Persija Jakarta Vs Johor Darul Ta'zim, Dua Macan Siap Saling Terkam!

Sama-sama ingin menang demi menjaga peluang lolos ke babak gugur

Selasa 10 April 2018, Stadion Utama Gelora Bung Karno, 18:30 WIB (Live Fox Sports dan RCTI)

Persija Jakarta akan menjamu tamu mereka asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim, dalam lanjutan matchday kelima AFC Cup pada Selasa (10/4/2018) malam. Kedua tim rupanya punya misi yang sama yaitu memelihara kans untuk lolos ke babak 16 besar alias menang. Apalagi posisi mereka di klasemen tak terpaut jauh, sama-sama mengoleksi poin 7 meski berbeda selisih gol.

Bagi tuan rumah, laga ini jelas menguntungkan sebab digelar di Jakarta. Dukungan puluhan ribu Jakmania diharapkan bisa memacu semangat tanding Ismed Sofyan dan kawan-kawan. Apalagi hasil mencatat bahwa mereka belum pernah kalah di kandang sendiri, baik dalam gelaran AFC Cup dan Liga 1.

1. Di pertemuan pertama, Persija harus takluk dari JDT dengan skor telak 3-0

Persija Jakarta Vs Johor Darul Ta'zim, Dua Macan Siap Saling Terkam!Instagram.com/persijajkt

"Kedua tim sama-sama peluang yang sama untuk lolos. Maka dari itu kami harus kerja benar-benar keras dan besok harus kerja benar-benar keras untuk dapat hasil yang bagus," kata pelatih Persija, Stefano "Teco" Cugurra, dalam konferensi pers pra-pertandingan, pada hari Senin (9/4/2018) kemarin seperti dilansir oleh situs resmi Persija.id.

Macan Kemayoran menatap pertandingan ini dengan percaya diri meski menelan kekalahan dari PSMS saat melawat ke Medan pekan kemarin. Hasil minor tersebut coba ditebus dengan target menang di laga ini meski, menurut coach Teco, dipastikan tidak mudah.

Pada putaran pertama pada bulan Februari lalu, Persija yang melawat ke Johor Bahru ditundukkan dengan tiga gol tanpa balas oleh JDT.

2. Persija siap tampil dengan kekuatan penuh di kandang sendiri

Persija Jakarta Vs Johor Darul Ta'zim, Dua Macan Siap Saling Terkam!Instagram.com/persijajkt

Persija dipastikan turun dengan kekuatan penuh. Ismed Sofyan akan menjadi starter di laga ini setelah diistirahatkan pada pekan lalu. Kehadirannya akan melengkapi lini pertahanan yang sempat keropos kala melawan PSMS.

Winger Riko Simanjuntak dan Ramdani Lestaluhu kembali menjadi duet penyuplai bola untuk Marko Simic sang ujung tombak.

Di kubu tamu, Johor Darul Ta'zim melawat ke Jakarta dengan misi yang sama seriusnya. Pemuncak klasemen sementara Liga Super Malaysia itu tengah berusaha menepikan kelelahan setelah melakoni partai Piala FA Malaysia kontra Pahang FA, pada Jumat (6/4/2018) lalu yang berakhir imbang tanpa gol.

Tim berjuluk "Macan Selatan" ini pun mengaku tak gentar dengan keangkeran SUGBK.

3. Sang tamu, JDT, berambisi memetik tiga poin di Jakarta

Persija Jakarta Vs Johor Darul Ta'zim, Dua Macan Siap Saling Terkam!johorsoutherntigers.com.my

"Kami akan tampil dengan kekuatan penuh di laga ini dan saya kagum dengan semangat dan komitmen tinggi yang ditunjukkan skuat kami. Kami juga tahu Persija mengistirahatkan beberapa pemain inti mereka di Liga 1 pekan kemarin, dan itu mungkin adalah bagian dari taktik mereka," tutur pelatih JDT, Raul Longhi, dalam kesempatan yang sama seperti dikutip dari Berita Harian Malaysia.

Rotasi sekiranya akan dilakukan oleh juara AFC Cup 2015 tersebut. Duet palang pintu Fadhli Shas dan Aidil Zafuan punya tugas berat yaitu membendung eksposifnya lini serang tuan rumah.

Di lini tengah, trio Safiq Rahim sang kapten tim, Natxo Insa dan Hariss Harun diharapkan bisa bertahan dan membantu penyerangan dengan sama baiknya. Trisula Gonzalo Cabrera, Hazwan Bakri dan Safawi Rasid berpotensi bisa mengejutkan tuan rumah.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persija (4-3-3)

(Kiper) Adritany Ardhiyasa; (Belakang) Rezaldi Hehanussa, Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier; (Tengah) Rohit Chand, Fitra Ridwan, Ramdani Lestaluhu; (Depan) Riko Simanjuntak, Marko Simic, Addison Alves

Johor Darul Ta'zim (4-3-3)

(Kiper) Farizal Marias; (Belakang) La'Vere Corbin-Ong, Fadhli Shas, Aidil Zafuan, Azrif Nasrulhaq; (Tengah) Hariss Harun, Natxo Insa, Safiq Rahim; (Depan) Gonzalo Cabrera, Hazwan Bakri, Safawi Rasid.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya