Preview Italia Vs Polandia: Melihat Mancini Bekerja

Apakah debut Mancini sebagai pelatih Italia berakhir manis?

(League A, Grup 3) Sabtu 8 September 2018, Stadio Renato Dall'Ara Bologna, 01:45 WIB

Usai mengembara di tanah Inggris, Turki dan Rusia, Roberto Mancini kembali ke kampung halaman sebagai tempat baru untuk berbakti. Timnas Italia memang butuh diselamatkan sebelum makin terpuruk. Gagal lolos ke Piala Dunia 2018 jadi pertanda bahwa mereka tengah dalam situasi genting.

Eks pelatih Manchester City tersebut siap lakoni partai debut sebagai juru taktik Gli Azzuri. Jika sebelumnya dua hanya sebagai pemain (1984-1994), sosok berusia 53 tahun tersebut kali ini bertindak sebagai pemberi komando di pinggir lapangan. Publik dalam negeri Pisa berharap banyak pada sentuhan magisnya.

1. Mancini punya tugas kembali pulihkan marwah tim nasional Italia

Preview Italia Vs Polandia: Melihat Mancini BekerjaTwitter.com/Vivo_Azzurro

Menjamu Polandia sebagai langkah pertama di UEFA Nations League 2018/19, perhatian tertuju kepada tuan rumah. Dari lima partai uji coba sejak bulan Maret, Giorgio Chiellini dan kawan-kawan baru sekali menang (2-1 atas Arab Saudi).

Selebihnya? Dua hasil imbang 1-1 kala bersua Inggris dan Belanda, ditambah sepasang kekalahan dari Argentina (0-2) dan Prancis (1-2). Performa naik turun di bawah caretaker Luigi Di Biagio jadi pekerjaan rumah terpenting sang pelatih anyar.

Dibalik kondisi compang-camping skuatnya, Mancini enggan ikut merasa keder. "Besok akan menjadi pertandingan resmi pertama saya dengan tim nasional, dan itu bakal sarat dengan emosi. Selalu ada perasaan istimewa ketika memulai sebuah kompetisi," tuturnya dalam sesi jumpa pers pada hari Kamis (6/9) kemarin seperti dilansir Sky Sports.

2. Jerzy Brzeczek, juga lakoni debut sebagai pelatih Polandia

Preview Italia Vs Polandia: Melihat Mancini BekerjaPZPN.pl

Berbicara segi materi pemain, Mancini mengusung rasa optimis atas pilihannya memanggil pemain-pemain muda. Dari daftar 30 pemain, terdapat 17 nama yang berusia di bawah 25 tahun. Ada bek Alessio Romagnoli (AC Milan), gelandang Lorenzo Pellegrini (AS Roma) dan penyerang Federico Bernardeschi yang tengah melejit bersama Juventus.

Polandia sang tamu juga bernasib serupa. Pasca catatan buruk di musim panas kemarin, Adam Nawalka langsung didepak dari kursi pelatih. Posisi kemudian diserahkan kepada Jerzy Brzeczek. Namun, banyak yang mempertanyakan kapasitas gelandang timnas era 1990-an tersebut. Dirinya memang lebih banyak mondar-mandir di tim semenjana Liga Polandia.

3. Salah satu pemain muda yang dipanggil adalah Krzystof Piatek, striker muda milik Genoa

Preview Italia Vs Polandia: Melihat Mancini Bekerja90Min.com

"Ini adalah tugas pertama saya. Kami akan memulai babak baru juga dengan orang-orang baru. Melawan Italia akan menjadi laga menarik, sebab kami mengalami situasi yang sama persis. Selain itu, ini adalah ujian yang menentukan apakah pemain-pemain pilihan saya sudah tepat," ungkap Brzeczek kepada UEFA.com.

Perubahan besar-besaran terlihat dari daftar pengisi skuat Orly alias "Si Elang". Enam pemain berpotensi jalani debut pertama bersama Polandia. Salah satunya adalah Krzysztof Piatek, striker 23 tahun yang tengah naik daun bersama Genoa di Serie A.

4. Sanggupkah performaSi Elang kembali menanjak pasca gagal di musim panas kemarin?

Preview Italia Vs Polandia: Melihat Mancini BekerjaFIFA.com

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Italia (4-3-3)

Gianluigi Donnarumma; Davide Zappacosta, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Domenico Criscito; Marco Benassi, Jorginho, Lorenzo Pellegrini; Federico Chiesa, Mario Balotelli, Lorenzo Insigne

Polandia (4-4-2)

Lukasz Fabianski; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Marcin Kaminski, Arkadiusz Reca; Jakub Blaszczykowski, Grzegorz Krychowiak, Piotr Zielinski, Rafal Kurzawa; Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski

Catatan lima pertemuan terakhir :

11/11/2011 : Polandia 0-2 Italia (Uji Coba)

12/11/2003 : Polandia 3-1 Italia (Uji Coba)

30/04/1997 : Italia 3-0 Polandia (Kualifikasi Piala Dunia 1998)

02/04/1997 : Polandia 0-0 Italia (Kualifikasi Piala Dunia 1998)

16/11/1985 : Polandia 1-0 Italia (Uji Coba)

Baca Juga: Kisah Kiper Cagliari Davide Capello Selamat dari Jembatan Rubuh Italia

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya