Comscore Tracker

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kunci

Gol kemenangan Korea Selatan dicetak oleh pemain pengganti

Sekali lagi, pergantian pemain terbukti menjadi salah satu senjata ampuh Korea Selatan dalam Piala Asia U-23 2020 Thailand. Berjumpa Yordania dalam laga perempat final di Thammasat Stadium, Rangsit, pada Minggu (19/1) kemarin, mereka berhasil menang berkat skor tipis 1-2.

Korsel berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-16, lewat sundulan Cho Kyu-seong. Namun Yordania berhasil menyamakan kedudukan berkat sepakan Yazan Al-Naimat (75'). Kemenangan anak asuh Kim Hak-bum baru datang tepat di menit terakhir pertandingan.

Tembakan bebas terukur dari Lee Dong-gyeong, yang baru masuk di awal babak kedua, tak sanggup dihalau oleh kiper Abdallah Al-Fakhouri. Ambisi Yordania tampil di semifinal --pertama kali sejak edisi 2013-- pupus dengan cara tragis.

1. Tendangan bebas Lee Dong-gyeong di menit ke-90+5' jadi penentu kemenangan Korea Selatan atas Yordania

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kuncithe-afc.com

Berbicara dalam jumpa pers selepas pertandingan, Kim Hak-bum menyebut laga kontra Yordania penuh kesulitan. Korsel sendiri menekan habis sejak menit pertama. Sebanyak 17 peluang --termasuk 11 tembakan tepat sasaran-- berhasil mereka ciptakan. Akan tetapi, sektor belakang Yordania amat sulit ditembus.

Kim bahkan menyebut bahwa Lee Sang-min beserta kolega sudah siap menjalani babak perpanjangan waktu. Beruntung gol Lee Dong-gyeong memberi rasa lega. Strategi pergantian pemain pun kembali memainkan peran krusial.

2. Jadwal padat dan kelelahan rupanya berimbas pada penampilan Taeguk Warriors

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kuncithe-afc.com

"Saya selalu tahu bahwa jalannya pertandingan akan ditentukan oleh pemain pengganti. Saya sempat ingin memainkan Lee Dong-gyeong di 30 menit terakhir. Namun saya harus memainkannya di awal babak kedua karena situasi di lapangan," tutur Kim, seperti dikutip dari laman the-afc.com.

Kim mengakui ada beberapa penggawa Taeguk Warriors mengalami penurunan dari segi performa lantaran jadwal padat. Upaya mengembangkan strategi sempat sulit. Beruntung mereka berhasil keluar dari tekanan dengan cara dramatis.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Korsel dan Uzbekistan Bakal Lolos dari Grup C?

3. Di semifinal, Korea Selatan akan berjumpa tim favorit lainnya yakni Australia

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kuncithe-afc.com

Pekerjaan berat sudah menunggu eks juru taktik Seongnam FC tersebut di babak semifinal. Australia, tim kuat lainnya, sudah menunggu mereka dalam duel sengit yang digelar pada Rabu (22/1) mendatang di Thammasat Stadium.

"Kami selalu berupaya memperbaiki masalah tersebut, sehingga kami tetap menguasai jalannya pertandingan. Kami dan Australia sudah saling tahu kekuatan satu sama lain. Namun kami tetap akan mempersiapkan diri sebaik mungkin, serta mencoba memperbaiki beberapa hal," tutup pria berusia 59 tahun tersebut.

4. Pelatih Yordania, Ahmed Abu Ismail, tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kuncithe-afc.com

Meski kalah secara tragis, pelatih kepala Yordania yakni Ahmed Abu Ismail tetap memuji penampilan para pemainnya. Kalah di detik terakhir memang dirasa sangat berat. Kendati demikian, Abu Ismail menyebut masa depan cerah sudah menunggu tim muda The Chivalrous.

"Sebagian besar pemain di tim ini baru berusia 19 dan 20 tahun. Saya yakin mereka akan menjadi masa depan sepak bola Yordania. Tim nasional juga akan mengandalkan mereka di tahun-tahun mendatang," tuturnya dalam kesempatan terpisah.

5. Noor Al-Rawabdeh cs disebut akan jadi andalan skuad senior The Chivalrous

Piala Asia U-23 2020: Kim Hak-bum Sebut Pergantian Pemain Jadi Kuncithe-afc.com

Berbicara perihal jalannya pertandingan, Noor Al-Rawabdeh beserta kolega disebutnya sudah bermain taktis dan berhati-hati sepanjang babak pertama. Dan strategi tersebut bukannya tanpa alasan.

"Karena cuaca panas, dan keinginan menjaga kondisi para pemain untuk babak kedua, kami memilih berhati-hati jika ingin menyerang. Di babak kedua kami tampil dengan tujuan menciptakan peluang sebanyak mungkin. Kami berhasil menyamakan kedudukan, dan nyaris membalikkan keadaan," pungkas Abu Ismail.

Baca Juga: Piala Asia U-23 2020: Korea Selatan Sukses Menuju Semifinal

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya