Piala Super Jerman 2017: Der Klasiker Milik Bayern Munich

Sebelum kemenangan ini, performa Bayern dipertanyakan sebab selalu menuai hasil buruk dalam beberapa pertandingan pra-musim.

Bayern Munich menyongsong Bundesliga musim 2017/2018 dengan cemerlang setelah mempermalukan tuan rumah Borussia Dortmund dalam ajang pemanasan DFL-Supercup dini hari tadi (06/08/2017).

Di hadapan lebih dari 80 ribu suporternya, Dortmund unggul lebih dahulu melalui Christian Pulisic pada menit ke-12 setelah memanfaatkan kesalahan bek Javi Martinez. Namun tidak butuh waktu lama, Bayern menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian setelah Robert Lewandowski menceploskan bola ke gawang Roman Burki hasil umpan Joshua Kimmich. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua kedua tim saling bertukar serangan dan meningkatkan intensitas permainan. Dortmund membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui gol chip Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-71 setelah Ousmane Dembele mengirimkan umpan hasil perebutan bola dengan Lewandowski. Sial bagi Dortmund, dua menit menjelang waktu normal berakhir, kiper Roman Burki gagal menangkap bola liar membentur rekan setimnya bek Lukasz Piszczek. Skor 2-2 memaksa dua tim menjalani babak adu penalti.

Babak adu penalti rupanya tidak berpihak bagi Dortmund setelah Marc Bartra dan Sebastian Rode gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Sementara Bayern yang menyiapkan enam eksekutor, hanya Joshua Kimmich yang gagal menyarangkan bola ke gawang. Hasil akhir adu penalti 5-4 untuk kemenangan Bayern. Piala Super Jerman pun menjadi trofi pertama Bayern musim ini.

Sebelum kemenangan ini sendiri, performa Bayern sempat dipertanyakan sebab menuai hasil buruk dalam beberapa rangkaian pertandingan pra-musim. Die Roten harus mengalami lima kekalahan melawan Napoli (2-0), Liverpool (3-0), Inter Milan (2-0), AC Milan (4-0), dan kalah adu penalti melawan Arsenal. Kemenangan ini juga membuat Carlo Ancelotti menjadi pelatih non-Jerman pertama yang menjuarai Piala Super Jerman dua kali berturut-turut.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya