Comscore Tracker

Play-Off AFC Cup 2020 Resmi Dimulai, 19 Tim Berebut 7 Tempat Tersisa

Indonesia kembali diwakili oleh Bali United dan PSM Makassar

Kompetisi sepak bola Asia antar klub kembali diputar pada bulan pembuka tahun 2020. Setelah AFC Champions League pada pekan silam, kini giliran AFC Cup yang menghelat babak kualifikasi.

Sebanyak 19 tim dari Asia Barat hingga Asia Timur bakal saling berjibaku memperebutkan tujuh tempat tersisa di babak penyisihan grup kejuaraan antar klub level dua tersebut.

Edisi ke-17 pun terasa istimewa. Untuk kali pertama sejak pada tahun 2004, siapa pun pemenang AFC Cup 2020 langsung mendapat tiket menuju babak play-off AFC Champions League musim 2021.

1. Iklim kompetisi yang meningkat membuat sejumlah perubahan dibuat dalam AFC Cup 2020

Play-Off AFC Cup 2020 Resmi Dimulai, 19 Tim Berebut 7 Tempat Tersisathe-afc.com

Sekretaris Jenderal AFC, Dato' Windsor John, menyebut bahwa kebijakan tersebut didasarkan atas banyak pertimbangan. Namun semuanya sejalan dengan visi-misi pihak AFC sendiri.

"AFC berkomitmen untuk terus menumbuhkan kualitas kompetisi antar klub. Dan dalam beberapa edisi terakhir, peningkatan signifikan telah terjadi. Selain memberi jalan untuk pemenangan AFC Cup, peningkatan subsidi para peserta dalam laga away serta jumlah hadiah bagi pemenang juga dilakukan," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi the-afc.com.

2. AFC Cup jadi wadah para klub Asia merasakan level kompetisi yang keras selain AFC Champions League

Play-Off AFC Cup 2020 Resmi Dimulai, 19 Tim Berebut 7 Tempat Tersisathe-afc.com

Dato' Windsor turut menyebut bahwa AFC Cup jadi wadah para klub-klub se-Asia untuk merasakan pengalaman tampil di level internasional selain ajang AFC Champions League, sekaligus mengembangkan kualitas melalui level yang lebih tinggi.

Sejak 2017 silam, format AFC Cup diubah dengan pembagian berdasarkan wilayah geografis. Alhasil kesempatan tim-tim asal Asia Tenggara, Tengah, Selatan dan Timur untuk menembus babak final terbuka lebar. Altyn Asyr (Turkmenistan) dan 4.25 (Korea Utara) sudah membuktikannya pada edisi 2018 dan 2019.

"Dengan kesempatan ini, saya mengucapkan semoga sukses bagi semua klub yang berlaga di AFC Cup. Semoga tim terbaik-lah yang menjadi pemenang. Semoga kejuaraan ini akan selalu disambut dengan antusias oleh penggemar sepak bola di seluruh penjuru Asia," tutupnya.

Baca Juga: Play-Off Belum Dihelat, PSM Sudah Kebagian Tempat di AFC Cup 2020

3. Al-Ahed (Lebanon), juara AFC Cup 2019, tergabung di Grup A

Proses pengundian grup sendiri sudah dilakukan pada 10 Desember silam. Sebanyak 29 klub --sebanyak 7 diantaranya juga mengikuti kualifikasi AFC Champions League 2029-- sudah terbagi ke dalam sembilan grup yang masing-masing berisi empat konsisten.

Sang juara bertahan yakni tim Al-Ahed asal Lebanon --juga juara Liga dan Piala Lebanon musim 2018/19-- tergabung di Grup A bersama Manama Club (runner-up Bahrain Premier League musim 2018/19) dan Al-Jaish (juara Liga Suriah 2018/19), dengan satu tempat lowong untuk pemenang play-off Zona Asia Barat.

Indonesia sendiri menyumbang dua wakil yakni Bali United (juara Liga 1 2019) dan PSM Makassar (juara Piala Indonesia 2018/19). Jika Serdadu Tridatu berhasil tampil di putaran final AFC Champions League 2020, tempat mereka di Grup G bakal menjadi milik runner-up Liga 1 2019 yaitu Persebaya Surabaya.

4. Salah satu wakil Indonesia, PSM Makassar, memulai langkah di babak play-off

Play-Off AFC Cup 2020 Resmi Dimulai, 19 Tim Berebut 7 Tempat Tersisathe-afc.com

Enam tim Zona ASEAN harus berjuang meraih tiga tiket tersisa ke babak penyisihan grup. Tiga laga leg pertama digelar pada Rabu (22/1) esok, dengan leg kedua diadakan pada 29 Januari mendatang. Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar jadi tempat jawara Timor Leste, Lalenok United, menjamu PSM Makassar.

Phnom Penh Olympic Stadium pada petang harinya mementaskan duel Svay Rieng (juara Liga Kamboja) kontra Master 7 yang menjadi runner-up Liga Laos musim 2019. Menginjak malam, giliran Indera SC --satu-satunya klub Brunei Darussalam yang mengantongi lisensi AFC-- berjumpa pemenang Piala Myanmar 2019, Yangon United di Hassanal Bolkiah National Stadium.

5. Hilal Al-Quds (Palestina) berpeluang tampil di kejuaraan AFC Cup untuk kali keempat

Play-Off AFC Cup 2020 Resmi Dimulai, 19 Tim Berebut 7 Tempat Tersisathe-afc.com

Babak gugur pertama untuk Zona Asia Selatan turut dihelat pada Rabu malam. Pemenang Liga Sri Lanka 2018/19, Defenders FC, dengan Paro FC sang kampiun Liga Bhutan 2019. Laga tersebut berlangsung di Colombo Racecourse Sports Complex.

Adapun babak play-off perebutan satu tempat tersisa di Grup A berlangsung hari Selasa (21/1) ini. Wakil Palestina yakni Hilal Al-Quds, --pemenang West Bank Premier League 2018/19-- menjamu Sur SC selaku jawara Piala Oman 2019 di hadapan publik Faisal Al-Husseini International Stadium, Kota Al-Ram.

Baca Juga: PSM Makassar Jumpa Juara Liga Timor Leste di Play-Off AFC Cup 2020

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya