Comscore Tracker

Piala Asia 2019: Grup C, Derby Asia Timur dan Penentuan Nasib Filipina

Sengitnya berebut puncak klasemen serta peringkat ketiga

Grup C Piala Asia akan memasuki laga pamungkas babak penyisihan grup. Bertempat di Abu Dhabi dan Dubai, dua kota metropolitan Uni Emirat Arab, keempat kontestan bakal saling tarung. Ada perebutan status jawara grup, sedang yang lainnya adalah upaya terakhir sepasang tim semenjana lolos ke babak gugur.

Sarat gengsi sekaligus emosi? Sudah pasti. Apalagi jumlah poin dan selisih gol akan sangat menentukan dalam proses pembagian lawan di ronde selanjutnya. Berikut kami sajikan ulasan singkat Derby Asia Timur dan bentrok Kirgizstan kontra Filipina.

1. Korea Selatan vs Cina: Awas ada Son!

Piala Asia 2019: Grup C, Derby Asia Timur dan Penentuan Nasib Filipinathe-afc.com

Rabu 16 Januari 2019, Stadion Al Nahyan - Abu Dhabi, 20:30 WIB

Semua mata sedang tertuju pada Son Heung-min, winger andalan Taeguk Warriors yang akhirnya tiba di Dubai pada Selasa (14/1) kemarin usai bertugas untuk Tottenham Hotspur. Si penggawa 26 tahun tersebut dipercaya langsung turun di partai terakhir. Gentar? Mungkin. Tapi Marcelo Lippi, pelatih Cina, tak merasakannya.

"Penting bagi tim ini untuk terus tampil baik. Korsel penuh kualitas, dan Son hanya satu dari banyak pemain bagus yang mereka punya. Jika ingin menghentikan mereka, kami harus melakukannya sebagai sebuah tim. Itulah yang hendak saya lakukan," pungkas Lippi dalam sesi jumpa pers Selasa (15/1) kemarin seperti dilansir laman the-afc.com.

Ada pun Paulo Bento, juru taktik Korsel, rupanya belum pasti menurunkan Son. Kebugaran jadi pertimbangan utama, meski kemenangan pun penting demi merebut puncak klasemen dari tangan Team Dragon.

"Mereka adalah tim bagus dengan pelatih berkualitas yang sudah kenal baik seluk beluk sepak bola Asia. Cina hendak finis sebagai juara grup, begitu pula kami. Untuk menang, ada resiko harus diambil," tutur eks pelatih Portugal tersebut. Lantas resiko macam apa itu? Memasukkan Son Heung-min dalam daftar starter?

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan:

Korea Selatan (4-2-3-1)

Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Min-jae, Kim Young-gwon, Hong Chul; Hwang In-beom, Jung Woo-young; Son Heung-min, Hwang Hee-chan, Lee Chung-yong; Hwang Ui-jo

Cina (4-3-3)

Yan Junling; Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Shi Ke, Liu Yang; Hao Junmin, Zheng Zhi, Zhao Xuri; Wu Xi, Yu Dabao, Gao Lin

Baca Juga: Piala Asia 2019: Penalti Menit Akhir Bahrain Patahkan Harapan India

2. Kirgizstan vs Filipina: The Azkals bidik poin penuh

Piala Asia 2019: Grup C, Derby Asia Timur dan Penentuan Nasib Filipinathe-afc.com

Rabu 16 Januari 2019, Stadion Rashid - Dubai, 20:30 WIB

Di atas kertas, Filipina jelas lebih diunggulkan ketimbang sang lawan. The Azkals punya segudang pemain dengan kualitas mumpuni, termasuk hadirnya Sven-Goran Eriksson sebagai pemimpin di dapur strategi. Jika menang, peluang melaju ke Babak 16 Besar sedikit membesar meski harus menunggu hasil grup lain.

"Saya pikir Kirgizstan tampil baik di kedua pertandingan sebelumnya. Mereka berada dalam situasi yang sama seperti kami. Ini takkan menjadi laga yang mudah. ​​Tim lawan masih percaya dengan kesempatan lolos, begitu pula dengan tim Filipina," papar sosok gaek asal Swedia tersebut, Selasa (15/1) kemarin.

Sang kompatriot dari kubu seberang, Aleksandr Krestinin, dalam kesempatan terpisah mempertegas arti sebuah harapan. Dua kali berlaga, Valeriy Kichin beserta kolega sanggup repotkan tim-tim sarat pengalaman. Hal demikian diharapkan terulang di Dubai.

"Kami amat menantikan hari esok dengan semangat. Para pemain, staf, semua orang di balik layar dan saya pribadi jika para pemain akan tampil 100 persen demi memenangkan pertandingan penting ini," pungkasnya dalam kesempatan terpisah.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan:

Kirgizstan (3-4-1-1)

Kutman Kadyrbekov; Daniel Tagoe, Tamirlan Kozubaev, Valeriy Kichin; Kairat Zhyrgalbek Uulu, Aziz Sydykov, Edgar Bernhardt, Akhlidin Israilov, Bekzhan Sagynbaev; Farhat Musabekov; Mirlan Murzaev

Filipina (5-4-1)

Michael Falkesgaard; Luke Woodland, Alvaro Silva, Carli de Murga, Stephan Palla, Daisuke Sato; Patrick Reichelt, John-Patrick Strauss, Kevin Ingerso, Stephan Schrock; Javier Patino

3. Siapa finis di peringkat ketiga? Stephen Schrock dan kawan-kawan atau skuat Karakum Warriors?

Piala Asia 2019: Grup C, Derby Asia Timur dan Penentuan Nasib FilipinaGoal.com - the-afc.com

Catatan empat pertemuan terakhir Korea Selatan dan Cina:

09/12/2017 Korea Selatan 2-2 Cina (Piala Asia Timur)

23/03/2017 Cina 1-0 Korea Selatan (Kualifikasi Piala Dunia)

01/09/2016 Korea Selatan 3-2 Cina (Kualifikasi Piala Dunia)

02/08/2015 Cina 0-2 Korea Selatan (Piala Asia Timur)

Catatan dua pertemuan terakhir Kirgizstan dan Filipina:

09/11/2016 Filipina 1-0 Kirgizstan (Uji Coba)

06/09/2016 Kirgizstan 2-1 Filipina (Uji Coba)

Baca Juga: Piala Asia 2019: Hasil Imbang Kirim UEA & Thailand ke Babak Gugur

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya