan beruntun.

"(Kami) melawan Persib yang punya kualitas sangat bagus. Pemain-pemainnya juga sangat berbahaya. Tapi kita bisa atasi. Kita bisa cetak dua gol dan memenangi pertandingan. Itu tidak lepas dari kerjasama, kerja keras dari pemain, berjuang 90 menit dan melakukan tugas mereka dengan baik," tandas pelatih asal Brasil tersebut.

Tiga poin di Batakan genapkan perolehan menjadi 39, sekaligus tuntaskan misi penebusan pasca hasil buruk pekan kemarin. Meski punya koleksi identik dengan Persija Jakarta, Laskar Sape Kerrab berhak tempati peringkat tiga sebab unggul selisih gol.

3. Di pekan 25 mendatang, kedua tim terlibat dalam partai "big match"

Persib Terjegal di Batakan, Papan Atas Kembali PanasInstagram.com/maduraunited.fc

Pekan depan, masing-masing tim terlibat duel berlabel "big match". Supardi Nasir beserta kolega melawat ke markas Persipura pada Senin (15/10), sementara Madura United menjamu pesaing berat yakni Persija di hari Minggu (14/10) mendatang.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan :

Persib (4-4-2)

Muhammad Natshir; Supardi Nasir, Victor Igbonefo, M. Syukur Fisabillah, Tony Sucipto; Atep (Henhen Herdiana, 72'), Hariono, Oh In-kyun, Pudja Abdillah; Muchlis Hadi Ning (Wildan Ramdhani, 74'), Airlangga Sucipto (Eka Ramdani, 46')

Madura United (4-3-3)

Satria Tama Hardianto; Benny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Guntur Ariyadi, Andik Rendika Rama; Engelberd Sani (Bayu Gatra, 61'), Lucky Wahyu (Mamadou Samassa, 46'), Asep Berlian; Slamet Nurcahyo (Munhar, 86'), Greg Nwokolo, Zah Rahan Krangar.

Baca Juga: Madura United Ancam Batalkan Laga Lawan Persib

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya