Comscore Tracker

Barito Putera Vs PSM Makassar, Misi Berat di Pundak Tim Tamu

PSM datang ke Banjarmasin tanpa tiga pemain asing...

Senin 16 April 2018, Stadion 17 Mei Banjarmasin, 15:30 WIB (Live tvOne)

PSM Makassar datang dengan tugas maha berat, yakni menebus kekalahan yang mereka dapatkan pada pekan kemarin saat takluk 2-3 oleh Persela di kandang sendiri. Namun mereka bertandang tanpa menyertakan dua pilar penting.

Marc Klok terpaksa absen akibat akumulasi kartu kuning sementara Wiljan Pluim harus kembali ke Belanda sementara waktu untuk urusan keluarga.

Di sisi lain, Barito Putera sebagai tuan rumah pun bukan tim yang bisa diremehkan. Hasil impresif mereka pekan ketiga yang lalu mengalahkan tuan rumah Persebaya dengan skor tipis 1-2, sudah cukup memberi gambaran besar bahwa performa Barito kian menanjak dari hari ke hari.

1. Barito Putera tengah dalam motivasi tinggi pasca mengalahkan Persebaya pekan kemarin

Barito Putera Vs PSM Makassar, Misi Berat di Pundak Tim TamuInstagram.com/psbaritoputeraofficial

Namun Jacksen F. Tiago, pelatih kepala Barito Putera, tak ingin terlena dengan kondisi skuat PSM yang tengah pincang. Baginya, baik pemain inti maupun cadangan tim tamu punya kualitas hampir setara hingga tetap berpotensi menyulitkan tuan rumah di kandang sendiri, seperti yang mereka lakukan musim lalu.

"PSM tetap bermain dengan 11 pemain, bukan? Tidak ada keuntungan buat kami, selagi lawan bermain komplet. Selain itu semua orang juga tahu sejarah PSM di persepakbolaan Indonesia. Harapan saya tahun ini bisa mengubah catatan itu (imbang musim lalu). Kami sudah melakukan persiapan dengan sangat baik," ujar coach Jacksen dalam jumpa pers pra-pertandingan pada Minggu (15/4/2018) siang kemarin, seperti dikutip dari Liga-Indonesia.id.

Lini belakang Laskar Antasari bisa sedikit bernafas lega dengan kembalinya bek tengah Hansamu Yama dari cedera. Duetnya sebagai palang pintu bersama Aaron Evans diharapkan bisa meredam serangan PSM yang terbiasa mengandalkan kecepatan dari sisi sayap.

2. Robert Rene Alberts, pelatih PSM, datang ke Banjarmasin dengan target yang realistis

Barito Putera Vs PSM Makassar, Misi Berat di Pundak Tim TamuInstagram.com/psbaritoputeraofficial

Di lini tengah, Barito bisa dibilang tanpa cacat. Mobilitas Gavin Kwan Adsit dan Rizky Pora yang mereka tunjukkan pekan lalu berpotensi kembali terjadi dalam laga ini. Paulo Sitanggang, Matias Cordoba dan Douglas Packer akan kembali bahu membahu membantu sang ujung tombak Samsul Arif dalam membongkar pertahanan tim tamu.

Sementara itu Robert Rene Alberts selaku pelatih PSM mengaku tak pusing akibat absennya sejumlah pemain penting. Dirinya menegaskan bahwa Zulkifli Syukur dan kawan-kawan akan tampil dengan strategi berbeda untuk mengakali lubang di lini tengah, ditambah absennya striker Bruce Djite yang masih dalam tahap pemulihan cedera.

"Pertandingan besok akan berbeda. Kami akan bermain tanpa tiga pemain asing. Ini perbedaan besarnya dengan tiga pertandingan sebelumnya. Tapi melihat kondisi yang ada, hasil imbang nampaknya sudah cukup memuaskan bagi kami," tuturnya dalam kesempatan yang sama seperti dilansir oleh situs resmi klub PSMMakassar.co.id.

3. "Juku Eja" kemungkinan akan merotasi pemain di beberapa posisi

Barito Putera Vs PSM Makassar, Misi Berat di Pundak Tim TamuInstagram.com/psm_makassar

Secara umum, tak ada masalah di barisan belakang Juku Eja. Namun rotasi akan dilakukan di lini tengah sejak Klok dan Pluim harus absen. Asnawi Mangkualam, Rizky Pellu, M Arfan dan Rasyid Bakri bisa menjadi solusi tepat.

Apalagi keempat-empatnya dikenal sebagai tipikal pemain ngotot sekaligus memiliki kualitas individu yang memadai.

Di lini depan, coach Robert mungkin masih akan mengandalkan trio M. Rahmat, Ferdinand Sinaga dan Guy Junior. Namun kendala seret gol di tiga partai sebelumnya bisa saja membuat juru taktik asal Belanda tersebut memilih memberi variasi, dengan memberi kesempatan kepada duet winger lincah Arsyad Yusgiantoro dan Zulham Zamrun untuk tampil sebagai starter.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

Barito Putera (4-5-1)
(Kiper) Adhitya Harlan; (Belakang) Nazar Nurzaidin, Aaron Evans, Hansamu Yama, Rony Beroperay; (Tengah) Gavin Kwan Adsit, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Rizky Rizaldi Pora; (Depan) Samsul Arif

PSM (4-3-3)
(Kiper) Shahar Ginanjar; (Belakang) Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Fauzan Jamal; (Tengah) Asnawi Mangkualam, Rasyid Bakri, M. Arfan; (Depan) Ferdinand Sinaga, Guy Junior, M. Rahmat.

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You