Preview Persebaya Vs Persela: Saatnya Green Force Lepas dari Krisis!

Ada satu faktor pemberi kejutan: Bejo Sugiantoro

Minggu 5 Agustus 2018, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 15:30 WIB (Live Indosiar)

Persebaya baru saja merelakan Alfredo Vera, pelatih yang membawa mereka promosi, mundur dari tim kepelatihan. Buntut krisis poin selama tiga pekan terakhir berujung pada keputusan pahit. Alfredo pun letakkan jabatan sebagai bentuk tanggung jawabnya.

Kini tongkat kepelatihan untuk sementara berpindah ke asisten pelatih Bejo Sugiantoro. Selama dua gameweek ke depan, sang mantan penggawa bertindak sebagai peracik strategi. Dan tugas perdananya adalah laga kontra Persela, tim tetangga yang sedang panas-panasnya.

1. Bejo Sugiantoro, caretaker Persebaya, memotivasi pasukannya agar keluar dari tren negatif

Preview Persebaya Vs Persela: Saatnya Green Force Lepas dari Krisis!Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Mau tak mau, Bajul Ijo bakal berusaha keras amankan kemenangan. Duduk di peringkat 15 klasemen sementara, melepas tiga poin berharga bakal berimbas kepada posisi yang makin melorot. Harapan pun dipanjatkan, sentuhan pertama sang caretaker amat ditunggu oleh para Bonekmania.

"Saya memotivasi pemain untuk memenangkan pertandingan nanti. Sebab, motivasi pemain adalah kunci. Ini bukan masalah dia berasal dari mana. Yang penting mereka membawa nama Persebaya," tutur Bejo Sugiantoro dalam sesi konferensi pers pada hari Sabtu (4/8/2018) kemarin seperti dikutip dari situs Persebaya.id.

Menilik catatan pertemuan kedua tim, hasilnya condong kepada sang tuan rumah. Dari total 8 laga, Persebaya berhasil menang sebanyak 5 kali, sekali imbang dan sepasang kemenangan untuk Persela. Di putaran pertama musim ini, mereka berhasil paksakan hasil imbang saat berduel di Stadion Surajaya Lamongan.

2. Minim pengalaman di dunia kepelatihan, Bejo malah berpotensi memberikan kejutan

Preview Persebaya Vs Persela: Saatnya Green Force Lepas dari Krisis!Persebaya.id/Satrio Wicaksono

Semangat, itulah kunci utama Rendi Irwan dan kawan-kawan untuk lepas dari episode buruk. Kepercayaan akan tuah kandang yang sempat hilang pada saat menjamu Persib dua pekan kemarin kembali dikibarkan setinggi mungkin. Kembalinya beberapa pemain dari meja perawatan dan sanksi akumulasi kartu membuat Green Force tak lagi punya alasan untuk kalah.

Di sisi lain, Persela datang sebagai pasukan pemburu poin. Pasca taklukkan Persipura di pekan sebelumnya, ambisi Laskar Joko Tingkir merangsek ke papan atas dari peringkat 8 kembali dipancang sedalam mungkin. Terlebih mereka punya predator baru-tapi-lama di sektor depan bernama Dendy Sulistyawan.

Namun mereka datang ke Kota Pahlawan tanpa empat pemain kunci. Mereka adalah Loris Arnaud dan Diego Assis yang mendapat sanksi larangan bertanding, Fahmi Al Ayyubi dengan alasan cedera serta Saddil Ramdani yang masih jalani pemusatan latihan bersama Timnas U-23.

3. Persela siap memberi kesempatan kepada para rekrutan baru untuk kembali unjuk gigi

Preview Persebaya Vs Persela: Saatnya Green Force Lepas dari Krisis!Instagram.com/perselafc

Beberapa nama pengganti telah disiapkan oleh pelatih kepala Persela, Aji Santoso. Dirinya berharap agar starting eleven yang turun menantang Persebaya bisa melakukan instruksi dengan baik. Tiga pemain anyar mereka yakni Dendy, Gian Zola serta Ahmet Atayev juga bakal kembali diberi kesempatan unjuk gigi.

"Di dalam melatih sebuah tim, saya tidak pernah tergantung dengan salah satu pemain. Ini kesempatan bagus pemain lain sebagai pengganti pemain yang absen. Menurut saya filter penting dalam sepakbola adalah kesempatan," ujar coach Aji dalam kesempatan yang sama seperti dikutip dari PerselaFootball.com.

Lebih lanjut, coach Aji mewaspadai perubahan kubu tuan rumah. Bagi bek Timnas era 1990-an itu, kehadiran sosok peracik baru di dapur strategi tim akan menyuntik motivasi berlebih. Fakta bahwa Bejo Sugantoro sebelumnya hanya berstatus sebagai pelatih Persebaya U-19 bisa menambah satu faktor tambahan yakni kejutan.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya