Borneo FC Vs Bali United, Mampukah Tuan Rumah Keluar Dari Krisis?

Misi Diego Michiels dan kawan-kawan: Harus menang!

Rabu 23 Mei 2018, Stadion Segiri Samarinda, 20:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Kemelut dalam Borneo FC belum juga reda. Kalah 0-1 dari PSM beberapa hari yang lalu kian tenggelamkan tim kebanggaan kota Samarinda tersebut di papan bawah. Meski pada pekan ini menjamu Bali United, bermain di Segiri malah menjadi semacam beban berat.

Hasil seri dalam dua laga kandang terakhir menjadi bukti, bahwa mereka harus bekerja lebih keras demi pulihkan keangkeran stadion berkapasitas 16 ribu penonton tersebut.

Jika tak ingin berlarut, maka hanya kemenangan yang bisa membawa mereka dari krisis. Pelatih Borneo FC, Dejan Antonic, harus memutar otak mencari strategi yang tepat jelang laga penting ini. Enam pekan tanpa satu pun kemenangan bukanlah hal yang diinginkan oleh publik tuan rumah.

Hasil buruk pekan lalu harusnya bisa menjadi bahan evaluasi tersendiri, utamanya dari segi konsentrasi di menit-menit akhir.

1. Sekali lagi, misi meraih kemenangan coba diapungkan oleh tim asuhan Dejan Antonic tersebut

Borneo FC Vs Bali United, Mampukah Tuan Rumah Keluar Dari Krisis?Instagram.com/borneofc.id

Dilansir dari laman Liga-Indonesia.id, coach Dejan dalam sesi konferensi pers pra-pertandingan pada hari Selasa (22/5/2018) kemarin, mewanti-wanti pasukannya agar bermain maksimal demi raihan poin penuh tanpa memandang siapa sang tamu.

Pengalaman pahit dalam kurun enam minggu terakhir harusnya menjadi pelajaran berharga sekaligus modal untuk bangkit.

Meski tanpa kiper M Ridho dan bek kiri Abdul Rachman yang harus menepi ke meja perawatan, Pesut Etam isyaratkan akan tampil ngotot. Pada barisan belakang, Azamat Baimatov dan Mohamadou Al Hadji harus waspada dengan pemain sayap Bali United yang dikenal lincah.

Sedikit saja lengah, umpan silang atau mendatar sekalipun bisa patahkan gemilangnya kiper Nadeo Argawinata.

2. Arsitek Bali United, Widodo C Putro, waspadai motivasi tinggi tim tuan rumah

Borneo FC Vs Bali United, Mampukah Tuan Rumah Keluar Dari Krisis?BaliUtd.com/Ewin Setyo

Barisan pemain tengah diperkirakan masih akan diisi Julien Faubert, Srdjan Lopicic dan Sultan Samma. Penampilan apik trio ini saat bersua PSM diharapkan bisa kembali berlanjut.

Di barisan depan, Lerby Eliandry berpotensi kembali menjadi ujung tombak meski opsi lain. Yakni Marlon da Silva bisa dicoba jika coach Dejan menginginkan sedikit variasi.

Sementara itu, Widodo C Putro selaku juru taktik Bali United juga targetkan poin dalam lawatannya ke Samarinda.

"Kami datang tentu ingin meraih hasil positif. Tapi kami juga tetap menaruh rasa hormat pada tuan rumah yang merupakan tim yang bagus. Kami juga melihat mereka hanya kurang beruntung sehingga gagal meraih kemenangan di beberapa pertandingan terakhir," terang coach Widodo dalam kesempatan yang sama, seperti dikutip dari BaliUtd.com.

3. Tanpa Bachdim dan Spaso, "Serdadu Tridatu" tetap turunkan sejumlah pemain penting seperti Stefano Lilipaly

Borneo FC Vs Bali United, Mampukah Tuan Rumah Keluar Dari Krisis?Instagram.com/baliunitedfc

Demerson dan Ahn Byung-keon di tembok pertahanan Serdadu Tridatu punya tugas ganda. Yakni mempersempit ruang gerak dan memotong alur bola dari lini tengah Borneo.

Mereka tampaknya harus sering-sering terlibat duel dengan Lerby Eliandry. Mengingat striker tuan rumah itu punya postur tinggi yang menguntungkan dalam bola-bola udara.

Tanpa Irfan Bachdim di sisi sayap, perubahan strategi akan dilakukan oleh coach Widodo. Bisa saja Bali United akan menumpuk pemain di lini tengah sebagai usaha mematikan kreativitas gelandang Borneo. Yandi Sofyan Munawar sendiri akan mengisi pos Ilija Spasojevic sebagai ujung tombak yang kosong akibat cedera.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim:

Borneo FC (4-2-3-1)
(Kiper) Nadeo Argawinata; (Belakang) Diego Michiels, Mohamadou Al Hadji, Azamat Baimatov, Leonard Tupamahu; (Tengah) Julien Faubert, Sultan Samma; Abrizal Umanailo, Srdjan Lopicic, Titus Bonai; (Depan) Lerby Eliandry

Bali United (4-5-1)
(Kiper) Wawan Hendrawan; (Belakang) I Made Andhika Wijaya, Demerson Costa, Ahn Byung-keon, Ricky Fajrin; (Tengah) Milos Krkotic, Fadil Sausu, Muhammad Taufiq, Stefano Lilipaly, Nick Van der Velden; (Depan) Yandi Sofyan Munawar.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya