Comscore Tracker

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluang

Bahrain butuh menang, Australia hanya ingin imbang

Australia enggan membuang peluang lolos ke babak gugur Piala Asia U-23 2020. Berjumpa Bahrain dalam match day pamungkas Grup A di Thammasat Stadium pada Selasa (14/1) malam, mereka langsung membidik hasil positif.

Mengawali langkah dengan hasil imbang kontra Irak, anak asuh Graham Arnold itu akhirnya memetik kemenangan dengan mengalahkan tim Thailand dengan skor 2-1 pada Sabtu (8/1) silam. Bersua The Red, Australia hanya butuh setidaknya hasil imbang alias satu poin.

1. Jika ingin lolos ke babak gugur, Australia minimal harus menahan imbang Bahrain

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluangthe-afc.com

Di Thailand, Olyroos berusaha mewujudkan ambisi tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Hanya ada tiga tiket yang tersedia. Berarti, Australia harus melaju sejauh mungkin demi wujudkan mimpi tampil lagi di Olimpiade untuk kali pertama sejak tahun 2008.

Sang pelatih kepala, Graham Arnold, sudah mewanti-wanti anak asuhnya untuk tampil total pada laga ini "Pesan kepada para pemain pada setiap pertandingan adalah percaya pada diri sendiri dan berusaha memenangkan setiap pertandingan," kata Arnold, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Senin (13/1) seperti dikutip dari laman resmi the-afc.com.

2. Kemenangan 2-1 atas Thailand disebut telah mendongkrak semangat tanding Olyroos

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluangthe-afc.com

Awal buruk Thomas Deng beserta kolega berhasil ditebus dengan menundukkan anak asuh Akira Nishino. Kendati sempat membuang kesempatan sapu bersih, pelatih tim senior Australia itu meminta anak asuhnya segera fokus pada partai terakhir babak penyisihan grup.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi, yang lalu biarkan berlalu. Yang bisa kami lakukan yakni mempersiapkan diri untuk pertandingan lawan Bahrain. Jadi, penting untuk bugar secepatnya sekaligus bersiap secara mental dan pikiran," tutup Arnold.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: UAE Mengalahkan Korea Utara 2-0

3. Bahrain wajib menang jika ingin menjaga harapan lolos ke fase knock-out

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluangthe-afc.com

Meski sedang terjerembap di posisi terbawah klasemen sementara, Bahrain masih bisa lolos ke babak gugur. Syaratnya? Mereka wajib menang atas Australia. Dibekuk 5-0 oleh Thailand, hasil imbang 2-1 atas Irak di match day kedua sudah cukup menjadi bekal di laga pamungkas.

Poin penuh akan membawa Bahrain finis dengan empat poin di atas Australia. Sementara siapa pun yang menang dalam duel Thailand versus Irak, tim tersebut berhak menemani Bahrain ke babak perempat final dengan status sebagai juara Grup A. Namun, misi tersebut memang terdengar mustahil.

4. Meski mustahil, skuad The Red masih yakin dengan sanggup genapkan misi menang

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluangthe-afc.com

Satu-satunya opsi yang dimiliki Bahrain tentu saja menang. Misi poin penuh pun dipancang kendati kalah kualitas dari sang calon lawan. Shamir Chammam, selaku pelatih kepala, berfokus pada pembenahan secara menyeluruh sebelum berjumpa Australia.

"Tak hanya mental, kami kami harus fokus pada segi kebugaran serta mempersiapkan fisik para pemain. Kami akan coba memaksimalkan kesempatan terakhir kami di grup demi mendapat tiga poin agar lolos ke babak gugur," papar pelatih berpaspor Tunisia tersebut dalam kesempatan terpisah.

5. Sanggupkah Thomas Deng dkk wujudkan ambisi tampil di Olimpiade Tokyo 2020?

Piala Asia U-23 2020: Bahrain vs Australia, Pantang Membuang Peluangthe-afc.com

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Bahrain (4-1-4-1)

Ammar Ahmed (GK); Salem Adel Hasan, Hamad Al-Shamsan, Sayed Ameen, Hasan Ali Al Karani; Abbas Fadhel Al Asfoor; Ahmed Saleh Sanad, Mohamed Ahmadi Abdulrahman, Jasim Al-Salama, Mohamed Marhoon; Sayed Hashim Isa

Australia (4-2-3-1)

Tom Glover (GK); Thomas Deng, Tass Mourdoukoutas, Dylan Ryan, Alex Gersbach; Joshua Laws, Zach Duncan; Jacob Italiano, Daniel Bouman, Reno Piscopo; Nicholas D'Agostino.

Baca Juga: Hasil Piala Asia U-23 2020: Menang 2-1, Australia Kudeta Thailand

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya