Bimbang Masalah Kandang, Menpora Dorong Persija Bangun Stadion Sendiri

Persija belum punya homebase dan kerap jadi musafir

Jelang bergulirnya Liga 1 musim 2018, Persija Jakarta rupanya dipusingkan dengan masalah homebase tim. Mereka memang memakai Stadion Utama Gelora Bung Karno selama beberapa tahun ini. Namun pada musim lalu harus 'menumpang' di Stadion Patriot Bekasi, setelah stadion terbesar di Indonesia tersebut harus direnovasi untuk keperluan Asian Games.

Ketiadaan stadion dengan fasilitas memadai di Jakarta membuat mereka kerap jadi tim musafir. Untuk musim ini, Persija mendaftarkan tiga stadion di sekitar ibu kota. Yaitu Stadion Patriot Bekasi, Stadion Pakansari Cibinong dan Stadion Wibawa Mukti Cikarang kepada operator kompetisi sebagai markas Ismed Sofyan dan kawan-kawan.

1. Direktur Utama Persija, I Gede Widiade (Kiri) saat menemui Menpora, Imam Nahrawi (Kanan) pada hari Rabu (7/3/2018) guna membahas stadion

Bimbang Masalah Kandang, Menpora Dorong Persija Bangun Stadion SendiriKemenpora.go.id

Direktur Persija, I Gede Widiade, pada hari Rabu (7/3/2018) telah menemui Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi di kantornya untuk membahas masalah polemik kandang tim mereka yang selalu mencuat jelang kompetisi dimulai.

"Saya coba respon, saya akan sampaikan kepada Bapak Wapres paling tidak solusinya apabila sedang tidak digunakan untuk Asian Games Agustus mendatang maka Persija dapat menggunakan Stadion Patriot di Bekasi atau Stadion Pakansari di Bogor saat Liga 1 dimulai," ujar Imam Nahrawi seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora.

2. Persija sempat menempati SUGBK selama beberapa musim sejak Stadion Lebak Bulus, yang merupakan kandang lama mereka, dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta

Bimbang Masalah Kandang, Menpora Dorong Persija Bangun Stadion SendiriTwitter.com/Persija_Jkt

Ketiga stadion yang diajukan rupanya juga dipakai sebagai venue cabang olahraga sepak bola. Alhasil manajemen Persija harus memutar otak guna mencari kandang alternatif bagi Macan Kemayoran di kota lain, jika kemungkinan terburuk jadi kenyataan. Di antaranya Stadion Manahan di Solo.

"Kami sudah melakukan persiapan. Kami juga sudah melakukan MoU dengan Askot (Asosiasi Kota) Solo jika Persija tidak diizinkan bermain di Jakarta, dan akan langsung menggunakan Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah dan mereka (Solo) menyatakan siap," ujar Gede Widiade.

3. Manajemen Persija menyiapkan rencana akan bermain di Solo jika rencana untuk memakai stadion di sekitar Jakarta gagal terlaksana

Bimbang Masalah Kandang, Menpora Dorong Persija Bangun Stadion SendiriPersija.id

Tak ingin masalah ini berlarut-larut, Menpora menyarankan agar Persija memulai rencana untuk membangun stadion sendiri. Tentu saja jadwal pertandingan kandang mereka tidak terganggu dengan agenda Timnas atau yang lain.

Liga-Indonesia.id sendiri melansir bahwa pihak Gede Widiade bersama petinggi klub yang lain mengaku telah mengantongi investor yang bersedia mewujudkan mimpi Persija memiliki stadion sendiri.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya